Review Buku Lofarsa Karya Rofenaa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds apakah Anda pernah merasakan ketika Anda tidak pernah mempunyai pengalaman berasosiasi dengan musuh jenis dalam hubungan pacaran namun tiba-tiba kudu dihadapkan dengan perjodohan nan dibuat oleh ayahnya sendiri. Novel Lofarsa menceritakan tokoh Najmi seorang gadis dan Adibya seorang laki-laki nan dikenalkan oleh ayah Najmi.

Buku Lofarsa ini awalnya merupakan khayalan penulis nan merangkai kata-kata hingga alur pikirannya melalui Twitter dalam corak Alternate Universe (AU) hingga cerita Lofarsa ini menjadi dikenal banyak orang dikalangan pecinta AU. Hingga akhirnya cerita AU Lofarsa ini dilamar oleh banyak penerbit untuk diluncurkan dalam corak bentuk seperti novel. Lofarsa sukses dipilih oleh Cloud Books dengan perjanjian perjanjian selama 5 tahun.

Nah Grameds, apakah Anda penasaran dengan cerita Najmi dan Adibya? Sebelum menikmati seluruh novelnya Anda bisa membaca beberapa ulasan mengenai Novel Lofarsa pada tulisan di bawah ini.

Sinopsis Buku Lofarsa

Minta dijodohkan sebenarnya bukan rencana kehidupan masa depan Najmi Desra namun sayangnya sang Papi malah mengamini permintaan dia nan sebenarnya hanya usil belaka. Najmi Desra adalah wanita 23 tahun nan kudu memilih 1 diantara 3 kandidat laki-laki pilihan Ayahnya nan menurutnya memenuhi kriteria.

Cerita ini tidak hanya bercerita mengenai percintaan namun juga mengenai pertanyaan nan mendalam mengenai jodoh, kepercayaan diri dan kesempatan kedua.

Nasib Najmi Desra kudu bersambung ke tempat kerja, saat pengumuman letak penempatan program training Najmi ditempatkan di sebuah firma norma terkenal ialah Khairul Bahar Law Firm Association nan juga menampilkan namanya. Kantor itu rupanya juga merupakan instansi salah satu kandidat jodohnya bekerja ialah Adibya Lofarsa nan akhirnya sukses mencuri semua perhatian Najmi Desra. Adibya Lofarsa merupakan laki-laki nan umurnya lebih tua daripada Najmi Desra ialah berumur 25 tahun menuju 26 tahun dan mempunyai berjuta pesona nan mengagumkan.

Lika-liku kisah cintanya terjadi semakin hangat

“Lo tulus engga sih dijodohin sama gue?!” Sebuah serangan ketidakpercayaan diri nan lagi-lagi menerjang mental Najmi. Dengan seluruh rasa dan percaya nan dimiliki Adibya maka pemuda itu mengatakan “Saya tulus dijodohkan dengan kamu. Dan untuk perihal mencintaimu, saya hanya butuh tiga hari. Hari kemarin, hari ini dan hari esok.”

Tentang Penulis Buku Lofarsa

Buku ini ditulis oleh Rofenaa seorang penulis nan sudah menyukai bumi ini dari dirinya tetap remaja, Rofenaa sendiri menyukai menulis cerita fiksi dan novel ini merupakan salah satu karya terbarunya nan sudah mengalami peningkatan. Rofenaa adalah nama pena nan tercipta dari penyingkatan nama aslinya nan panjang.

Untuk username di media sosial dia menggunakan Ebbyliebe nan mempunyai makna nan cukup dalam ialah Ebbyy adalah nama panggilan sehari-hari dan Liebe merupakan cinta dalam Bahasa Jerman. Jadi nama username media sosialnya ini mengartikan sebuah pengungkapan cinta terhadap diri penulis sendiri.

Rofenaa sendiri sudah suka menulis sejak SD meski hanya menulis diary alay nan akhirnya dibaca oleh orang dirumah. Remaja jompo penikmat playlist angkot jedag-jedug remix ini akhirnya mulai menulis cerita fiksi sekitar tahun 2016 hingga saat ini. Lofarsa ini adalah karyanya nan pertama nan akhirnya dijadikan buku. Dulu Rofenaa pernah mencoba self publishing dan berhujung tidak puas lantaran penulisannya nan tetap jauh dibawah rata-rata namun sekarang sudah mengalami peningkatan dan perkembangan pesar.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Lofarsa

Pros & Cons

Pros

  • Dituliskan dengan alur nan ringan dan mengalir
  • Penggambaran setiap karakter nan mendalam
  • Menyajikan bentrok eksternal dan internal
  • Menggambarkan proses penemuan jati diri
  • Terdapat beberapa ilustrasi dari para tokoh

Cons

  • Halaman kitab terlalu tebal dan dapat diringkas kembali
  • Menggunakan bahasa nan puitis dan baku

Kelebihan Buku Lofarsa

Buku ini dituliskan dengan alur nan ringan dan mengalir. Seluruh perbincangan dalam ceritanya juga memikat para pembaca sehingga menimbulkan dinamika antara cerita dan pembacanya melalui Najmi dan Adibya dengan sangat baik.

Selain itu penulis juga menggambarkan setiap karakter sesuai dengan perannya masing-masing dan dapat diterima dengan baik dengan pembaca. Contohnya adalah karakter utama ialah Najmi nan digambarkan sebagai gadis nan kuat tapi juga rapuh, Najmi terjebak dalam perang jiwa antara keinginannya untuk menemukan cinta sejati dan ketakutannya mengenai kegagalan dalam suatu hubungan. Kemudian sosok Adibya nan merupakan sosok nan penuh dengan pesona dan berkarisma namun rupanya mempunyai sisi lembut dan sensitif nan banyak orang tidak mengetahuinya. Karakter nan digambarkan terasa penuh namun tidak mengganggu jalannya cerita.

Buku ini menyajikan konflik-konflik nan tidak hanya datang dari eksternal pada masing-masing tokoh namun juga berasal dari internal masing-masing tokoh seperti banyak pertanyaan mengenai “Apakah saya layak dicintai?” “Apakah saya sungguh mencintai orang ini?” Seluruh pertanyaan ketidak percayaan diri dan keraguan ini menambah emosional dalam diri pembaca. Sehingga pembaca seakan-akan ikut merasakan juga.

Novel ini juga menggambarkan proses penemuan jati diri nan kita dapat ambil maknanya dari tokoh Najmi itu sendiri nan awalnya terjebak dalam kebingungan dan ketakutan mengenai masa depan hingga akhirnya menemukan keberanian untuk menggapai dirinya sendiri dan menemukan cinta sejatinya.

Buku ini juga dilengkapi beberapa ilustrasi mengenai para tokoh nan diceritakan pada kitab Lofarsa ini. Ilustrasi ini membantu para pembaca juga membayangkan visual dari para tokoh dan semakin mendalami cerita dan emosi dari kitab ini.

Kekurangan Buku Lofarsa

Grameds, ada kelebihan tentu ada kekurangan dari kitab Lofarsa ini, Buku ini mempunyai 464 laman dan 31 bab nan bakal menceritakan mengenai kisah Najmi dan Adibya ada beberapa alur dan scene yang tidak perlu ditampilkan dan bisa diringkas menjadi beberapa laman lebih tipis.

Buku ini dituliskan dengan bahasa sastra nan cukup puitis dan baku sehingga untuk beberapa pembaca maka kitab ini bakal susah untuk dipahami. Namun bahasa nan puitis ini sebenarnya menambah rasa romantis dalam kitab Lofarsa.

Penutup

Nah Grameds, itu dia adalah beberapa ulasan singkat mengenai novel Lofarsa. Novel ini cocok untuk Anda nan mau mencari cerita romansa nan memikat dan menggugah emosi. Novel ini juga bisa Anda baca jika mempunyai waktu senggang untuk mengisi waktu lantaran ceritanya nan ringan.

Jika Grameds tertarik membaca kitab ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias toko kitab Gramedia terdekat di kotamu.

Gramedia senantiasa menjadi #SahabataTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan kitab nan berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Tempat Paling Liar di Muka Bumi

Tempat Paling Liar di Muka Bumi

Sekali lagi kita menemukan asin laut, putih pasir, kembang karang, dan keindahan-keindahan lain nan membentuk kehidupan di Timur Indonesia dalam puisi. Theo dan Weslly telah menjelaskan dengan sangat baik kepada kita gimana jatuh cinta dan mencintai bisa begitu ajaib dan berbahaya. – Irfan Ramli, penulis skenario movie Cahaya dari Timur; Beta Maluku Tempat Paling Liar di Muka Bumi meliarkan khayalan tentang jiwa-jiwa nan sedang jatuh cinta. nan berani membabi buta mencinta. nan saling memuja dan tak peduli apakah ada iri dari mereka nan belum menemukan jenis cinta paling liar. Tapi, jangan memendam iri, karena sebagaimana kata Theo dan Weslly, manusia semestinya tak hanya pandai jatuh cinta, tetapi juga terus mengusahakan cinta. Semoga usaha-usaha itu berbuah cinta, sebuah tempat paling liar di muka bumi.

Buku “Tempat Paling Liar di Muka Bumi” memuat kumpulan puisi nan ditulis oleh Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes. Dikemas dengan tampilan sampul nan cantik, isi kitab ini pun tak kalah menarik untuk dibaca dan diselami.

Metropop: Jakarta Rock ‘N’ Roll

 Jakarta Rock 'N' Roll

Buku Metropop: Jakarta Rock ‘N’ Roll ini bergenre romansa. Menceritakan kisah cinta nan dialami Betari, Kunang, Arung, dan David. Buku ini hanya dapat dibaca oleh orang dewasa lantaran menceritakan kisah cinta nan dialami oleh orang dewasa. Tidak diperuntukkan untuk dibaca oleh anak-anak. Jakarta merupakan kota sejuta kesempatan dan harapan, tempat para ilusionis menggantungkan segala cita. Betari berkhayal, suatu hari dia bakal membangun gedung pagelaran seni sekelas Broadway di Jakarta. Arung mempunyai mimpi nan sama dan berjanji bakal bersama-sama mewujudkannya. Sayangnya, mimpi kedua insan nan dilanda asmara itu seketika melebur ketika Kunang, istri Arung, menguak perselingkuhan mereka. Arung mencintai Betari tanpa mengurangi cintanya pada Kunang. Namun, dia bakal kehilangan jika berupaya menggenggam keduanya secara bersamaan. Bagaimanapun hatinya tidak bisa memilih. Mencintai Arung tak membikin Betari rela menjadi nan kedua. Terlebih ketika David datang menjanjikan cinta nan satu untuknya. Bersama David segalanya terasa lebih ringan dijalani, hingga kebenaran dari masa lampau mengguncang hubungan mereka. Apa nan terjadi pada hubungan David dan Betari? Simak kelanjutan ceritanya hanya di kitab ini!

Metropop: Ours

 Ours

Latar belakang family nan berbeda tak lantas membikin Prita dan Andi berdebat panjang saat obrolan tentang anak. Sebelum menikah, mereka sudah bermufakat untuk hidup tenang dan tenteram berdua saja sampai tua. Mereka bahagia. Sayangnya, prinsip mereka dianggap melenceng oleh family Andi nan konservatif. Prita dianggap melawan kodrat. Beberapa perkataan dan perilaku personil family Andi membikin pasangan itu mengelus dada. Situasi di sekitar mereka semakin mengancam. Kenzo, rekan kerja Prita, mulai terang-terangan mendekatinya. Belum lagi ibu nan menelantarkan Prita sejak kecil, tiba-tiba menuntut perhatiannya. Kedai kopi nan terancam ambruk pun menguras pikiran Andi. Keduanya tidak ingat lagi langkah berbahagia. Komunikasi di antara mereka mulai terhambat. Namun, rumah tangga mereka terasa begitu riuh lantaran mulai terdengar bunyi orang lain. Kehidupan Prita dan Andi pun tak lagi hanya milik berdua.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog