Review Buku Kamu Tidak Istimewa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds, Natasha Rizky seakan tidak kehabisan buahpikiran untuk menambah kitab puisi nan dia ciptakan. Menyusul Buku Catatan Kronik, Natasha RIzky menerbitkan kitab Kamu Tidak Istimewa nan merupakan kitab puisi nan dia tulis teruntuk orang-orang nan suka merasa paling dirugikan. Berbeda dengan kitab sebelumnya nan menggunakan pengalaman pribadi, kitab ini lebih mengarah dan sesuai dengan pengalaman orang-orang disekitarnya.

Pengerjaan kitab kumpulan puisi Kamu Tidak Istimewa ini hanya menyantap waktu dua bulan loh Grameds, sungguh sigap ya. Natasha mengungkapkan bahwa alasannya menulis kitab dalam dua bulan lantaran tenggat nan diberikan oleh penyunting nan bakal memberikan ilustrasi pada bukunya lebih menarik.

Sinopsis Buku Kamu Tidak Istimewa

Riwayat ini mengandung banyak paham. Bias prasangka datang melengkapi desus. Remuk redam menjadi sorakan. Bimbang. Barangkali jenaka? Atma lunglai rasa tak menapak. Kosong termanipulasi gelatnya sendiri. Piala penderitaan terbaik tergenggam erat. Enggan lepas. Hingga sebuah utas melingkupi. nan spesial bukan hanya kamu. Dirimu jauh dari satu-satunya. Allah mencintai semua.

Buku ini ditulis dengan membawa pembacanya menikmati lorong-lorong pikiran nan gelap dan getir. Buku ini merangkum kisah nan melibatkan paham, prasangka, dan ketidak-istimewaan. Buku ini bakal menghadirkan sebuah perjalanan nan berarti nan membuka mata kita mengenai kompleksitas kemanusiaan.

Buku ini mempunyai 108 laman dengan 76 puisi di dalamnya. Buku ini bakal membawa tawa kepada para pembacanya namun juga membawa pemikiran mengenai kehidupan dan merenungkannya untuk para pembaca. Buku ini bukan hanya sebuah intermezo namun juga membujuk kita untuk lebih memandang kembali perjalanan hidup kita masing-masing.

Buku Kamu Tidak Istimewa bukan lah kitab riwayat kehidupan dari penulis sendiri. Namun penulis membujuk para pembaca untuk memandang lagi kehidupan dari beragam sisi. Bahwa setiap kehidupan pasti mempunyai kehidupan nan menyenangkan dan juga sisi kelamnya nan menambah beban pikiran. Buku ini membujuk pembaca untuk memandang kedua dari sisi gelap dan terang kehidupan.

Buku ini mempunyai 3 bab didalamnya dimana bab 1 berisi perasaan, bab 2 berisi realitas dan bab 3 ialah istimewa, dari ketiga bab ini dijadikan 10 sub-bab lebih dari 10 judul.

Contoh puisi dari satu titel sub-babnya dengan titel ‘Temanku’

“Temanku”

Temanku, kesayanganku.

Jangan menangis sendirian.

Jangan menderita sendirian. 

Kita ini tidak istimewa.

Aku juga sedang sesak napas.

Temanku, kesayanganku. Kau adalah bagian dari tempatku beristirahat

Aku selalu membayangkan menua bersama.

Tinggal dalam duniamu, duniaku.

Kau menghentikan musim hujanku.

Judul puisi temanku ini menggambarkan lima orang kawan nan berhijab dengan menggunakan busana namun nan terlihat hanya bagian belakang tubuhnya. Tidak memperlihatkan siapa mereka dan tentu salah satu diantaranya adalah penulis sendiri.

Judul lain dari puisi-puisi Natasha adalah ‘Cepat Lupa’

“Cepat Lupa”

Manusia tuh begitu, ya…

Cepat lupa.

Pertunjukan ini lama-lama padam.

Karena banyak cerita-cerita nan lebih seru.

Ketika jiwa sudah terpuaskan, 

maka kudu beranjak rumor baru.

Yuk, kita kabur!

Jangan sampai masuk perangkap mereka.

Hatiku sangat kacau, meledak-ledak.

Lisannya penuh ular nan kehabisan darah.

Degup jantung memasuki lipatan kecaman dunia.

Puisi ini menggambarkan sikap pribadi seseorang nan sebenarnya bisa lupa baik sigap alias lambat dengan orang lain jika sudah merasa cukup dengan orang nan lama dia bakal mencari lagi orang nan baru dan juga rumor baru untuk didekati dan dikembangkan. seperti kata pepatah lenyap manis sepah dibuang. Maka dari itu mari kita jauhkan diri dari orang-orang seperti mereka nan ucapan dan sikapnya sungguh bakal menyakitkan diri sendiri.

Nah puisi contoh puisi terakhir karya penulis berjudul ‘Belenggu’

“Belenggu”

Akal jenuh terpatri sekian lama.

Jam tembok pun lengah berdetak

Semesta sudah lebih dulu mangkir.

Nasib apalagi aram-temaram gelisah.

Jelaga tak bisa menutupi masa lalu.

Aku hanya aku, nan terikat belenggu.

Puisi ini menggambarkan seseorang nan terbelenggu dengan masa lampau nya nan gelap, suram dan tidak menyenangkan. Seseorang itu tidak dapat melepaskan diri dari belenggu seakan terpenjara.

Grameds, puisi-puisi karya penulis dalam kitab ini penulis mengungkapkan rasa sakit hatinya dengan emosi nan penuh sehingga kitab puisi ini bernuansa sedih dan terasa pilu. Namun penulis tidak menggambarkan kesedihan kepada seluruh bukunya, pada bagian akhir Anda bakal mendapat kata-kata nan lembut tentang Tuhan nan Mahabaik.

Tentang Penulis Buku Kamu Tidak Istimewa

Penulis kitab kumpulan puisi ini adalah artis terkenal Indonesia loh Grameds, namanya Natasha Rizky. Natasha Rizky alias biasa dipanggil Aca lahir pada November 1993 di Padang, Sumatera Barat. Aca mengawali karirnya dari bumi modeling dengan meraih juara kedua pada pemilihan GADIS Sampul tahun 2008 dan melanjutkan ke bumi akting aktris, presenter dan juga model hingga saat ini Aca juga menerbitkan karya-karyanya melalui tulisan bagus seperti kitab kumpulan puisi ini. Sebelum menerbitkan kitab Kamu Tidak Istimewa, Aca sudah menerbitkan 2 kitab nan berjudul Katanya Nikah Mudah dan Catatan Kronik. 

Natasha Rizky menulis kitab ini sebagai luapan emosi negatif dalam dirinya terutama dalam masalah rumah tangganya berbareng presenter dan pelawak ialah Desta. Berpisah dengan baik-baik dan mengambil keputusan nan dewasa untuk mengurus 3 anak bersama-sama merupakan keputusan nan sulit. Dari penulis kita dapat belajar bahwa daya negatif nan ada didalam diri dapat dialihkan menjadi perihal nan lebih berfaedah dan berfaedah sehingga tidak merugikan diri sendiri dan apalagi merugikan orang nan paling kita sayangi.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Kamu Tidak Istimewa

Pros & Cons

Pros

  • Buku ini mempunyai emosi nan dalam hingga ke pembaca
  • Memiliki makna nan mendalam
  • Terdapat beragam ilustrasi dan latar gambar nan berbeda-beda
  • Memiliki jenis tulisan nan menarik dan tidak kaku
  • Dapat menjadi kitab motivasi diri

Cons

  • Pemilihan bahasa nan kurang umum dan terlalu puitis.

Kelebihan Buku Kamu Tidak Istimewa

Buku ini mempunyai beberapa kelebihan nan membikin Anda wajib mempunyai dan membaca kitab karya Aca ini. Buku ini merupakan kitab nan berisi mengenai luapan emosi negatif dari penulis. Mengenai rasa sakit, rasa luka dan sedih di hidup nan dirasakan dan mungkin dirasakan juga oleh banyak orang. Maka dari itu setiap tulisan nan tertuang dalam kitab ini bakal terasa emosinya hingga ke pembaca lantaran tertuang dengan jelas dan begitu dalam.

Selain isi kitab nan penuh emosional dan mempunyai banyak makna nan mendalam, Kelebihan kitab ini ada pada tampilan nan menarik dari setiap halaman. Setiap laman bakal dilengkapi dengan ilustrasi alias latar belakang nan unik sesuai dengan titel buku. Maka dari itu kitab ini seperti bukan kitab puisi nan membosankan melainkan kitab dengan banyak emosi nan digambarkan. Ilustrasi ini juga membantu untuk menyamarkan isi kitab nan kelam dan sedih.

Selain itu tulisan nan ada pada kitab ini juga mempunyai font nan menarik seperti tulisan tangan dan tidak kaku. Tulisan nan ada pada kitab ini juga tidak mempunyai warna biasa seperti hitam namun banyak warna.

Buku ini juga dapat menjadi motivasi untuk Anda nan mungkin sedang merasa sendiri alias sedih alias merasa luka lantaran suatu hal. Buku ini membujuk kita untuk sadar bahwa tidak Anda saja nan menderita dan sedih namun semua orang pasti mengalami fase gelapnya sendiri.

Kekurangan Buku Kamu Tidak Istimewa

Kekurangan kitab ini ada pada tata bahasa nan sangat puitis sekali. Bahasa dan kalimat nan dipilih oleh penulis sungguh puitis dan kadang susah untuk dimengerti apa makna dan maknanya. Maka dari itu pembaca perlu mengartikannya sendiri sesuai dengan isi dan pemahaman masing-masing pembaca.

Pesan Moral Buku Kamu Tidak Istimewa

Buku ini datang agar banyak pembaca nan dapat mengambil sikap dari penulis dalam menghadapi masalah di hidupnya. Buku ini membujuk semua pembaca terutama wanita dalam mengelola emosi negatif menjadi emosi nan lebih positif dan lebih memposisikan diri sehingga menjadikan wanita dengan positive vibes.

Buku ini diharapkan semakin membawa banyak perubahan pada pembaca terutama wanita hingga muncul banyak wanita pandai nan dapat mengelola emosinya terlepas dari rasa sakit apa nan dirasakan dan patah hati seperti nan penulis rasakan.

Penutup

Buku ini merupakan kitab puisi nan mempunyai banyak makna didalamnya. Buku ini membantu Anda untuk tidak terjebak dalam kesedihan dan luka nan dirasakan. Nah Grameds, jika Anda sedang merasakan apa nan seperti dirasakan oleh penulis dan puisi-puisi ini terlihat relate dengan apa nan Anda rasakan, maka Anda bisa membelinya dan membacanya.

Jika Grameds tertarik membaca kitab Kamu Tidak Istimewa, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias di toko kitab Gramedia terdekat di kotamu.

Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Grameds selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Katanya Nikah Mudah

katanya nikah mudah

Menikah di usia muda era now mungkin tetap sering dianggap asing oleh sebagian orang. Apalagi di era nan serba materialistis ini. Fase pernikahan melulu diidentikan dengan kondisi ideal seperti; sudah mapan secara materi, dewasa, alias sudah tercapai cita-cita. Dengan kondisi ini, konon kehidupan pernikahan nan senang dan langgeng bakal tercapai. Tapi siapa bilang menikah muda tidak bisa bahagia. Justru, dengan menikah di usia muda, jika niat, persiapan, dan caranya benar, insya Allah bakal bisa senang lebih awal. Sebab, dia dapat meminimalisir terjadinya perzinahan, semakin mendewasakan diri, rezeki semakin bertambah, dan nan terpenting adalah menyempurnakan separuh agama. Buku ini adalah kisah nyata dari seorang Natasha Rizky. Tidak hanya mengupas tentang menikah muda; gimana mempersiapkan pernikahan di usia muda, tetapi juga tentang lika-liku proses hijrah, tantangan-tantangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga, dan gimana mendidik anak bagi seorang ibu muda tapi tetap produktif dalam berkarya.

Catatan Kronik

catatan kronik

Sebagai kawan, kitab ini adalah pelengkap nan bersanding dengan kursi-kursi kronikmu. Dia tak berbincang ataupun menasihatimu. Lembarnya nan kosong menerimamu apa adanya. Seratnya siap menyerap tinta keluh kesahmu dan menyimpannya dalam kesaksian bisu. Dia tak banyak berharap, hanya menginginkan sinar bercahaya dari hatimu. Tentu, untuk menerangi kursi-kursi kronik itu

Like A Momentary Ray Between Clouds

like a memontary ray between clouds

Buku ini menceritakan gimana suatu kejadian memengaruhi kehidupan orang-orang nan terlibat dan gimana mereka menerima dan berbaikan dengan kejadian tersebut. Pembaca bakal diajak untuk mendengarkan perspektif pandang dari masing masing karakter terhadap perubahan di kehidupannya setelah kejadian tersebut. Masalah nan setiap karakter hadapi, mungkin terasa ‘dingin’ lantaran terkesan mengabaikan kisah tewasnya anak laki-laki berumur 8 tahun. Mereka memandang kematian itu. Mereka menyadari kesalahan itu. Kini nan bisa mereka lakukan adalah untuk menebus dosa-dosa itu. Like a Momentary Ray between Clouds adalah kumpulan cerita pendek tentang family korban, pelaku kejahatan, dan saksi mata setelah menyaksikan kecelakaan tragis nan menewaskan anak laki-laki berumur 8 tahun.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog