Resep Palumara Khas Makassar, Praktis Dan Mudah!

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Orang Sulawesi pasti sudah tidak asing lagi dengan Palumara, makanan unik nan melegenda dari Makassar, bukan? Nah, di tulisan ini bakal diuraikan resep praktis dan mudah untuk membikin Palumara di rumah. Siapa nan tidak suka dengan cita rasa kaya rempah dan gurih nan lekat dengan hidangan ini? Yuk, simak terus tulisan ini untuk mengetahui langkah membikin Palumara nan lezat dan memikat selera!

Asal Usul Palumara

Palumara, hidangan unik nan terkenal dari kota Makassar, rupanya mempunyai sejarah nan menarik. Berbeda dengan hidangan lainnya nan lebih terkenal seperti pallubasa, coto, alias jalangkote nan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, Palumara mempunyai karakter tersendiri. Meskipun ikan bandeng bukanlah bahan nan biasa digunakan dalam masakan unik Makassar, namun Palumara bisa memperoleh status legendaris di antara hidangan-hidangan tersebut.

Kota Makassar, nan terletak di pinggir laut, memang kaya bakal hidangan seafood. Meskipun demikian, Palumara bisa menonjolkan kelezatan ikan bandeng dengan bumbu-bumbu rempah nan khas. Jadi, tidak heran jika di sana, selain dikenal dengan hidangan daging sapi, keberadaan hidangan laut seperti ikan bakar dan nasi goreng merah juga menjadi bagian dari warisan kuliner nan ternama.

Jadi, dengan bermodalkan ikan bandeng dan bumbu-bumbu rempah nan kaya, Anda bisa menciptakan hidangan lezat ini di rumah. Palumara bisa disajikan sebagai hidangan sehari-hari alias sebagai menu spesial untuk berbuka puasa alias merayakan Hari Raya Lebaran. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan unik Palumara dari Makassar!

Trravelicious

button cek gramedia com

Selamat datang di Kota Angin Mamiri, demikian ucap orang Makassar. Kota Angin Mamiri ini sungguh kaya lokasi wisata sejarah, pantai, dan kuliner. Pada 2010, Makassar merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia? Selain kaya jenis jenis wisata, transportasi menuju dan selama di Makassar juga mudah. Penasaran? Ayo ke Makassar!

Cita Rasa dan Ciri Khas Palumara

Palumara, hidangan unik dari Makassar, mempunyai cita rasa nan unik dan karakter unik nan membedakannya dari hidangan lainnya. Salah satu perihal nan membikin Palumara begitu spesial adalah perpaduan ramuan rempah nan kaya dan gurih dengan cita rasa ikan bandeng nan lembut dan gurih. Dalam setiap suapan, Anda bakal merasakan kelezatan ikan nan diserap sempurna oleh ramuan rempah nan meresap hingga ke dalam daging ikan.

Ciri unik lain dari Palumara adalah kuahnya nan kental dan gurih. Kuah Palumara dibuat dengan memadukan beragam ramuan rempah seperti ketumbar, kunyit, jahe, dan lengkuas nan memberikan aroma wangi dan cita rasa nan mendalam. Selain itu, penggunaan santan dalam kuahnya juga menambahkan tekstur nan lembut dan kaya rasa, membuatnya menjadi hidangan nan menggugah selera

Tak hanya itu, Palumara juga dikenal dengan keberagaman bahan tambahan nan dapat dimasukkan ke dalam hidangannya. Mulai dari irisan daun bawang dan seledri nan menambah aroma segar, hingga irisan bawang goreng nan memberikan sentuhan renyah. Semua ini berasosiasi dalam satu hidangan nan memikat selera dan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi siapa pun nan mencicipinya.

Pesona Jantung Nusantara

Buku ini adalah salah satu hasil aktivitas jelajah sepeda Kompas keenam, perjalanan melintasi Pulau Sulawesi dari utara ke selatan, diikuti oleh lebih dari 50 pesepeda. Kegiatan nan berjalan selama 14 hari ini menempuh jarak kurang-lebih 1.600 km. Berawal di Manado, Sulawesi Utara, dan berhujung di Makassar, Sulawesi Selatan. Kontur Pulau Sulawesi nan penuh tanjakan panjang, turunan, dan kelokan-kelokan tajam, dan suhu udara di beberapa wilayah nan mencapai 40 derajat celcius tidak jadi halangan para peserta untuk terus melaju berbareng tunggangan roda dua mereka. Buku ini juga berisi jenis laporan jurnalistik wartawan harian kompas tentang beragam potensi wilayah di sulawesi. Sebagai pulau nan dilintasi garis wallace, Sulawesi adalah pulau nan kaya dengan jenis flora-fauna nan eksotik dan langka. Pulau di Jantung Nusantara alam bagus serta jenis warna budaya dan masyarakat nan tidak pernah berakhir menebar senyuman. Mari semua menikmati keelokan pulau Sulawesi di kitab ini.

Resep Palumara Khas Makassar

(Sumber foto: cookpad)

Berikut adalah resep praktis untuk menyajikan Palumara unik Makassar di rumah:

Bahan:

  • 700g ikan bandeng, bersihkan, pangkas menjadi 2
  • 2 buah tomat, belah 4
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm air masam jawa
  • 3 butir bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 2 buah cabe merah, buang biji, iris serong
  • 300 ml air
  • 2 sdt kaldu
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula merah, sisir halus
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar

Pelengkap:

  • 25 g kemangi, petiki daunnya

Cara Pembuatan:

  1. Panaskan minyak, tumis ramuan lembut hingga harum.
  2. Masukkan serai, daun jeruk, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, dan ikan bandeng. Aduk rata.
  3. Tambahkan air masam jawa, gula merah, merica, kaldu ayam, dan air. Aduk rata.
  4. Masak hingga ikan matang dan kuah mendidih.
  5. Angkat, taburi dengan daun kemangi, sajikan hangat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menciptakan cita rasa autentik Palumara unik Makassar di rumah. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat ini berbareng keluarga!

Resep Makanan Daerah Makassar

Dalam kitab seri Makassar ini Anda bisa menemukan 25 resep masakan unik Makassar nan menggugah selera, seperti Nasi Kuning Makassar, Nasi Goreng Ikan Asin, Ayam Kalao, Ayam Kicap Bugis, Sop Konro, Coto Makassar, Pallubasa, Konro Bakar, Pallu Kaloa, Sop Pangkep, Gulai Ulujuku, Ulujuku Goreng, Juku Marica Le’leng, Sop Ulujuku, Pallumara, Sate Ikan, Telur Ikan Rica, Acar Telur Ikan, Pallumara Bandeng, Kari Rajungan, Bolu Bakar, Juku Kambu, Otak Otak, Sop Ubi, Pallu Kaci, dan sebagainya. Dengan demikian, meskipun tidak punya banyak waktu dan kesempatan untuk berjamu langsung ke Makassar, Anda tetap bisa menikmati lezatnya masakan wilayah itu. Buku ini bakal membantu Anda menghadirkan jenis masakan tersebut di rumah Anda, sekaligus melestarikan warisan kuliner Nusantara.

Penyajian Palumara Khas Makassar

Penyajian Palumara unik Makassar adalah langkah krusial setelah proses memasaknya. Berikut adalah pedoman sederhana untuk menyajikan hidangan ini dengan sempurna:

1. Siapkan Peralatan

Pastikan Anda mempunyai mangkuk alias piring saji nan cukup besar untuk menampung potongan ikan dan kuah Palumara.

2. Letakkan Potongan Ikan

Letakkan potongan ikan bandeng nan telah dimasak dalam kuah Palumara di bagian tengah mangkuk alias piring saji. Pastikan potongan ikan tersusun rapi dan menarik.

3. Siram dengan Kuah

Tuangkan kuah Palumara ke atas potongan ikan hingga seluruh bagian ikan terendam. Pastikan kuah merata dan cukup banyak untuk memberikan rasa nan kaya dan lezat.

4. Hias dengan Pelengkap

Untuk sentuhan akhir, hias hidangan dengan daun kemangi nan segar. Tambahan ini tidak hanya menambah keelokan visual tetapi juga memberikan aroma segar nan khas.

5. Sajikan Hangat

Palumara terbaik disajikan saat tetap hangat. Pastikan untuk menyajikannya segera setelah proses penyajian selesai agar rasa dan aroma tetap terjaga.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menyajikan Palumara unik Makassar dengan tampilan nan menggugah selera dan cita rasa nan autentik. Selamat menikmati hidangan lezat ini berbareng family dan teman-teman!

Seafood Citarasa Sulawesi Utara

Bagi nan penasaran dengan kelezatan sajian seafood unik Sulawesi Utara, Anda bisa temukan rahasianya di kitab ini. Berbahan dasar ikan air laut, ikan tawar, alias seafood, Anda diajak mencicipi kenikmatan cita rasa sajian nan diolah memakai ramuan tradisional dengan langkah masak unik tradisional ialah direbus, dikukus, dan dibakar. Beberapa di antaranya, Cakalang Rica, Ikan Bakar Dabu-dabu, Kakap Kuah Kuning, Cakalang Tumis Pedas, Udang Garo Rica, Ikan Kakap Woku, Tude Isi Bumbu Rica, Kerapu Sambal Tauco, Sup Kuah Asam, Ikan Kue Bakar, Palu mara Mairo, dan lainnya.

Tips Membuat Palumara ala Orang Makassar

Membuat Palumara ala orang Makassar memerlukan sentuhan unik agar cita rasanya tetap otentik dan lezat. Berikut adalah beberapa tips nan dapat membantu Anda dalam proses memasak Palumara:

1. Pilih Ikan Bandeng Segar

Pilihlah ikan bandeng nan segar dan berbobot baik untuk hasil terbaik. Ikan segar bakal memberikan cita rasa nan lebih lezat dan tekstur nan lebih lembut.

2. Perhatikan Bumbu Halus

Saat menyiapkan ramuan halus, pastikan untuk menggiling alias mencincangnya hingga lembut dan merata. Hal ini bakal membantu ramuan meresap sempurna ke dalam ikan dan kuah.

3. Jangan Lupakan Serai dan Daun Jeruk

Serai dan daun jeruk adalah ramuan krusial dalam Palumara nan memberikan aroma dan rasa khas. Pastikan untuk memarkan serai dan menyertakan daun jeruk saat memasak untuk hasil nan autentik.

4. Cicipi dan Sesuaikan Rasa

Setelah semua bahan dimasak bersama-sama, jangan ragu untuk mencicipi kuah Palumara dan menyesuaikan rasa sesuai selera. Tambahkan garam, gula, alias ramuan lainnya jika diperlukan untuk mencapai rasa nan sempurna.

5. Gunakan Kemangi Segar

Kemangi adalah pelengkap nan sangat krusial dalam Palumara. Pastikan untuk menggunakan daun kemangi segar dan tambahkan saat penyajian untuk aroma segar nan khas.

6. Sajikan Hangat

Palumara terbaik disajikan saat tetap hangat. Pastikan untuk menyajikannya segera setelah proses memasak selesai agar rasa dan aroma tetap terjaga.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menciptakan Palumara ala orang Makassar nan lezat dan otentik di rumah. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Nah, itu dia, Grameds, resep dan tips membikin Palumara nan praktis! Selamat mencoba untuk membikin resep Palumara unik Makassar nan praktis dan mudah ini di rumah, ya! Semoga dengan petunjuk nan telah disediakan, Anda dapat menyiapkan hidangan lezat ini dengan lancar. Ingatlah bahwa memasak adalah seni nan memerlukan kesabaran dan dedikasi. Jika Anda mau menikmati hidangan nan otentik dan lezat, pastikan untuk mengikuti resep ini dengan seksama. Selamat menikmati hidangan nan telah Anda buat dengan kasih sayang untuk family dan orang-orang terdekatmu. Selamat menikmati! Grameds, kamu bisa cari tahu lebih lanjut mengenai resep makanan unik Indonesia melalui kumpulan kitab resep di Gramedia.com.

Sumber : theatlantamall

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog