Review Buku Hopeless (tanpa Daya)

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds, apakah Anda salah satu pecinta novel romance fiksi? Jika iya, berfaedah kitab ini sangat cocok untuk kamu. Colleen Hoover mungkin sudah tak asing lagi untuk Anda nan pecinta novel fiksi romantis. Buku ini dikemas dengan 496 laman di dalamnya nan menceritakan seorang anak SMA berumur 17 tahun dengan kisah dewasa muda nan manis.

Gadis ini tinggal berbareng dengan ibu angkatnya sejak umur 5 tahun nan sangat anti teknologi, mereka apalagi tidak mempunyai televisi dan juga handphone. Awalnya Sky juga disuruh untuk Homeschooling namun hingga suatu hari dia meminta kepada ibunya untuk mengizinkannya berguru di sekolah umum.

Nah Grameds untuk memandang gimana kisah dari remaja berumur 17 tahun ini, Anda bisa membacanya pada novel Hopeless. Sebelum itu berikut ini adalah ulasan mengenai kitab Hopeless dan sinopsisnya.

Sinopsis Buku Hopeless

Terkadang mengetahui kebenaran lebih membikin putus asa dibandingkan meyakini ketidakejujuran itu sendiri. Itulah nan Sky sadari ketika berjumpa dengan Dean Holder.

Bercerita tentang gadis berjulukan Linden Sky Davis nan mempunyai kehidupan nan tidak biasa seperti remaja umumnya. Sky hidup tanpa handphone jadi secara tidak langsung dia tidak hidup dengan akses internet dan tentu tidak mempunyai email apalagi media sosial. Hidupnya tidak seperti remaja pada umumnya, pergaulan dan geraknya pun dibatasi oleh ibu angkatnya sehingga dia tidak mempunyai banyak kawan selain tetangganya nan seumuran berjulukan Six. Karen, ibu angkat Sky hanya memperbolehkan Sky pergi tanpa jam malam asalkan dia memberi tahu kemana dia pergi. Sky juga diajarkan untuk hidup sehat, setiap hari dia mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur

Six adalah gadis nan suka bergonta-ganti pasangan, maka dari itu Sky pun sebenarnya di cap sebagai gadis nan sama dengan Six. Meski Sky dan Six suka menyelundupkan cowok-cowok mereka ke bilik Six dan bercumbu namun Sky sendiri apalagi tidak pernah merasakan rasa suka dan kesukaan untuk suatu hubungan terhadap seorang cowok. Ketika Sky sudah berguru di sekolah umum, rupanya Sky mendapatkan bullyan lantaran dianggap seperti Six hingga akhirnya dia hanya berkawan dengan seorang laki-laki nan cukup asing dan ‘gay’ ialah Breckin. Six sendiri sudah pergi melakukan pertukaran pelajar ke negara lain maka dari itu Sky kudu melewati celaan dan cemoohan itu sendirian.

Kemudian Sky berjumpa dengan Dean Holder, dia sadar bahwa Dean Holder mempunyai reputasi jelek di sekolah. Banyak orang nan mengatakan bahwa Dean baru saja kembali dari penjara anak-anak bandel lantaran dia memukul orang hingga nyaris tewas. Tapi hanya Dean Holder nan sanggup membikin gadis 17 tahun itu takut dan juga terpesona pada sikapnya nan tidak mudah ditebak. Sky akhirnya merasakan antusiasme dan getaran emosional ketika bermesraan dengan Dean nan sebelumnya tidak pernah dia rasakan. Holder dianggap sebagai sumber masalah ketika dia datang ke kehidupan Sky, kenangan lama Sky nan terpendam muncul menghantui.

Holder nan yang terus mendekat pun memaksa Sky untuk mengenal Sky lebih dalam lagi. Karena usahanya nan terus menerus, akhirnya Sky pun menyerah dan menyambut Dean Holder ke kehidupannya.

“The Sky is always beautiful. Even when it’s dark or rainy or cloudy, it’s still beautiful to look at. It’s my favorite thing because I know if I ever get lost or lonely or scared, I just have to look up and it’ll be there no matter what.. and I know it’ll always be beautiful.”

Ada sebuah rahasia nan rupanya diketahui Holder dan dia sembunyikan. Dahulu Sky berjulukan Hope namun lantaran ada kejadian nan membikin dirinya trauma maka Sky mengganti namanya dengan Hope dan berambisi dapat melupakan hal-hal nan mengerikan di masa lalunya dan menganggap itu tidak pernah terjadi. Dean Holder rupanya mempunyai ikatan nan erat dengan masa lampau Sky ini. Mengenai masa lampau dan kenapa dia melakukannya, apa nan dia rasakan, argumen nan kenapa dia menjadi anak angkat dan semuanya bakal dijawab pada kitab ini.

Tentang Penulis Buku Hopeless

Penulis kitab Hopeless ini adalah Colleen Hoover merupakan penulis asal Amerika Serikat nan lahir pada 11 Desember 1979. Colleen Hoover lahir dan besar di Texas dengan nama Margaret Colleen Fennell. Ia kemudian menikah dengan Heat Hoover pada tahun 200 dan mempunyai 3 anak dari pernikahannya.  Colleen Hoover adalah penulis novel fiksi dewasa muda dan kitab pertama nan dia terbitkan adalah Slammed pada tahun 2012 melalui penerbit Amazon. Tak disangka kitab pertamanya ini masuk dalam daftar kitab terlaris New York Times hingga mendapatkan nominasi penghargaan Goodreads Choice Awards dalam kategori Best Young Adult Fiction.

Selain itu Colleen Hoover juga sudah menerbitkan beragam kitab nan mencapai lebih dari dua puluh tiga novel seperti It Ends With Us, All Your Perfects, Ugly Love, dan Verity. Pada tahun 2015 lalu, Collen dan keluarganya mendirikan organisasi nirlaba berjulukan The Bookworm Box nan merupakan toko kitab dan jasa langganan kitab bulanan.

Untuk mengenalnya lebih dekat, Anda bisa mengunjungi akun media sosial Instagram, Twitter dan Tiktok @collenhoover dan situs web www.CollenHoover.com

Kelebihan dan Kekurangan Buku Hopeless

Pros & Cons

Pros

  • Buku ini ditulis dengan perspektif pandang orang pertama sehingga pembaca dapat merasakan apa nan tokoh sedang rasakan
  • Memiliki plot twist nan menjadi ramuan untuk cerita romansanya
  • Alur cerita mudah diikuti dan dipahami
  • Penggambaran karakter nan pas
  • Meski bukunya tebal namun dilengkapi dengan bab-bab pendek nan memisahkannya

Cons

  • Memiliki ketebalan nan cukup tebal sekitar 500 laman untuk kisah sky
  • Terdapat adegan-adegan nan cukup definitif dan dianjurkan dibaca orang dewasa

Kelebihan Buku Hopeless

Buku ini ditulis dengan perspektif pandang orang pertama ialah dari sisi Sky sendiri. Maka dari itu pembaca bakal merasakan dan memahami apa nan Sky rasakan di cerita. Seluruh sikap lugu, emosi meninggal rasa hingga ketakutan ketakutan dapat dirasakan oleh pembaca. Maka dari itu kitab ini sangat mendalami kisahnya sehingga ikut merasakan rasa hopeless atau tidak berkekuatan lantaran memandang perjalanan dan beratnya beban hidup nan kudu dilewati oleh Sky.

Buku ini mempunyai plot twist yang membikin pembaca juga ikut terheran dan merasakan kenangan pilu nan dirasakan oleh Sky. Cerita masa lampau Sky adalah ramuan dari cerita pada novel ini, lantaran tanpa ada nya cerita masa lampau Sky kitab ini hanya seperti kitab romansa cerita anak SMA nan baru puber. Sehingga kitab ini tidak hanya menyajikan kisah cinta namun juga menyajikan kisah kelam nan menambah keseruan novel.

Alur cerita mudah diikuti dan mudah dipahami perihal ini lantaran ada flashback  dan cerita nan sudah dipisahkan per bab berasas tanggal dan waktu kejadian. Rangkaian ceritanya juga berkelanjutkan antar bab meski itu cerita masa lampau dan masa saat ini. Semuanya terasa masuk akal.

Penggambaran karakter pada novel ini juga sangat pas dan tidak dilebih-lebihkan alias dikurangi. Sky nan mempunyai karakter sebagai gadis nan tegar dengan masa lampau nan kelam cukup menarik. Dean Holder juga digambarkan sebagai laki-laki penyayang dan mungkin sikap Holder bakal membikin pembaca wanita juga ikut merasakannya.

Kekurangan Buku Hopeless

Buku ini mempunyai ketebalan nan cukup tebal ialah nyaris 500 laman untuk menceritakan kisah Sky dan Holder. Namun kitab ini dilengkapi bab-bab pendek pada cerita-ceritanya nan sudah terbagi. Di setiap babnya dituliskan waktu mulai dari hari, tanggal apalagi hingga jam. Maka dari itu sebenarnya membantu pembaca dalam memahami jalannya cerita.

Buku ini mempunyai beberapa cerita segmen nan cukup definitif seperti penganiayaan maka kitab ini dianjurkan dibaca oleh orang dewasa bukan remaja.

Penutup

Grameds itu dia adalah beragam ulasan singkat dan sinopsis mengenai kitab Hopeless. Buku ini dianjurkan untuk dibaca orang dewasa lantaran mempunyai beberapa segmen definitif seperti pornografi alias penganiayaan. Buku ini ditulis oleh penulis novel romansa fiksi terkenal jadi Anda tidak perlu cemas dengan jalan cerita dan isinya menggambarkan emosi nan mendalam hingga dapat dirasakan oleh penonton.

Jika Grameds tertarik membaca kitab ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias toko kitab Gramedia terdekat di kotamu.

Gramedia senantiasa menjadi #SahabataTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan kitab nan berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Slammed – Cinta Terlarang

Slammed - Cinta Terlarang

Layken kudu kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan kudu menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu dia berjumpa dengan Will Cooper, tetangga barunya. Will memang menarik. Dengan ketampanan dan senyum memikat, pemuda itu menularkan kecintaannya pada slams––pertunjukan puisi. Perkenalan pertama menjadi serangkaian hubungan intens nan membikin mereka semakin dekat, hingga keduanya berjumpa lagi di sekolah… Sayangnya, hubungan mereka kudu berakhir. Perasaan nan mulai tumbuh antara Will dan Layken kudu dihentikan. Pertemuan rutin mereka di kelas tak membantu meniadakan emosi itu. Dan puisi-puisi menjadi sarana untuk menyampaikan bunyi hati. Tentang sukacita, kecemasan, harapan, dan cinta terlarang mereka

Point of Retreat – Titik Mundur

Point of Retreat - Titik Mundur

Berhasil melewati guncangan kematian, patah hati, dan belitan takdir, membikin Layken dan Will percaya hubungan mereka bakal baik-baik saja. Tetapi kejadian tak terduga menghancurkan segala angan hingga memaksa mereka untuk mundur dan berpikir ulang tentang komitmen. Layken dan Will terpaksa memilih jalan susah dan menyakitkan… mereka kudu berpisah. Will tidak rela melepaskan Layken begitu saja. Ia berkeinginan membuktikan kesungguhan cintanya dengan satu- satunya langkah nan dia yakini dapat merebut kembali hati Layken… dengan puisi. Saat keadaan mulai membaik, ujian lebih besar datang, ujian nan tidak hanya bisa mengubah kehidupan mereka, tapi juga orang-orang nan berjuntai pada mereka. Kali ini, apalagi puisi pun tak bisa mengembalikan Layken dalam hidup Will.

Awal Antara Kita (It Starts with Us)

Awal Antara Kita (It Starts with Us)

Usai berpisah dan mengakhiri ikatan pernikahan bertabur racun, Lily berupaya kembali menata kehidupannya sebagai orangtua tunggal. Ia mulai mengurus upaya nan kewalahan sembari menyesuaikan diri dengan ritme pengasuhan putrinya berbareng sang mantan suami, Ryle Kincaid. Ketika Lily tanpa sengaja berjumpa Atlas Corrigan setelah nyaris dua tahun berpisah, dia begitu gembira. Kini, semesta seakan berpihak pada mereka. Ingatan tentang cinta pertama dan segala kenyamanan nan pernah dia rasakan berbareng Atlas, membikin Lily langsung setuju saat laki-laki itu mengajaknya berkencan dan merengkuh kesempatan kedua sebagai dua orang dewasa. Sayangnya, kegembiraan Lily tak memperkuat lama. Perceraian dengan Ryle rupanya tak serta-merta membikin Lily bebas menentukan jalan hidupnya. Bagaimanapun, Ryle ayah kandung putrinya, dan mereka terikat seumur hidup sebagai orangtua. Bagaimana jika kehadiran Atlas justru membikin Ryle semakin pencemburu dan berkeinginan menyingkirkan laki-laki itu dari kehidupan mantan istri dan putrinya?

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog