Rahasia Rezeki Dan Kegigihan Yang Disadari Saudagar Muslim Era Generasi Tabiin

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Burung kangkareng perut putih (Anthraceros albirotris) terbang mencari makan di pohon gebang area Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (3/8/2023).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Dahulu ada seorang saudagar Muslim terkenal berjulukan Ibrahim bin Adham. Ibrahim adalah saudagar nan hidup di era tabiin dan mempunyai garis keturunan nan tersambung ke Umar bin Khattab.

Ibrahim bin Adham lahir di tengah organisasi orang Arab Kota Balkh. Ini adalah wilayah Khurasan timur, nan sekarang masuk bagian Afghanistan). Suatu kali, Ibrahim bin Adham sedang melakukan perjalanan berbareng rombongan dagangnya.

Kemudian di tengah perjalanan itu, dia memandang seekor burung nan sayapnya patah, hingga akhirnya dia menghentikan perjalanan. Melihat kondisi burung itu, dia berkata:

 والله لأنظرن من يأتي له بطعامه، أم أنه سيموت

"Demi Allah, saya bakal memandang siapa nan bakal membawakan makanan untuk burung ini, alias dia bakal mati."

Namun tak disangka, rupanya ada seekor burung lain nan datang dan memberi makan kepada burung nan sedang sakit itu. Burung nan baru datang tersebut tampak memasukkan mulutnya ke dalam mulut burung nan sakit itu, untuk memberinya makan.

Berdasarkan apa nan dilihatnya, dia menyadari sungguh sungguh luasnya rezeki nan diberikan Allah SWT kepada makhluk ciptaan-Nya di muka bumi. Dari situ pula, Ibrahim membikin keputusan, ialah tidak lagi berbisnis lantaran mau konsentrasi untuk ibadah.

Keputusan nan diambil Ibrahim kemudian diketahui oleh...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam