Review Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-apa Karya Bemandry

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds, apakah Anda pernah merasa dituntut untuk mempunyai kedudukan nan tinggi, orang nan terkenal sukses, orang nan pandai, dan lain sebagainya? Tuntutan nan tidak jelas pasti asalnya dari mana, tidak diucapkan, dan juga tidak diarahkan langsung kepada dirimu. Tuntutan nan sebenarnya terbentuk akibat adanya standar sosial.

Masing-masing pribadi berbeda dalam menanggapi tuntutan tersebut. Hal ini berjuntai pada dirinya sendiri, juga orang-orang di sekitarnya. Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa nan ditulis oleh Bemandry ini bakal menyajikan kisah nan mengenai dengan tuntutan hidup dan gimana menyikapinya.

Buku dengan total 164 laman nan diterbitkan oleh Penerbit Gradien Mediatama pada 21 Juli 2023 ini ditulis dengan perspektif pandang orang pertama. Buku ini bakal menyajikan beragam bentrok nan relevan dengan kehidupan nan penuh dengan tuntutan ini. Lebih lengkapnya tentang kitab ini bakal dibahas pada tulisan ini, jadi baca sampai selesai ya!

Profil Bemandry – Penulis Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa

Bemandry adalah seorang laki-laki asal Yogyakarta. Bemandry merupakan penulis buku, nan juga seorang penyanyi Indonesia, dan tokoh paruh waktu. Dia baru saja merilis single lagu baru berjudul Pagi nan Kunanti, nan dinyanyikan berbareng Atmojo.

Diketahui, keseharian Bemandry lebih konsentrasi untuk bernyanyi. Pada tahun 2023 saja, Bemandry menghadirkan 13 karya sekaligus. Bemandry nan multitalenta ini banyak mengembangkan hal-hal nan telah dia punya di dalam dirinya, dan mengenali batas apa nan rupanya tak bisa dia lakukan berbareng dirinya.

Bemandry sendiri sudah berkarir sebagai musisi selama 5 tahun lamanya. Ia mulai konsentrasi berkarya sebagai musisi, usai dia meninggalkan peran sebagai jurnalis. Bemandry memang merupakan sarjana dari bidang jurnalistik, dari salah satu universitas di Bandung, Jawa Barat.

Bemandry tadinya hanya mau berpiknik ke kampung halamannya. Tapi, tanpa dia duga, Bemandry diterima bekerja sebagai wartawan di Kota Pendidikan dan Budaya itu. Kuliah jurnalistik membekali Bemandry dalam bagian menulis, nan membawanya sukses melahirkan dua karya, ialah Tanpa Dirimu Aku Bahagia dan Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa yang bakal dibahas pada tulisan ini.

Sinopsis Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa

“Kenapa banyak perihal nan menghilang dari hidupku? Kenapa saya kudu berjuang terus dan sendirian? Kenapa hidupku selalu dipenuhi dengan keraguan dan celaan dari orang-orang nan tidak pernah percaya padaku?”

Sebelum saya menemui hari ini, rasanya pertanyaan itu nan selalu datang dalam akal dan pikiranku. Puluhan tahun ini sangat berat, dan membikin saya selalu merasa menjadi orang nan kurang beruntung.

Selalu terbayang dalam benakku, gimana rasanya hidup dalam family nan harmonis? Aku selalu terbayang gimana rasanya menjadi orang nan selalu mendapat dukungan, saat saya mau berupaya memperoleh hal-hal nan saya impikan? Aku tidak mempunyai itu semua.

Beberapa tahun ke belakang, hidupku hanya berisi kata-kata umpatan kepada Tuhan. Setiap pagi, saya hanya mengeluh, kenapa saya kudu kembali bangun dan melakukan hal-hal berat sampai larut malam. Aku mau berakhir saja. Aku jenuh dengan hidupku nan berisi seputar makian.

Aku jengkel memandang hidupku nan jauh lebih terlambat dibandingkan teman-temanku, lantaran mereka mempunyai sosok nan dapat mereka tanya saat sedang kebingungan. Aku jengkel pada lingkunganku nan menganggap segala perihal nan saya pikirkan adalah sesuatu nan percuma, lantaran bertolak belakang dengan kebiasaan nan kebanyakan orang lakukan. Aku jengkel mendengar orang-orang menilaiku sebagai sosok nan tidak mempunyai masa depan, lantaran keterbatasan nan ada dalam diriku dan pilihan nan saya ambil.

Sampai pada akhirnya saya sadar, segala nan terjadi pada diriku bukanlah perihal jahat nan sengaja Tuhan beri padaku. Dari sekian banyak penolakan, dari segudah cibiran dari orang-orang, semuanya itu terjadi lantaran keinginanku sendiri. Bagaimana bisa?

Meski saya selalu mengumpat kepada-Nya, hati kecilku selalu meminta untuk ditakdirkan menjadi manusia nan dahsyat dan lebih baik dari orang lain. Untuk menjadi hebat, berfaedah saya kudu menjadi manusia nan kuat.

Va, sampai sejauh ini, nan baru bisa saya simpulkan hanya, Tuhan memberi banyak perihal berat padaku, agar saya bisa menjadi manusia nan lebih kuat. Saat saya sudah kuat, berfaedah Tuhan sudah mengabulkan permohonanku untuk menjadi orang nan hebat.

Tanpa mempunyai tujuan untuk menyombongkan diri alias menggurui, tulisan ini saya persembahkan untuk kalian manusia-manusia dahsyat seperti diriku, seperti dirimu. Orang-orang nan tetap memperkuat di tengah keterbatasan, dan mereka nan terus melangkah saat banyak orang memberikan cacian.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Kamu Berharga Mesti Tidak Jadi Apa-Apa

Pros & Cons

Pros

  • Buku ini menyajikan banyak kisah nan penuh dengan konflik, nan relevan dengan kehidupan kita di masa ini.
  • Kisah ini berkarakter reflektif.
  • Bemandry menuliskan kitab ini dengan pilihan kata nan bagus dan tak jarang dengan kiasan.
  • Kalimat-kalimat nan bagus membikin setiap bagian dari kisah ini terasa lebih mengena di hati.
  • Buku ini bisa memberikan banyak pembelajaran bagi pembaca.

Cons

  • Beberapa kalimat pengandaiannya dinilai cukup rumit susunan katanya, sehingga perlu dibaca berulang kali.

Kelebihan Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa

Grameds mungkin sudah terpukau setelah membaca sinopsis di atas. Dari sekilas gambaran kitab ini, sudah terlihat bahwa kitab ini bakal menyajikan banyak kisah-kisah nan penuh dengan bentrok nan relevan dengan kehidupan kita di masa ini. Kisah nan membikin kita merefleksikan segala perjuangan dan pergumulan kita.

Bemandry menuliskan kitab ini dengan pilihan kata nan bagus dan tak jarang dengan kiasan. Hal ini membikin narasi kisah ini bisa dijadikan quote pegangan untuk kita sendiri ataupun dibagikan di media sosial. Kalimat-kalimat nan bagus ini pun membikin setiap bagian dari kisah ini terasa lebih mengena di hati.

Buku pengembangan diri ini juga tentunya bisa memberikan banyak pembelajaran nan tersurat dan tersirat. Secara jangka panjang, diharapkan kitab ini bisa memberikan penguatan bagi pembaca dalam menghadapi setiap pergumulan hidup. Buku ini sangat direkomendasikan bagi semua orang dari segala kalangan.

Kekurangan Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa

Selain mempunyai kelebihan, buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa ini tetap mempunyai kekurangan. Kekurangan pada kitab ini terletak pada beberapa kalimat nan pengandaiannya dinilai cukup rumit susunan katanya, sehingga perlu dibaca berulang kali. Namun, kekurangan ini berkarakter minor dan secara keseluruhan kisah ini nyaman untuk dibaca.

Pesan Moral Buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa

Dari kitab Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa, kita kembali diingatkan bahwa mempunyai keterbatasan bukan mendefinisikan bahwa kita tak bakal pernah bisa untuk melakukan hal-hal dahsyat di luar kebiasaan alias pemisah nan kita ketahui selama ini. Dalam perihal ini, kita kudu sama-sama mengetahui bahwa mereka nan selalu merendahkan orang lain dan memberi celaan adalah orang-orang nan tidak pernah rela memandang diri kita menjadi seseorang nan lebih baik dari mereka.

Hal ini berarti, mereka bukan kawan kita, lantaran mereka tidak senang memandang diri kita bahagia. Ini juga berfaedah mereka tidak lebih dahsyat dari kita. Sebab, merendahkan orang lain biasanya ditimbulkan oleh rasa insecure ataupun iri. Dari sini kita bisa belajar untuk menjadi manusia nan rendah hati dalam segala situasi.

Dalam menghadapi tuntutan hidup nan begitu keras, kita hendaknya bisa terus berfokus pada proses dan hal-hal nan baik. Kita juga kudu menempatkan orang-orang nan betul-betul mendukung kita sebagai sosok nan krusial dalam hidup kita. Sebaliknya, menyingkirkan orang nan hanya memberi daya negatif untuk kita oleh lantaran perkataan dan perbuatannya.

Grameds, itu dia ulasan buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa karya Bemandry. Semoga tulisan ini bisa memberikan info pendukung bagi kalian nan mempertimbangkan untuk membeli kitab ini. Yuk langsung dapatkan kitab ini hanya di Gramedia.com.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Tanpa Dirimu Aku Bahagia Karya Bemandry

tanpa dirimu saya bahagia

Tidak ada seseorang pun nan siap untuk terluka. Meski sudah acapkali pernah merasakannya dan nan terlihat handal belum tentu tangguh. Manusia terlihat lemah belum tentu lemah. Manusia selalu pandai menyembunyikan dirinya nan sebenarnya. Luka telah mengajarkanku untuk menggantungkan harap, hanya pada diriku sendiri. Kita berpisah bukan untuk saling memberi luka. Namun, lantaran kita inginkan senang meski tidak dapat berbareng lagi. Terima kasih telah memberikan rasa kehilangan ini. Sebab, dari kehilangan saya bisa menemukan lagi diriku sendiri, dan kembali menyadari bahwa semesta tidak pernah pergi dari sisiku.

Buku Tanpa Dirimu Aku Bahagia karya Bemandry berisi kumpulan prosa nan menceritakan pengalaman hidup Bemandry hingga cerita curahan hati dari teman-temannya. Buku ini, ditulis hanya dalam waktu dua minggu. Melalui kitab ini, Bemandry tidak mau berambisi setinggi langit, melainkan hanya berambisi agar tulisannya ini dapat berkenan di hati pembaca dan juga menjadi pemantik bagi dirinya untuk terus konsisten dalam berkarya. Selain doyan menulis, Bemandry juga aktif menciptakan karya dalam corak musik. Bemandry membikin lagu nan dia nyanyikan sendiri dan kerap menulis lagu untuk beberapa musisi kenamaan di Indonesia. Buku Tanpa Dirimu Aku Bahagia adalah kitab perdana karya Bemandry dan menjadi obat untuk melewati hari-hari berat dalam hidupnya. Buku ini cocok dibaca untuk mengisi waktu kosong Anda!

Untukmu nan Paling Berharga Karya Hankyung Jung

untukmu nan paling berharga

Terkadang, kita terlalu konsentrasi mengambil keputusan dalam hidup dan sering kali lupa bahwa semua momen nan terlihat biasa saja sebenarnya merupakan keajaiban. Kita tidak dapat memandang dengan jelas keajaiban dan keelokan saat ini lantaran sedang berada di dalam momen bagus itu. Sepanjang hari ini pun, kita sudah hidup dalam pandangan orang lain. Benar-benar hari nan melelahkan. Oleh lantaran itu, setidaknya saat ini, kita kudu hidup dalam pandangan kita sendiri. Untuk diriku dan dirimu nan paling hebat, terima kasih telah memperkuat lagi hari ini.

Cinta bukanlah saling bertatapan, melainkan memandang ke arah nan sama. Kita nan sekarang tidak dapat melangkah berbareng lagi, bisa memandang ke satu arah nan sama. Bintang di langit malam terlihat begitu samar lantaran ada hati nan sangat berambisi agar kau dan saya memandang ke arah nan sama.

Anak laki-laki menyukai jendela nan tertutup, tetapi anak wanita menyukai beragam perihal remeh nan menyelinap dari celah jendela nan terbuka. Anak laki-laki tidak dapat memahami anak wanita nan menyukai itu. Anak laki-laki nan pendiam dan tenang itu tidak suka jika bunyi bising ataupun debu masuk. Anak wanita itu juga tidak dapat memahami anak laki-laki. Ia tidak memahami anak laki-laki nan hidup tertutup dan memblokir semua keelokan dunia. Keduanya tidak bakal bisa dekat jika tetap keras kepala. Sebenarnya, tidak perlu ketetapan hati nan kuat untuk memahami.

Melelahkan, Tapi Semua Demi Masa Depan Karya R. D. Asti

melelahkan, tapi semua demi masa depan

“Satu-satunya nan menyulitkanmu ketika berumur dua puluhan adalah pemikiran-pemikiran bahwa Anda sudah kudu bisa mencapai semua nan Anda inginkan dalam hidup.”

Quarter life crisis alias krisis seperempat baya merupakan masa-masa penuh ketidakpastian dan kebimbangan. Biasanya muncul ketika seseorang merasa terjebak, kehilangan inspirasi, dan dipenuhi kekecewaan bakal jalan hidup nan telah/sedang ditempuhnya. Mereka nan berumur 20-an hingga awal 30-an bisa jadi bakal merasa terjebak dalam kelelahan dead-end job di saat pekerjaan semua temannya terlihat cemerlang. Mungkin juga bertanya-tanya kenapa mereka belum juga mempunyai hubungan romantis, menikah, dan mempunyai anak seperti teman-teman alias lingkungan sosialnya.

Salah satu persoalan besar dalam quarter-life crisis adalah bahwa kita bisa saja berkepanjangan alias apalagi berakhir pada tahap kedua. Kita tidak mempunyai argumen untuk berjuang dan condong mengabaikan emosi serta kebimbangan nan dialami. Mereka terjebak di tahap ini dan kesulitan maju ke tahap berikutnya, condong merasa capek atas segala hal, menyalahkan diri sendiri, dan keadaan, serta tidak termotivasi untuk meng-upgrade diri.

Buku ini bakal membahas banyak tentang gimana semestinya kita berpikir dan bertindak ketika mengalami quarter-life crisis. Harapannya, pembaca bisa memahami apa nan sedang terjadi pada dirinya, berpikir lebih bening dalam mengambil keputusan pada dirinya, berpikir lebih bening dalam mengambil keputusan masa depan, depan lebih terinspirasi untuk menjadi pribadi nan lebih baik saat sukses melewati periode quarter life crisis mereka.

Sumber:

  • https://books.google.co.id/books?id=mZLPEAAAQBAJ&pg=PA3&source=kp_read_button&hl=en&newbks=1&newbks_redir=0&gboemv=1&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
  • https://www.google.com/amp/s/celebrity.okezone.com/amp/2022/12/27/205/2735433/5-tahun-berkarya-bemandry-hadirkan-13-karya-sekaligus
Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog