Review Buku Bebas Tanggungan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Grameds apakah Anda menyukai novel-novel romansa dengan latar belakang kerja kantoran alias kerja di ibukota? Novel ini bakal cocok untuk kamu, nan membayangkan jatuh cinta dan kehidupan pekerjaan di kantor-kantor besar. Meski bekerja disalah satu perusahaan nan “katanya” mempunyai penghasilan nan besar namun saat ini tentu kita sering mendengar apa itu sandwich generation. Seperti namanya sandwich generation alias generasi roti lapis merupakan generasi nan mempunyai tanggungan untuk menghidupi keluarganya/orang tuanya dan untuk menghidupi dirinya sendiri dan masa depannya kelak.

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Nah pada kitab ini bakal menceritakan mengenai sandwich generation dan banyak pelajaran nan dapat diambil dari novel Bebas Tanggungan ini. Khususnya untuk para Grameds nan relate bakal istilah sandwich generation ini. Namun sebelum grameds membeli dan membacanya, berikut ini adalah beberapa ulasan singkat mengenai kitab Bebas Tanggungan.

Sinopsis Buku Bebas Tanggungan

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Banyak nan menyangka bahwa kerja di salah satu instansi e-commerce akan lezat lantaran mempunyai penghasilan nan besar, namun perihal ini tidak bertindak bagi Safira. Ia kudu merelakan lebih dari separuh penghasilan nya untuk bayar hutang family nan disebabkan oleh sang ayah dan biaya hidup adiknya nan tetap kuliah.

Safira melonjak kesenangan di bangku ergonomisnya, membayangkan sebelah separuh juta nan saat ini dia terima saat gajian namun nominal tersebut tidak memperkuat lama lantaran dia langsung tertampar realita bahwa sebelah separuh juta ini langsung dikurangi 5 juta untuk angsuran hutang, dua juta untuk biaya hidup adiknya dan sisanya untuk memperkuat hidup di Kota Jakarta.

Merasa menjadi sandwich generation, Safira akhirnya merasa capek lantaran kudu berhemat dan cape hati ketika memandang teman-teman sekantornya sudah mempunyai hidup nan sejahtera jauh dari kehidupannya. Safira sendiri mau hidup bebas dari tanggungan.

Safira mempunyai dua sahabat ialah Marla dan Eveline. Kedua sahabat ini mempunyai perbedaan sifat tentunya, Marla adalah sosok kawan nan suka ngomporin Safira dan Eveline nan bisa bersikap realistis. Marla sahabat Safira, tiba-tiba mempunyai buahpikiran nan cemerlang. Marla mengatakan kenapa safira tidak mencari calon suami kaya, agar hidup Safira ada nan menanggung.

Namun meski buahpikiran itu cemerlang dalam prakteknya tidak semudah itu. Akankah Safira mendapatkan kelegaan finansial nan dia inginkan alias malah buahpikiran tersebut membikin hidupnya justru lebih rumit?

Buku ini mempunyai banyak pelajaran hidup nan dapat kita ambil mulai dari hubungan dengan orang lain, family dan diri sendiri. Buku ini menyadarkan untuk pilah pilih untuk percaya pada orang lain dan gimana memilih style hidup nan sesuai. Mengenai hubungan dengan family pasti semua orang tua tidak mau menyusahkan anaknya apalagi kudu menanggung hutang, namun bagaimanapun itu perjalanan hidup nan kudu dijalani.

Tentang Penulis Buku Bebas Tanggungan

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Penulis kitab bebas tanggungan ini adalah Reytia Anindita. Reytia bercerita bahwa awalnya cerita ini ditulis sebagai proyek nulis bareng temen-temen organisasi “lewat” melalui instagram @lewatcommunity nan digagas oleh Ravenura, Oephalm, KejoraAnaphalisa, dan Ranoona. Cerita ini juga kemudian di post di GWP.

Ternyata cerita bebas tanggungan ini dikabarkan bakal diakuisisi oleh salah satu penerbit di grup Kompas Gramedia via Gramedia Writing Project (GWP). Naskah bebas tanggungan ini bakal segera di unpublish dan dapat ditemukan pada jenis cetaknya dalam kondisi nan lebih baik.

Reytia sendiri sering mengupdate mengenai menulis dan hal-hal receh sehari-hari melalui akun media sosial Twitter @reytiawrites dan Instagram @reytia. Kamu bisa mengikuti dan memandang media sosialnya.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Bebas Tanggungan

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Buku ini dapat menjadi edukasi bagi para generasi muda gimana mengelola finansial nan baik
  • Menjadi motivasi pribadi lantaran rumor nan diangkat merupakan rumor nan saat ini sedang banyak terjadi
  • Cerita nan ringan, menarik dan menghibur.
  • Dialog-dialog sangat mengalir sehingga pembaca tidak kesulitan memahami isi cerita
  • Merupakan salah satu novel GWP

Cons

  • Pada bagian penyelesaian masalah diakhir terlalu sigap dan seperti terburu-buru.

Kelebihan Buku Bebas Tanggungan

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Buku ini mempunyai beberapa kelebihan nan dapat dilihat dari isi dan cerita bukunya sendiri. Kelebihan pertama kitab ini adalah Anda dapat mempunyai edukasi mengenai pengelolaan finansial nan baik. Bagaimana caranya penghasilan nan kita dapatkan bisa digunakan tidak hanya untuk kebutuhan kita pribadi namun juga bisa berfaedah untuk family dan tetap menabung untuk masa depan.

Buku ini memberikan pembaca motivasi untuk mencapai kebebasan finansial nan sesungguhnya bukan dengan  menikah dan mencari jodoh nan banyak duit ya. Pembaca dapat belajar gimana langkah menabung, berinvestasi, dan akhirnya mencapai tujuan finansial pribadi. Isu nan diangkat pada kitab ini sesuai dengan persoalan nan sering dihadapi oleh generasi muda seperti utang dan biaya hidup.

Memiliki cerita nan menarik dan ringan sekaligus menghibur. Keseluruhan cerita pada novel ini sangat relate dengan apa nan mungkin dirasakan sebagian orang. Buku ini menceritakan Safira seorang wanita muda nan berupaya membebaskan diri dari beban finansial keluarga. Ceritanya nan sesuai dengan kehidupan sehari-hari dibalut dengan drama, humor, dan momen-momen nan membikin pembaca ikut merasakan apa nan diceritakan.

Dialog-dialog pada novel ini sangat mengalir sehingga pembaca tidak kesulitan membaca dengan kecepatan nan pas juga sehingga terasa tidak membosankan alias terlalu cepat. Ceritanya nan ringan dan dialognya nan mengalir membikin pembaca merasa tidak sedang membaca cerita nan berat sesuai dengan rumor nan diangkat.

merupakan salah satu novel GWP (Gramedia Writing Project). GWP merupakan platform menulis dibawah naungan Kompas Gramedia Group. Selain dapat dibaca oleh masyarakat umum, tulisan ini juga berkesempatan untuk dibaca oleh para penyunting Kompas Gramedia dan jika ceritamu menarik maka naskah tersebut bakal diterbitkan oleh Penerbit Gramedia. Maka dari itu cerita novel ini sudah tidak perlu diragukan lagi kan Grameds.

Kekurangan Buku Bebas Tanggungan

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Meskipun kitab ini mempunyai kelebihan nan mencolok, seperti plot nan menarik dan karakter nan kompleks, terdapat kelemahan nan cukup signifikan dalam penyelesaian bentrok keluarga. Pada akhir cerita, penyelesaian bentrok terasa terlalu sigap dan terburu-buru, meninggalkan kesan bahwa komponen krusial dalam narasi tidak sepenuhnya dieksplorasi dengan baik. Pengembangan karakter dan hubungan antar mereka mungkin juga terasa kurang mendalam lantaran penyelesaian nan tergesa-gesa. Meski demikian, kelemahan ini tidak sepenuhnya mengurangi nilai dari isi cerita secara keseluruhan.  Buku Bebas Tanggungan tetap sukses menyajikan cerita nan menarik dengan style penulisan nan khas, dan tema-tema nan diangkat tetap relevan dan memikat pembaca. Meskipun penyelesaian bentrok dapat diperbaiki untuk meningkatkan kedalaman cerita, kitab ini tetap dapat dinikmati oleh pembaca nan mencari pengalaman membaca nan menghibur dan merangsang pemikiran.

Penutup

Bebas Tanggungan

button cek gramedia com

Nah, Grameds, demikianlah gambaran singkat tentang kitab Bebas Tanggungan. Buku ini merupakan pilihan nan sangat tepat bagi mereka nan juga berada dalam generasi sandwich, mungkin menghadapi tantangan nan serupa dengan nan dialami oleh Safira dalam cerita. Selain memberikan perspektif pandang nan memahami dinamika kompleks dari generasi sandwich, kitab ini juga memberikan inspirasi bagi mereka nan merasa bingung tentang gimana menjalani kehidupan sehat, baik secara lingkungan maupun mental, di tengah-tengah tuntutan peran ganda.

Dengan menggali lebih dalam tentang pengalaman karakter-karakternya, kitab ini bisa menjadi pedoman nan memotivasi untuk mengeksplorasi strategi dan solusi nan sesuai dengan kebutuhan perseorangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sumber inspirasi dan pemahaman, kitab ini bisa memberikan nilai tambah nan signifikan bagi pembaca nan menghadapi dinamika serupa dalam kehidupan mereka.

Jika Grameds tertarik membaca kitab ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias toko kitab Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan kitab nan berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Rich Dad Poor Dad

Rich Dad Poor Dad

button cek gramedia com

Rich Dad Poor Dad akan: •Menghancurkan mitos “Anda perlu mempunyai penghasilan tinggi agar bisa kaya” •Menantang kepercayaan bahwa rumah Anda adalah aset •Menunjukkan kepada orangtua kenapa mereka tidak bisa mengandalkan sistem pendidikan untuk mengajari anak mereka tentang duit •Mendefinisikan aset dan liabilitas secara jelas •Mengajari Anda apa nan kudu Anda ajarkan kepada anak tentang duit agar mereka mempunyai masa depan finansial nan sukses. Dalam kitab ini, Robert Kiyosaki mencoba mengajarkan para pembaca untuk mulai saat ini melatih anak dan cucunya kelak, apalagi untuk dirinya sendiri agar pandai dalam mengelola persoalan finansial. Selain itu, Robert juga menggarisbawahi bahwa orang kaya tidak bekerja hanya untuk uang, melainkan duit nan bakal bekerja untuknya. Rich Dad Poor Dad—Buku Pengelolaan Keuangan Pribadi No. 1 Sepanjang Masa!

Seri Keuangan Keluarga Shakinah 7 Prinsip Pendapatan

Seri Keuangan Keluarga Shakinah 7 Prinsip Pendapatan

button cek gramedia com

Dalam Islam, mengenai penggunaan harta, kita diajarkan untuk tidak bertindak pelit alias boros, lantaran keduanya merupakan sifat nan tercela. Sementara itu, sampai hari ini, belum ada ukuran final seseorang dikatakan pelit alias royal dalam penggunaan harta. Kenapa? Karena harta, kebutuhan, dan kelas sosial setiap orang selalu berbeda. Lantas gimana agar kita tidak terjerumus ke dalam sifat alias situasi pelit dan royal tersebut? Kita butuh perencanaan nan tepat berasas prinsip syariah, dan itulah argumen utama, kenapa kitab ini dihadirkan untuk Anda. Sebuah kitab seri Sakinah Finance: 7 Prinsip Pendapatan nan ditulis oleh sepasang suami istri; Di dalam kitab ini, beragam kasus finansial family nan terjadi di kalangan umat dihadirkan dan dibahas secara komprehensif, solutif, dan syariah aplikatif. Buku ini ditulis dan dihadirkan hanya untuk membantu Anda membentuk family sakinah nan mawaddah wa rahmah. Kita tidak bisa menampik, bahwa finansial merupakan masalah nan vital dalam keluarga. Banyak family hancur acak-acakan hanya lantaran keuangan, baik salah penggunaan alias keliru dalam perencanaan.

Panduan Manajemen Hutang: Berani Hutang,Berani Sukses

 Berani Hutang,Berani Sukses

button cek gramedia com

Menyadari bahwa kita takkan perna bisa selamanya menghindari hutang seumur hidup kita, ada baiknya kita mempelajari seluk-beluk utang-piutang. Bagaimana langkah membedakan utang baik dan buruk.Bagaimana langkah menggunakan investasi untuk berutang. Bagaimana menyiasati suku kembang utang. Bagaimana mengunci suku bunga. Bagaimana mengawasi agar utang kondusif dari kandas bayar. semua teknik ini bakal digunakan seumur hidup.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog