Rekomendasi Makanan Sehat Penambah Berat Badan Janin

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Makanan Penambah Berat Badan Janin – Kehamilan adalah keadaan saat seorang wanita membawa embrio alias fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus kembar, alias triplet/kembar tiga). Kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Istilah medis untuk wanita mengandung adalah gravida, sedangkan manusia di dalamnya disebut embrio (minggu-minggu awal) dan kemudian janin alias fetus (sampai kelahiran). Seorang wanita nan mengandung untuk pertama kalinya disebut primigravida alias gravida 1. Seorang wanita nan belum pernah mengandung dikenal sebagai gravida 0.

Definisi medis dan legal kehamilan manusia dibagi menjadi tiga periode triwulan, sebagai langkah memudahkan tahap berbeda dari perkembangan janin. Triwulan pertama membawa akibat tertinggi keguguran (kematian alami embrio alias janin), sedangkan pada masa triwulan kedua perkembangan janin dapat dimonitor dan didiagnosa. Triwulan ketiga menandakan awal viabilitas, nan berfaedah janin dapat tetap hidup jika terjadi kelahiran awal alami alias kelahiran dipaksakan.

Pembagian Masa Kehamilan

1. Minggu Pertama

Idealnya calon ibu berada dalam kondisi sehat optimal. Kebiasaan seperti merokok, minum beralkohol dan obat-obatan nan tidak perlu sudah semestinya dihentikan pada masa ini. Suhu tubuh basal bakal sedikit meningkat pada masa ovulasi dan berkisar antara 36,6 C dan berangsur-angsur bakal meningkat. Konsultasi genetik bisa dilakukan dengan master kandungan untuk mengetahui apakah adanya riwayat penyakit menurun dalam family seperti hemofili, fibrosis kistik, alias berbeda jenis golongan darah Rhesus.

2. Minggu Kedua

Masa fertilisasi alias pembuahan saat berjuta-juta sperma pasangan bakal masuk ke memek dan mencapai tuba falopi. Beberapa ratus sperma bakal menuju sel telur sembari mengeluarkan enzim nan membikin salah satu sperma sukses menembus lapisan pelindung sel telur nan matang. Pada saat ini terjadi perubahan kimiawi nan mencegah sperma lain memasuki sel telur. Tubuh sperma nan sukses masuk sel telur bakal terurai dan inti sel nan membawa kode genetik bakal menyatu dengan kode genetik sel telur nan telah dibuahi.

Jenis kelamin bayi pada masa ini ditentukan oleh 46 kromosom nan menyusun karakter genetik-nya. Sel sperma dan sel telur membawa kode genetiknya masing-masing. Sel telur hanya mempunyai kromosom X, tetapi sel sperma membawa kromosom X alias Y. Bila sperma nan membuahi sel telur membawa kromosom X maka bakal membentuk seorang bayi perempuan. Lain halnya jika nan membuahi sel telur adalah sel sperma nan membawa kromosom Y, maka bayi laki-laki-lah nan bakal terbentuk. Pada perihal ini, calon ayah-lah nan sebenarnya menentukan jenis kelamin bayi.

Sel telur nan telah dibuahi bakal mebelah dua menjadi 2 sel, kemudian 4 sel dan kemudian terus membelah sembari bergerak meninggalkan tuba falopi menuju rahim. Saat ini, dengan perkiraan kasar terdapat 30 sel hasil pembelahan. Kumpulan sel tersebut dinamakan morula, dari bahasa Latin nan berfaedah anggur.

3. Minggu Ketiga

Kira-kira 7 hari setelah fertilisasi, morula bakal tertanam di lapisan dalam rahim (endometrium). Secara umum perihal ini dapat dikatakan sebagai suatu kehamilan. Kelompok sel tersebut bakal semakin matang dan menjadi blastokista, substansi nan bakal men-stimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu termasuk terhentinya siklus menstruasi.

Selama minggu-minggu awal kehamilan, bayi bakal berkembang pesat. Setiap hari pasti bakal terjadi perubahan besar. Hanya dalam waktu 7 hari, sebuah sel bakal menjadi suatu golongan berisi ratusan sel. Walau secara kasatmata apalagi dengan support mikroskop tetap susah dilihat, sel-sel ini telah mengatur dirinya sendiri dengan benar. Sebagian membentuk embrio, sedangkan nan lain menjadi struktur penyokong nan memberi nutrisi kepada embrio. Bagaimana perihal ini terjadi tetap menjadi misteri bagi para ahli.

4. Minggu Keempat

Meskipun kehamilan bisa diketahui sendiri, tetapi tes darah nan bisa membuktikan kehamilan secara akurat, terutama pada minggu-minggu ini. Hal ini disebabkan adanya blastokista nan bakal mengeluarkan sejumlah hormon kehamilan (Human Chorionic Gonadotrophin / hCG). Hormon ini dapat terdeteksi dalam darah. Urin juga dapat digunakan untuk men-tes hormon ini, tetapi hasilnya tidak seakurat tes darah.

Pada minggu ini blastokista nan tadinya berbentuk seperti bola mulai berubah menjadi sebuah embrio. Embrio ini dibedakan menjadi 3 jenis lapisan nan nantinya membentuk 3 jenis jaringan, yaitu:

  • Endoderm: lapisan terdalam nan bakal membentuk paru-paru, hati, sistem pencernaan, dan pankreas.
  • Mesoderm: lapisan tengah nan bakal membentuk tulang, otot, ginjal, pembuluh darah, dan jantung.
  • Ektoderm: lapisan terluar nan bakal membentuk kulit, rambut, lensa mata, email gigi, dan sistem saraf.

Keseluruhan sel dalam setiap jaringan bakal bergerak mengelilingi untuk menuju tempat masing-masing dan corak bakal kepala embrio bakal meruncing seperti tetesan air mata.

5. Minggu Kelima

Tanda utama kehamilan adalah tidak menstruasi sekitar 2-3 minggu setelah konsepsi. Namun ketiadaan menstruasi (amenore) ini bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain. Untuk memastikan perlu dilakukan tes urin sehingga master dapat menaksir perkiraan hari persalinan dihitung semenjak hari pertama siklus menstruasi terakhir.

Selain tidak menstruasi (amenore) terdapat tanda-tanda awal lainnya nan juga perlu diperhatikan, misalnya mual muntah alias biasa disebut morning sickness, perubahan selera makan, perubahan pada payudara, dan kelelahan.

Kehamilan biasanya terbagi dalam periode, nan dikenal sebagai triwulan, yaitu:

  • Triwulan I: berjalan hingga minggu kehamilan ke-13. Pada masa ini terjadi perkembangan janin nan cepat. Pada masa ini akibat keguguran juga termasuk tinggi.
  • Triwulan II: berjalan dari minggu ke-14 hingga minggu kehamilan ke-27.
  • Triwulan II: berjalan dari minggu ke-28 hingga masa kelahiran.

Pada saat ini, janin dalam rahim sang ibu telah mempunyai corak nan lebih jelas. Janin telah mempunyai bagian atas bawah, kanan kiri, serta depan belakang. Di wilayah punggung terdapat suatu celah melengkung nan bakal membentuk struktur seperti tabung silinder nan disebut neural tube (tabung saraf). Dalam perkembangannya, pada tabung ini bakal terbentuk sumsum tulang belakang dan otak. Bagian atas dari tabung tersebut bakal meluas dan mendatar untuk mebentuk otak depan. Selain itu di bagian pusat janin bakal terbentuk suatu tonjolan nan merupakan bakal jantung. Tonjolan tersebut bakal dialiri oleh pembulu darah rudimenter (pembuluh darah nan belum sempurna).

6. Minggu Keenam

Pada saat ini banyak wanita nan menghubungkan kehamilan dengan timbulnya keluhan, khususnya nausea (pusing dan mual). Biasanya para ibu saat ini merasa lebih mudah tersinggung dan capek daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya peningkatan hormon progesteron. Biasanya isitrahat nan cukup bakal membantu proses relaksasi dalam neghadapi hal-hal tersebut.

Tabung saraf di sepanjang tulang belakang telah menutup. Di salah satu ujungnya telah terbentuk bakal otak nan bakal mengisi tulang tengkorak. Sementara itu terdapat 2 buah piringan pigmen mini nan membentuk struktur seperti mangkuk di kedua sisi kepalanya. Bagian ini disebut vesikel optikus nan merupakan bakal mata.

Walaupun jantung bayi pada awalnya hanya berupa tabung kecil, tetapi pada tahap ini bakal jantung telah berdebar dan tidak bakal pernah berakhir hingga akhir hidup. Bakal kaki dan tangan juga mulai terlihat, demikian pula tulang ekor bakal makin terlihat jelas di tahap ini.

7. Minggu Ketujuh

Lima minggu setelah konsepsi, tembok rahim melunak sehingga mempermudah penanaman blastosit. Pada saat ini serviks (mulu tahim mulai melunak. Perubahan nan terjadi di organ dalam lain adalah penebalan lendir serviksyang bakal menggumpal membentuk sumbat (plug) dalam saluran mulut rahim. Nantinya lendir ini bakal dikeluarkan sesaat sebelum proses persalinan, ialah saat serviks mulai membuka (hal ini disebut show).

Di minggu ini terjadi perubahan pada tubuh, wajah, dan kaki bayi. Saluran pencernaan janin mulai terbentuk dan usus depan telah terlihat. Bentuk tulang ekor juga jelas terlihat namun bakal menghilang di minggu ke-10 alias 11. Paru-paru juga mulai berkembang sementara itu tali pusat bakal berkembang setelah plasenta dewasa. Selain itu telah terbentuk pula bakal wajah, sedikit pigmentasi pada iris mata dan lubang pada mulutnya. Seminggu setelah pembentukan bakal kaki, maka bakal lengan justru telah dapat dibedakan menjadi segmen tangan dan bahu.

8. Minggu Kedelapan

Walaupun rahim mulai membesar, perubahan ini biasanya belum terlihat dari luar. nan lebih dulu mendeteksi perubahan ini secara umum adalah dokter. Dokter bakal meraba pembesaran saat melakukan pemerikasaan panggul. Biasanya ukuran baju sang ibu mulai membesar lantaran pinggang terasa mulai adanya pengetatan akibat membesarnya janin nan tumbuh.

Pada ujung-ujung tubuh nan sedang berkembang, mulai terbentuk bakal jari tangan dan kaki, sedangkan bakal lengan bakal sedikit fleksi (membengkok) pada bagian pergelangan dan siku. Pada bagian sisi lehernya tampak bakal telinga luar nan mulai tumbuh, begitu pula halnya bakal bibir atas dan ujung hidung pada wajahnya. Bakal mata janin tetap saling berjauhan satu sama lain, tetapi bakal kelopak mata mulai terbentuk mengitarinya. Dalam tubuh janin, usus lembut tampak panjang sekali sehingga rongga perut tidak bisa menampung. Beberapa bakal menonjol ke tali pusat janin nan disebut hernia (penonjolan) fisiologik.

9. Minggu Kesembilan

Pada saat in hormon kehamilan hCG sedang berada di posisi puncak sehingga sang ibu bakal mengalami beberapa perubahan. Kulit wajah sang ibu bakal terasa lebih lembut dan kencang meski mungkin bakal sedikit berjerawat pula. Rambut sang ibu bakal terasa lebih kering dan tetek terlihat sedikit mengencang, kadang-kadang padat, alias sedikit nyeri jika ditekan. Pada saat ini pula cairan keluar dari memek dalam jumlah bervariasi.

Punggung bayi saat ini bakal sedikit menegak dan tulang ekornya bakal sedikit memendek. Proporsi kepala tetap lebih besar dari personil tubuh lainnya dan bagian kepala tetap menekuk ke arah dada. Kedua mata bayi telah berkembang dengan baik namun tetap ditutupi oleh membran kelopak. Selain itu bayi sudah dapat melakukan gerakan-gerakan mini setelah otot-ototnya mulai berkembang dan perubahan ini dapat dilihat melalui USG. Anggota badan lainnya juga muali berkembang, seperti perkembangan lengan dan jari tangan lebih sigap daripada tungkai dan jari kaki. Pada tahap ini, telapak tangan janin telah mempunyai pemisah jari tangan nan jelas. Kelima jari tangan tampak terpisah satu sama lain.

Makanan Penambah Berat Badan Janin

ciri karakter mengandung mudaSumber: detik.net.id

Penambahan berat badan janin bakal berbeda di setiap trimester kehamilan. Agar pertambahannya tepat, sang ibu bisa mengonsumsi makanan penambah berat badan janin saat hamil. Ada beragam jenis makanan penambah berat badan janin nan bernutrisi dan bergizi tinggi. Meski begitu, Bunda tetap kudu jeli memilih makanan agar manfaatnya bisa dirasakan calon buah hati dan diri sendiri.

Menurut Nurul Chomaria, wanita mengandung mempunyai kebutuhan makanan nan berbeda dengan wanita nan tak hamil. Kebutuhan makanan ini dibutuhkan bagi janin untuk berkembang selama masa kehamilan.

“Kebutuhan makanan bukan hanya dilihat dari porsi, tetapi juga kudu ditentukan pada mutu zat-zat gizi nan terkandung dalam makanan nan dikonsumsi,” kata Nurul dalam kitab Makanan Sehat Seimbang untuk Ibu Hamil.

Kebutuhan gizi kudu cukup untuk diri sendiri dan janin. Oleh lantaran itu, kualitas maupun jumlah makanan nan biasanya cukup, kudu ditambahkan dengan zat-zat gizi dan daya agar pertumbuhan janin melangkah dengan baik, termasuk penambahan berat badannya.

Setiap minggu, berat janin bakal bertambah dalam satuan gram. Untuk mengetahui apakah berat badan janin sesuai, ibu bisa konsultasi ke dokter. Berat badan janin bisa diketahui melalui pemeriksaan USG di trimester awal kehamilan.

Salah satu nan berkedudukan krusial terhadap berat badan janin adalah makanan nan Bunda konsumsi saat hamil. Pada dasarnya, makanan ini perlu mengandung protein, vitamin, dan mineral. Melansir dari beragam sumber, berikut 15 makanan penambah berat badan janin nan bisa dikonsumsi selama hamil:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein nan mengandung masam amino, bunda. Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin, sehingga berat badannya bisa sesuai usia kehamilan. Telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk kolin. Nah, kolin ini dapat menunjang perkembangan otak bayi. Meski bergizi tinggi, ibu tidak boleh sembarangan mengolah telur untuk dimakan saat hamil. Telur kudu dimasak matang alias tidak mentah agar tidak terinfeksi kuman Salmonella.

2. Ayam

Ayam mengandung protein nan bisa menambah berat badan janin. Jenis ayam tanpa lemak dapat dipilih untuk menu makan selama mengandung lantaran mempunyai protein nan unggul. Protein di daging ayam bisa membantu perkembangan sel dan otot janin. Selain itu, ayam mengandung unsur besi nan bisa mencegah anemia.

3. Ikan

Ikan mengandung lemak esensial berupa masam lemak omega 3. Kandungan ini diperlukan untuk perkembangan otak janin secara keseluruhan. Meski begitu, ibu perlu jeli memilih ikan untuk dimakan saat hamil. Ada beberapa jenis ikan nan perlu dihindari lantaran mengandung merkuri. Kandungan merkuri ini bisa membahayakan sistem saraf bayi. Food and Drug Administration (FDA) telah mengingatkan para ibu mengandung untuk menghindari ikan berkadar merkuri tinggi. Salah satu pilihan ikan nan bisa menjadi makanan penambah berat badan janin adalah salmon. Ikan jenis ini mengandung omega 3 nan bisa menunjang tumbuh kembang janin.

4. Susu

Minum susu saat mengandung bisa menambah asupan nutrisi nan diperlukan untuk menambah berat badan janin. Sebab, susu mengandung kalsium nan dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang.

Dilansir Parentune, sebuah studi pernah menunjukkan bahwa asupan susu minimum 200-500 ml per hari, mungkin mempunyai pengaruh positif pada berat janin. Selain kalsium, susu juga sumber protein dan vitamin nan baik untuk memelihara kesehatan.

5. Yogurt

Yogurt bisa menjadi pengganti makanan camilan bagi ibu nan tidak suka minum susu. Yogurt merupakan produk turunan susu nan mengandung probiotik. Yogurt juga mengandung ekstra protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc. Nutrisi tersebut mempunyai faedah nan nyaris serupa dengan susu.

6. Keju

Selain yogurt, produk turunan susu lainnya adalah keju. Bunda dapat mengonsumsi keju selama tidak mempunyai alergi alias inteloransi laktosa. Keju mengandung protein, kalsium, vitamin B, zinc, dan kalori nan bisa menambah energi. Kandungan kalsium di keju bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mengurangi akibat persalinan prematur alias bayi lahir dengan berat badan rendah. Konsumsi keju selama mengandung kudu tepat. Pilihlah keju nan sudah dipasteurisasi agar ibu terhindar dari kuman Listeria. Bakteri ini rawan bagi janin dan bisa menyebabkan keguguran.

7. Jus Jeruk

Jus jeruk bisa menyegarkan dan menjaga daya tahan tubuh selama hamil. Kandungan vitamin C dan masam folat di saribuah jeruk sangat baik untuk kesehatan janin. Pemenuhan nutrisi ini juga dapat menghindari bayi terkena abnormal lahir. Bunda bisa minum saribuah jeruk sesekali tanpa tambahan gula. Minuman bergizi ini bisa dijadikan menu camilan alias pendamping makanan utama.

8. Sayuran Hijau

Melansir dari Parenting Firstcry, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, alias brokoli, baik dikonsumsi selama hamil. Sayuran hijau ini mengandung nutrisi krusial dan antioksidan nan bisa menangkal radikal bebas. Sayuran berdaun hijau sangat berfaedah bagi Bunda mengandung dan janinnya nan sedang berkembang. Dalam sayuran hijau biasanya mengandung kalsium, potasium, vitamin A, masam folat, dan serat.

9. Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein nan bisa dikonsumsi dalam beragam jenis makanan. Salah satu olahan kedelai adalah tempe dan tahu. Kedelai mengandung kalsium untuk kesehatan tulang serta tinggi unsur besi nan bisa mencegah anemia. Kehamilan nan sehat pada akhirnya bisa memengaruhi perkembangan dan berat badan janin.

10. Ubi Jalar

Umbi-umbian jenis ubi jalar kaya bakal serat, kalium, vitamin C, B6, unsur besi, dan beta-karoten. Kandungan beta-karoten sebagai antioksidan dalam ubi jalar bakal diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Nah, vitamin A ini sangat krusial untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan mata janin. Selain itu, ubi jalar bisa meningkatkan kadar unsur besi dalam tubuh.

11. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, alias kacang tanah, merupakan sumber unsur besi, protein, serat, masam folat, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan selama kehamilan. Bagi ibu nan seorang vegetarian, kacang-kacangan bisa memenuhi asupan mineral. Sementara itu, kandungan zinc di kacang-kacangan dapat mengurangi akibat waktu persalinan lama, bayi berat lahir rendah, alias kelahiran prematur.

12. Alpukat

Alpukat mengandung banyak nutrisi penting, seperti potasium dan folat. Unsur-unsur ini memainkan peran krusial dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah alpukat menjadi sumber energi, karbohidrat, vitamin dan mineral nan baik untuk ibu hamil. Buah ini mengandung beberapa mineral krusial seperti magnesium, kalsium, zinc, kalium, fosfor, dan kolin. Selain bisa menjadi makanan penambah berat badan janin, alpukat juga bisa mengurangi akibat berat badan ibu naik secara berlebihan saat hamil. Alpukat juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi, terutama vitamin nan larut dalam lemak.

Rekomendasi Buku Terkait:

#Bebastakut Hamil dan Melahirkan

button cek gramedia com

Kehamilan adalah hidayah nan bagus dan nikmat. Tak ayal, kadang kita mendapat beragam kisah dan rekomendasi nan malah membikin kita takut. Tenang, kitab ini bakal membekali kita tentang apa saja nan perlu dipersiapkan selama kehamilan dan menjelang persalinan. Kita tidak perlu resah lagi dengan: • Nutrisi nan diperlukan oleh tubuh kita dan janin sesuai usia kehamilan;

• Gerakan dan olahraga nan bisa kita lakukan agar mengurangi rasa sakit ketika persalinan;

• Pengetahuan tentang gentle birth;

• Persiapan suami dan pendamping untuk mendukung kenyamanan istri;

• Memilih langkah persalinan nan sesuai dengan kemauan kita. Ditulis oleh perawat nan telah malang-melintang, kitab ini komplet membahas seluk beluk kehamilan dan persalinan, plus coloring booklet untuk bebas dari rasa takut dan siap menyambut si buah hati.

Hamil Tanpa Galau

button cek gramedia com

Kehamilan merupakan momen nan ditunggu-tunggu dan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi semua perempuan, khususnya kehamilan pertama. Setelah melewati kehamilan, para ibu pun bakal dihadapkan pada masa pengasuhan bayi nan tidak kalah menantang, setidaknya hingga anak berumur 3 tahun. Meskipun saat ini sudah banyak info kehamilan nan bisa didapatkan dengan mudah, perihal ini tidak selalu membantu. Justru dengan semakin banyaknya info seputar kehamilan dan pengasuhan anak, komplit dengan beragam teorinya, tak jarang membikin calon orang tua dan orang tua baru bingung mana nan kudu diterapkan.

Nutrisi Pintar Ibu Hamil & Menyusui Golongan Darah AB

button cek gramedia com

Kehamilan dan fase menyusui adalah masa nan sangat dinantikan dan diharapkan oleh setiap ibu. Seorang ibu bakal berupaya menjaga kehamilannya dengan sepenuh hati, menghindarkan diri dari hal-hal nan bisa berakibat jelek bagi kesehatannya dan janin nan ada di kandungannya. Dengan mengetahui makanan dan minuman sesuai golongan darahnya, ibu mengandung dan menyusui dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya secara maksimal guna menunjang kecedasan dan tumbuh kembang anak. Buku ini merangkum beragam info seputar makanan dan minuman untuk ibu mengandung dan menyusui bergolongan darah AB; membuka wawasan dan pengetahuan ibu dalam memilih jenis makanan dan minuman nan kudu dikonsumsi setiap hari, komplit dengan resep dan daftar menu harian nan murah, mudah didapat, dan mudah dibuat.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog