Review Buku Lemonade Granny Karya Hyun I Rang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Lemonade Granny, kitab dengan aliran misteri karya Hyun I Rang ini sudah banyak menuai pujian dari pembaca, kitab ini juga nantinya bakal diangkat menjadi tv series. Mengisahkan tentang investigasi nan dilakukan oleh lemonade granny atau si nenek limun dan rekan investigasinya, si bocah asisten.

Nenek limun adalah tuan tanah tempat dibangunnya Desa Doran. Suasana desa ini biasanya tenang, namun tiba-tiba suasana desa ini menjadi mencekam lantaran ada teriakan dari rumah sakit perawatan lansia nan menderita penyakit demensia di luar desa Doran. Seorang bayi nan sudah meninggal ditemukan terbungkus plastik di tempat pembuangan sampah.

Bagaimana gambaran singkat dari cerita dalam kitab ini? Menarik bukan? Buku nan mempunyai ketebalan 200 laman ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tanggal 30 Desember 2022. Sayangnya, riwayat hidup penulisnya Hyun I Rang tidak tersedia di internet. Jadi Grameds, mari kita langsung masuk ke dalam review bukunya!

Sinopsis Buku Lemonade Granny

Suara erangan seorang nenek terdengar di seluruh ruangan restoran. Hari ini pun, si nenek memasukan obat glukosuria lewat suntikan di depan anak-anak. Dia merintih kesakitan seolah-olah sedang menggunakan obat terlarang. Pelayan nan biasa menyajikan makanan dan minuman untuk pesta lansia itu berkomentar kepada pelayan lain nan sedang meletakkan segelas air. “Aduh nenek itu begitu lagi.” Seorang master nan berpakaian sebagai pelayan menghampiri nenek itu untuk menghentikannya, alih-alih berakhir nenek itu malah semakin keras menusukan jarum itu ke tubuhnya.

Suasana Desa Doran nan semula tenang dan aman, sekarang berubah seratus delapan puluh derajat! Orang luar mungkin memandang Desa Doran, tempat rumah sakit perawatan lansia dengan demensia itu sebagai tempat nan tenang. Namun, pada suatu hari, terdengar bunyi nan nyaring dari tempat pembuangan sampah.

Seseorang berteriak, lantaran menemukan bayi nan telah meninggal, terbungkus plastik tanpa diketahui siapa pelaku nan membunuhnya. Kasus tersebut sempat diselidiki, tetapi tidak sampai selesai. Nenek Limun nan merupakan pemilik tanah tempat dibangunnya Desa Doran, mau menyelidiki kejadian itu.

Untung saja, demensia nan dideritanya belum terlalu parah. Bersama rekannya, si Bocah Asisten berumur 6 tahun, Nenek Limun tak hanya sukses menemukan pelaku pembunuh bayi. Ia pun menemukan fakta-fakta mengejutkan tentang masyarakat Desa Doran, termasuk praktik korupsi nan tersembunyi.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Lemonade Granny

Pros & Cons

Pros

  • Desain sampul kitab nan menarik sehingga menarik perhatian pembaca untuk membeli, meskipun cerita dalam kitab ini tidak seperti kreasi sampul bukunya nan manis.
  • Cerita misteri nan menegangkan membikin pembaca terlarut dan terpikat pada alur cerita nan ada dalam kitab ini.
  • Plot twist cerita nan susah ditebak, membikin pembaca semakin penasaran dengan akhir dari cerita ini.
  • Jumlah laman nan cukup sedikit dibandingkan dengan novel-novel llainnya. 

Cons

  • Pembawaan cerita nan beralih-ubah kadang-kadang menggunakan narator, dan kadang-kadang menggunakan karakter dalam cerita, nan menyebabkan kebingungan pembaca mengenai siapa nan sedang bercerita.
  • Gaya cerita nan kurang mengesankan dan terlihat amatir.
  • Pembaca perlu menyiapkan diri secara mental lantaran kitab ini mengandung konten nan sangat sensitif. Beberapa pembaca mungkin merasa tidak nyaman dengan perihal ini.
  • Karena adanya konten nan sensitif kitab ini tidak dianjurkan untuk pembaca berumur dibawah 21 tahun. 

Kelebihan Buku Lemonade Granny

Buku Lemonade Granny karya Hyun I Rang ini mempunyai sejumlah kelebihan nan membuatnya cukup menonjol di antara buku-buku aliran misteri lainnya. Desain sampul nan menarik dan eye catching merupakan daya tarik pertama bagi pembaca untuk membeli kitab ini, dengan sekali pandang, sampul kitab ini dapat menarik pembaca untuk menjelajahi lebih jauh isi ceritanya.

Cerita misteri nan disajikan dalam kitab ini tidak seperti kebanyakan cerita misteri pada umumnya, Hyun I Rang sukses menghadirkan alur nan sangat menegangkan dan mencekam, nan tidak hanya membikin pembaca terlarut dalam ceritanya, tetapi juga menjaga pembaca untuk tetap terlibat dalam setiap halaman. Intrik nan kompleks, karakter nan dalam, setting cerita nan tidak biasa, membikin pembaca terus terlarut pada cerita nan dinarasikan oleh penulis, narasi nan dibawakan sangat cocok untuk diadaptasikan ke film.

Plot twist nan susah ditebak dan ending nan sangat memuaskan. Hyun I Rang sukses memainkan kedua komponen ini untuk membingungkan pembaca dan mempertahankan ketegangan hingga akhir cerita. Ketika akhirnya misteri sudah terungkap, pembaca bakal disajikan dengan ending nan memuaskan dan mengenyangkan rasa mau tahu mereka.

Terakhir, jumlah laman nan terbilang cukup sedikit dibandingkan dengan novel-novel lainnya juga menjadi salah satu kelebihan dari kitab ini. Hal ini menjadikan kitab ini menarik bagi pembaca nan tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca.

Kekurangan Buku Lemonade Granny

Meskipun kitab Lemonade Granny mempunyai beberapa kelebihan nan cukup banyak, tetapi kitab ini juga mempunyai beberapa kekurangan nan dapat mempengaruhi pengalaman pembaca dalam membaca kitab ini. Kekurangan pertama nan ada dalam kitab ini adalah pembawaan cerita nan beralih-ubah antara narator dan perspektif pandang pertama karakter dalam cerita. Hal ini membikin pembaca merasa bingung, siapa nan sebenarnya sedang bercerita. Pembawaan cerita nan beralih-ubah ini cukup mengganggu keseluruhan alur cerita lantaran pembaca kudu membaca dua kali sebelum tau siapa nan sedang membawakan cerita.

Gaya penulisan dalam cerita ini juga terkesan kurang mengesankan dan terlihat amatir. Penyampaian cerita nan alur sebenarnya menarik menjadi kurang menarik lantaran style penulisannya nan datar dan kurang ekspresif. Hal ini mengganggu keseluruhan kualitas cerita nan semestinya dapat menarik dari awal hingga akhir.

Selain itu, keberadaan konten nan sensitif dalam kitab ini menjadi salah satu poin kekurangan lainnya. Pembaca diharuskan menyiapkan mental nan kokoh lantaran beberapa bagian dalam kitab ini mengandung materi nan mungkin bakal menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian pembaca. Hal ini dapat mengurangi daya tarik kitab bagi sebagian pembaca nan memilih untuk menghindari konten-konten nan sensitif.

Konten sensitif nan dapat ditemukan dalam kitab ini juga membuatnya tidak cocok untuk pembaca nan berumur dibawah dua puluh satu tahun. Konten sensitif nan ada didalam kitab ini terlalu berat untuk pembaca muda nan belum cukup matang secara emosional alias mental.

Pesan Moral Buku Lemonade Granny

Pada dasarnya, kitab ini juga merupakan corak kritik sosial kepada masyarakat, terutama terhadap perlakuan kepada lansia dan penderita demensia secara umum. Walaupun tipis, kitab ini juga membahas banyak hal-hal sensitif nan terjadi di kehidupan nyata, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan pada anak kecil, kesenjangan sosial antar mereka nan kaya dan mereka nan hidupnya pas-pasan, pesan ini diceritakan oleh pengarang lewat kos-kosan nan tidak mewah dan juga budaya dimana mereka nan tinggal di kos-kosan sederhana ini tidak boleh mandi di tengah malam lantaran bakal menimbulkan bunyi air nan berisik, bisa diprotes sama tetangga.

Selain topik di atas ada juga pembahasan tentang penggunaan obat terlarang, dan juga aborsi. Semua perihal di atas dibahas oleh penulis secara terang-terangan tanpa disaring terlebih dahulu. Namun demikian, walaupun pilihan tema nan diangkat dalam cerita ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian pembaca lantaran topik nan terbilang cukup sensitif, kitab ini mengandung pesan moral nan disampaikan secara tersirat oleh penulis melalui cerita nan disajikan. Pesan moral dalam kitab ini, ialah untuk membikin kita lebih peka lagi terhadap lingkungan di sekitar kita, terutama dalam memperlakukan lansia alias penderita demensia dengan baik dan sabar. Lebih bijak lagi dalam berbaur dan menjauhi hal-hal negatif dalam hidup seperti obat-obatan terlarang dan aborsi.

Grameds, itu dia sinopsis, ulasan, dan pesan moral dari novel Lemonade Granny karya Hyun I Rang. Apakah Anda sudah siap membaca novel thriller nan sangat mencekam ini? Yuk langsung saja dapatkan novel ini hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Silent Demon

silent demon

Bagi Anda para pecinta novel bergenre kriminal, mungkin sudah tidak asing lagi dengan novel nan satu ini. Novel Silent Demon adalah karya dari Fino Yurio K., seorang novelis dan jurnalis. Novel Silent Demon menjadi salah satu novel bergenre pidana asal Indonesia, nan disandingkan dengan novel aliran pidana dari luar negeri.

Novel ini diterbitkan pada bulan September 2021 oleh penerbit Elex Media Komputindo. Novel Silent Demon mengangkat tentang penyelidikan kasus pembunuhan nan dilakukan oleh seorang detektif berjulukan Sugi. Detektif Sugi tidak mengira sama sekali jika pembunuhan seorang wanita bule di stasiun MRT Jakarta mengarah kepada situasi nan sangat berbahaya. Ibu kota rupanya terancam oleh pandemi virus nan mematikan. Bersama detektif Laura, detektif Sugi kudu berkejaran dengan waktu untuk menangkap pelaku nan susah ditangkap itu, alias malapetaka besar tak bakal bisa dihindari.

The Night Swim

the night swim

Sejak siniar kejahatan nyata asuhannya melejit dan membebaskan seorang laki-laki nan tidak bersalah, Rachel Krall menjadi angan terakhir bagi orang-orang pencari keadilan. Publik hanya mengetahui suaranya sehingga Rachel terkejut ketika ada seseorang nan meletakkan catatan di kaca mobilnya untuk meminta support Rachel. Musim baru siniar Rachel telah membawanya ke Neapolis, sebuah kota mini nan pendirian warganya terbelah dua oleh persidangan pemerkosaan nan mengusik semua pihak. Seorang pemuda nan yang diharapkan berkompetisi sebagai atlet renang unggulan di Olimpiade dituduh memperkosa cucu wanita mantan kepala polisi Neapolis.

Sementara itu, Rachel terus-menerus menerima surat misterius. Ada seseorang nan mengikutinya dan tidak bakal berakhir sampai dia menyelidiki apa nan terjadi pada Jenny Stills 25 tahun lalu. Gadis itu dinyatakan tewas lantaran tenggelam, tetapi surat-surat itu bersikeras bahwa Jenny dibunuh. Masa lampau dan masa sekarang mulai beririsan ketika Rachel mengungkapkan hubungan mengejutkan antara kedua kasus. Pengungkapannya bakal mengubah arah persidangan dan kehidupan semua orang nan terlibat.

Teka Teki Rumah Aneh

teka teki rumah aneh

Seorang kenalan mau membeli rumah seken di Tokyo dan memperlihatkan skema rumahnya padaku lantaran merasa ada nan ganjil. Sekilas, rumah ini terlihat seperti rumah-rumah lain pada umumnya dengan interior nan luas dan terang. Namun, ketika mencermatinya baik-baik, saya mendapati bahwa memang ada keanehan di sana-sini. Keanehan demi keanehan itu bertumpuk, kemudian terjalin membentuk satu “kenyataan”. Kenyataan nan teramat sangat mengerikan, dan sama sekali tidak mau kupercaya.

Masalah nan Diceritakan Seorang Kenalan Saat ini, saya berprofesi sebagai penulis lepas ahli occult— hal-hal gaib. Tuntutan pekerjaan membuatku kerap bersenggolan dengan cerita hantu maupun pengalaman mistis. Dan di antaranya, saya paling sering mendengar cerita supranatural nan terjadi di ”rumah”.

”Aku mendengar bunyi langkah di lantai dua, padahal di sana tidak ada orang.”

”Rasanya seperti ada nan memperhatikanku waktu saya berada di ruang tamu sendirian.”

”Terdengar bunyi orang bicara dari dalam lemari.”

Tak terhitung banyaknya kisah-kisah mengenai gedung nan dibayangi sejarah kelam. Namun, cerita tentang ”rumah” nan kudengar pada waktu itu agak berbeda dari cerita-cerita serupa lainnya.

Sumber: 

https://www.goodreads.com/book/show/75392795-lemonade-granny?from_search=true&from_srp=true&qid=LHftGa4eqE&rank=1

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog