Rasulullah Juga Contohkan Setia Kepada Hewan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Ilustrasi.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Rasulullah Saw tidak hanya mengajarkan umatnya setia kepada sesama manusia saja. Namun Rasulullah juga memberikan contoh agar kesetiaan itu juga diperlihatkan kepada hewan.

Ahmad Muhammad al-Hufy dalam bukunya Akhlak Nabi Muhammad Saw menjelaskan tentang gimana Rasulullah memberlakukan hewan sebagai makhluk berharga. Sehingga dia juga memberikan kesetiaannya kepada hewan.

Ahmad mengatakan telah disebutkan dalam bab keberanian bahwa Rasulullah mempunyai hubungan jiwa dengan senjatanya dan menghormatinya hingga beliau memberi nama pada tiap perangkat perangnya layaknya memberi nama kepada orang hidup.

Rasulullah menyuruh memberi ganjaran kepada hewan dengan setimpal dengan jasa dan pelayanannya. Ahmad mengatakan ketika datang seseorang berjulukan Laila, istri Abu Dzarr dengan menaiki unta milik Rasulullah sesudah Perang Dziqard, dia berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kau telah bernazar kepada Allah bakal menyembelih unta ini andaikan saya diselamatkan oleh Allah di atas unta ini, maka saya bakal menyantap limpa dan punuknya."

Rasulullah pun tersenyum, kemudian menanggapi, "Alangkah jeleknya pembalasanmu kepada hewan itu. Allah telah membawamu di atasnya dan engkau telah diselamatkan-Nya dengan karena hewan itu, lantas kau mau menyembelihnya. Sesungguhnya bukan nazar nan sah dengan melakukan maksiat kepada Allah dan mengenai peralatan nan tidak Anda miliki. Unta itu milikku, maka pulanglah kepada keluargamu, semoga engkau diberkahi Allah."

Anjuran bersikap setia...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam