Review Buku Jevgar The Story Of Sheana

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Grameds, apakah Anda pecinta novel mengenai drama romantis anak SMA? jika iya maka Anda wajib membaca kitab nan satu ini. Buku Jevgar ini menceritakan kisah pertemanan anak SMA, geng motor, dan percintaan anak SMA. Buku ini mempunyai laman nan tidak terlalu tebal ialah hanya 270 halaman. Novel Jevgar ini merupakan cerita nan awalnya ditulis oleh penulis pada platform Wattpad dan juga ada AU di sosial media instagram dan twitter.

Jevgar

button cek gramedia com

Novel ini menceritakan banyak kisah mengenai kehidupan SMA nan mungkin juga bakal membikin Anda bernostalgia dengan masa SMA. Penasaran dengan ceritanya? Sebelum Anda membaca kitab Jevgar ini alangkah lebih baik membaca ulasan mengenai kitab Jevgar.

Sinopsis Buku Jevgar

Buku ini menceritakan mengenai Shea dan juga Jevgar. Jevgar Rakardioz, banyak orang memanggilnya Jevgar. Ia merupakan laki-laki paling bad attitude di SMA Raharja Gaspatri, sikapnya nan galak, kasar, sangar dan dingin membikin siapa saja takut terhadapnya. Terlebih, Jevgar juga mempunyai sifat nan egois, playing victim, dan juga manipulatif. Namun, semua itu mulai berubah semenjak kehadiran Sheana Pearl Genina, si wanita genit, centil, periang dan suka gombal.

Jevgar

button cek gramedia com

Shea adalah gadis nan terkenal centil, suka tebar pesona pada laki-laki, cerewet dan ceria di SMA Raharja Gaspatri. Namun semua sikap dan sifat Shea terjadi lantaran dirinya selalu merasa kesenyapan setelah ibunya meninggal. Shea hanya mempunyai ayah dan kakaknya, sosok sang ayah nan semestinya mempunyai peran krusial untuk merawat Shea dengan kasih sayang malah justru lebih mementingkan pekerjaan daripada sang anak dan sang ayah melakukan perihal nan sangat fatal hingga membikin sang anak nyaris kehilangan nyawanya.

Tak banyak nan tahu jika masa remaja Shea nan dipenuhi kekangan. lantaran Kakaknya, Sadewa Ars Genino, selalu mengawasinya. Sadewa melakukan perihal itu mungkin lantaran rasa sayangnya pada Shea namun apakah rasa sayang itu justru membikin Shea bahagia? Ternyata tidak. Sadewa terlalu cemas pada adik tersebut hingga terpikirkan untuk mendekatkan Shea pada Jevgar lantaran dia percaya walaupun Jevgar terkenal bad attitude, sahabatnya itu tak mungkin menyakiti perempuan. Namun belum saja Sadewa mencoba, Shea dan Jevgar tiba-tiba dekat.

Kedekatan mereka bukan tanpa alasan, mereka berdua menjalani pacaran perjanjian selama tiga bulan untuk membalaskan dendam terhadap Region dan Oscar, namun setelah berjalannya waktu emosi mereka tumbuh tanpa memikirkan perjanjian nan telah mereka sepakati. Namun selama kedekatan mereka berdua, Shea merasakan sakit hati nan tidak terpikirkan dia menerima perlakuan seenaknya dari Jevgar baik dari perlakuan alias ucapannya.

Kisah Shea dan Jevgar tidak semulus perjalanan cinta nan mereka bayangkan, banyak kejadian tak terduga dan masalah nan datang berkali-kali pada Shea dan membikin gadis tersebut nyaris menyerah, bukan tentang kisah cinta namun tentang keluarganya nan menjadikan Sheana selalu menutup lukanya dengan senyuman.

Tapi, dibalik itu semua rupanya Shea juga tidak cukup bisa untuk mendapatkan seorang Jevgar. Hingga pada suatu ketika, keadaan memaksa mereka untuk melakukan pacaran perjanjian selama tiga bulan. “Are you ready to be mine?” – Jevgar Rakardioz. Apakah tiga bulan cukup untuk membikin Jevgar jatuh cinta? Dan, apakah 3 bulan cukup untuk Jevgar balas dendam?

“Pada dasarnya manusia hidup untuk bertahan, tetapi nyatanya memperkuat untuk selalu tampak baik-baik saja tidak semudah apa nan dikatakan orang-orang selama ini.”

Kelebihan dan Kekurangan Buku Jevgar

Jevgar

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Narasi nan membikin pembaca merasakan emosi nan naik turun
  • Bahasa nan sederhana dan mudah dimengerti
  • Tidak hanya membahas mengenai romance namun juga membahas mengenai family dan lain-lain
  • Memiliki value life nan dapat kita ambil dan terapkan untuk kehidupan kita
  • Terdapat beberapa ilustrasi mengenai para tokoh dan surat-surat perjanjian Shea dan Jevgar.

Cons

  • Masih terdapat beberapa typo
  • Ukuran tulisan nan tidak merata lantaran ada nan besar dan ada nan kecil.

Kelebihan Buku Jevgar

Jevgar

button cek gramedia com

Buku Jevgar memiliki narasi nan membikin pembacanya merasakan emosi dan kekesalan. Setiap ceritanya bakal membikin pembaca merasa jengkel terhadap tokoh utama Jevgar. Narasi nan baik ini menjadikan kitab Jevgar ini tidak hanya menjadi novel dengan aliran nan romantis manis namun juga romantis nan menguras emosi dan kekesalan. Pembaca bakal dibawa pada emosi nan naik turun lantaran tentu bentrok dan masalah nan ada dalam novel ini membikin pembaca merasa jengkel namun sampai akhir seluruh penyelesaian masalahnya betul-betul menyentuh hati dan hubungan antar tokoh juga semakin baik.

Bahasanya nan digunakan pada novel Jevgar mudah dipahami perihal ini juga berasosiasi dengan cerita nan diangkat pada novel ini adalah cerita percintaan anak SMA tentu bahasa nan digunakan lebih santuy dan ada beberapa kalimat receh dan bahasa-bahasa gaul, jadi Anda tidak perlu cemas jenuh untuk membaca novel ini.

Meski novel ini merupakan novel romantis nan membahas mengenai hubungan Sheana dan Jevgar namun di dalam novel Jevgar juga tetap banyak membahas beberapa topik seperti sekolah, keluarga, laki-laki nan sebenarnya red flag, dan persahabatan. Buku ini adalah paket komplit bagi Anda nan mau membaca novel romantis namun tidak membikin geli dengan segala gombalan dan rayuan manis.

Selain itu kitab ini juga mempunyai value life atau nilai hidup nan dapat kita ambil dari kitab ini. Buku ini mengajarkan kita untuk saling memaafkan, baik itu dengan teman, pacar apalagi keluarga. Sesakit apapun nan kita rasakan namun ketika ada nan meminta maaf kita kudu memaafkannya.

Kelebihan kitab ini selanjutnya adalah terdapat beberapa ilustrasi dari masing-masing tokoh seperti gambaran Jevgar, Sheana, Sadewa, Armos, Selata, Erza dan Azkanio. Tentu ilustrasi ini semakin menarik perhatian lantaran pembaca bisa membayangkan cerita sembari memandang ilustrasi para tokoh nan sedang dibaca. Selain ilustrasi gambar, kitab Jevgar juga menyajikan ilustrasi seperti surat perjanjian antara Jevgar dan Sheana, Wishlist Sheana dan lain-lain.

Kekurangan Buku Jevgar

Jevgar

button cek gramedia com

Kekurangan kitab Jevgar adalah tetap ada beberapa typo dalam penulisannya. Kesalahan-kesalahan mini seperti ini, meskipun tampaknya sepele, dapat mengganggu konsentrasi pembaca dan mengurangi kenyamanan membaca. Selain itu, ukuran teks nan tidak merata, di mana terdapat teks nan besar dan ada teks nan berukuran kecil, menambah ketidaknyamanan saat membaca. Inkonsistensi dalam ukuran teks ini dapat membikin mata sigap capek dan mengurangi kenikmatan membaca. Beberapa kata juga lenyap alias tidak terlihat, nan kemungkinan besar merupakan kesalahan pada proses pencetakan. Kekeliruan seperti ini membikin pembaca kudu berupaya lebih keras untuk memahami konteks dan alur cerita.

Di luar kekurangan-kekurangan tersebut, kitab Jevgar masih bisa dinikmati dan tetap dapat dibaca dengan nyaman. Meskipun terdapat beberapa hambatan teknis, isi kitab ini tetap menarik dan informatif. Cerita nan disajikan bisa mempertahankan minat pembaca dan memberikan wawasan baru. Oleh lantaran itu, meskipun ada beberapa kesalahan dalam penulisan dan pencetakan, perihal tersebut tidak sepenuhnya mengganggu keseluruhan pengalaman membaca. Pembaca tetap bisa menikmati cerita dan mendapatkan faedah dari isi kitab Jevgar.

Penutup

Jevgar

button cek gramedia com

Nah Grameds, itulah ulasan singkat mengenai novel Jevgar. Novel ini mempunyai cerita dengan bentrok nan rumit namun dengan narasi dan pembawaan cerita nan mudah dipahami dan sederhana. Jika grameds mau mencari kitab nan menceritakan mengenai kisah cinta anak SMA nan tidak melulu mengenai gombalan manis dan rayuan maka Anda bisa membaca kitab ini nan terdapat bentrok keluarga, pertemanan dan persoalan diri sendiri.

Jika Grameds tertarik membaca kitab Jevgar ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias toko kitab Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan kitab nan berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Si Anak Pemberani

Si Anak Pemberani Tere Liye

button cek gramedia com

Si Anak Pemberani mengisahkan seorang gadis mini pemberani nan berbulu sedikit ikal. Ketika anak-anak nan seumuran dengannya sibuk bermain, Eliana sebaliknya. Dia sibuk memikirkan gimana langkah menyelamatkan hutan, air, dan lahan di desanya nan terancam rusak lantaran kehadiran orang-orang kota tak bertanggung jawab. Eliana berbareng tiga temannya nan disebut ‘empat buntal’ bahu-membahu menghentikan orang-orang pemilik HPH dan menghentikan para penggali pasir liar di dekat sungai di desanya. Betapa beraninya Eliana nan waktu itu tetap duduk di bangku SD kelas 6, sudah melawan orang-orang berharta| dari kota nan mengeksploitasi tanah, air, dan rimba di kampungnya. Tekad Eliana dan tiga temannya semakin membara untuk memperjuangkan nasib tanah, air, udara, dan hutan. Melihat penduduk dan para penangkap ikan nan pulang bermuka murung akibat sedikitnya tangkapan ikan lantaran air nan berubah warna menjadi keruh dari hasil penggalian pasir. Eliana akhirnya menyusun rencana untuk menghentikan tambang pasir. Apakah dia bakal berhasil? Penasaran kan? Yuk, ikuti kisah Eliana hingga akhir.

Si Anak Badai

Si Anak Badai

button cek gramedia com

Buku ini tentang Si Anak Badai nan tumbuh ditemani bunyi aliran sungai, riak permukaan muara, dan deru ombak lautan. Si Anak Badai nan penuh tekad dan keberanian mempertahankan apa nan menjadi milik mereka, hari-hari penuh keceriaan dan petualangan seru. Buku nan satu ini masuk ke dalam serial novel “Anak Nusantara”, dalam serial Anak Nusantara ini sendiri, selain terdapat pesan berisi tentang keluarga, persahabatan, hidup dalam bermasyarakat dan bertetangga, juga selalu menekankan bakal pentingnya pendidikan. Pelajaran nan bisa diambil dan direnungkan oleh kita dari novel Si Anak Badai sendiri adalah, kita kudu menyadari bahwa pengetahuan nan kita miliki jika dibandingkan telunjuk dan lautan, tidak ada bandingannya sama sekali, lampau selalu menghargai perjuangan dari ibu alias ‘Mamak’, belajar dari kesalahan-kesalahan nan lampau, kudu selangkah lebih maju dibandingkan dengan lawan, dan tentang kekerasan nan dibalas dengan kebaikan. Sebuah kitab nan sarat bakal pesan moral, mendidik, dan menarik untuk dibaca oleh semua umur. Kamu dapat membaca kitab ini untuk menumbuhkan motivasi di dalam diri kamu, dan jika Anda adalah fans dari tulisan-tulisan Tere Liye, kitab nan satu ini beserta seri lainnya wajib untuk Anda miliki.

Lofarsa

Lofarsa

button cek gramedia com

Minta dijodohkan sebenarnya tidak pernah masuk ke dalam rencana kehidupan masa depan Najmi Desra. Namun sang Papi malah mengamini permintaan isengnya tersebut. Dan akhirnya, gadis berumur 23 tahun ini kudu berhujung memilih 1 di antara 3 kandidat laki-laki pilihan nan memenuhi kriteria.

Tak disangka-sangka, saat pengumuman letak penempatan program training nan kala itu turut menampilkan namanya, Najmi ditempatkan di sebuah firma norma terkenal, ialah Khairul Bahar Law Firm Assocation. nan mana, instansi tersebut juga merupakan tempat seorang Kandidat Terpilih bernaung. Namanya Adibya Lofarsa, nan sukses mencuri seluruh atensi Najmi Desra. Sang pemuda nan berada di penghujung nomor 25 tersebut punya berjuta pesona.

“Lo tulus nggak sih dijodohin sama gue?!” Kala itu, serangan ketidakpercayaan diri lagi-lagi menerjang mental Najmi.

Maka dengan seluruh rasa nan Adibya punya, pemuda itu pun lantas sampaikan perasaannya. “Saya tulus dijodohkan dengan kamu. Dan untuk perihal mencintaimu, saya hanya butuh tiga hari. Hari kemarin, hari ini, dan hari esok.”

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog