Review Buku Love Eve

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Novel menjadi salah satu jenis referensi nan banyak diminati oleh beragam kalangan, termasuk remaja. Novel-novel nan dinikmati para remaja biasanya termasuk dalam aliran teenlit alias young adult. Novel young adult ini menceritakan kisah-kisah remaja nan ringan dan menghibur, namun tetap mempunyai pesan mendalam dan isi nan tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan novel sastra lainnya. Cerita-cerita dalam novel young adult sering kali mencakup percintaan masa remaja nan kocak dan menggemaskan, nan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari pembaca sehingga mudah untuk dihubungkan dengan pengalaman pribadi mereka.

Salah satu contoh novel dalam aliran young adult adalah Love Eve. Novel ini mengisahkan perjalanan cinta dua remaja, Alegra Mahajana dan Naura Izzati, dengan latar belakang kehidupan sekolah menengah. Alegra berada di bangku akhir SMA, dan kisah cinta mereka penuh dengan momen kocak dan menggemaskan nan membikin pembaca tersenyum. Love Eve cocok untuk mereka nan mencari referensi ringan nan tetap memberikan intermezo dan pesan moral.

Love Eve

button cek gramedia com

Love Eve membujuk pembaca untuk menyelami dinamika hubungan remaja nan penuh dengan lika-liku dan kejutan. Bagi Anda nan sedang mencari referensi nan dapat membawa kembali kenangan masa sekolah alias sekadar mencari intermezo nan menggemaskan, Love Eve adalah pilihan nan tepat. Ulasan positif dari pembaca lain juga menegaskan bahwa novel ini layak untuk dibaca dan dinikmati. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan membaca Love Eve, berikut adalah beberapa ulasan singkat mengenai kitab ini beserta sinopsisnya. Jadi, siapkan dirimu untuk terhanyut dalam kisah cinta nan manis dan menyentuh hati ini.

Sinopsis Buku Love Eve

Love Eve

button cek gramedia com

Novel ini menceritakan mengenai Alegra Mahajana alias biasa dipanggil Ale, dia menyukai musik apalagi dapat dikatakan bahwa separuh dunianya adalah musik. Ale sangat jago dalam bermain musik selain itu dia juga pandai membikin lagu dan bernyanyi. Namun dalam bidang kuliah, Ale sendiri adalah mahasiswa Sastra Indonesia, sungguh berbeda dengan apa nan dia minati. Awalnya Ale juga merasa dia sepertinya salah bidang namun rupanya tanpa dia sadari dia juga menyukai menulis.

Disisi lain ada seorang wanita nan berjulukan Naura Izzati  nan biasa dipanggil Naura. Naura adalah wanita nan suka sekali mendengarkan lagu, menulis tulisan nan tidak berfaedah dan mengobrol dengan banyak orang. Naura mempunyai selera musik metal dan saat ini dia duduk di bangku akhir SMA dan bakal melanjutkan studinya di bidang Sastra Indonesia. Naura mempunyai blog nan rupanya ditujukan untuk tulisan-tulisannya nan tidak bermanfaat, Bahkan Naura sempat mengunggah “5 Alasan dia hidup” pada blog pribadinya dan nan terakhir membikin kita tercengang. Naura juga sangat suka dengan puding mangga buatan ibu apalagi bisa menghabiskan 2 loyang sendiri.

Naura sering membantu ibunya untuk mengantarkan catering ke pelanggan. Pertemuan Ale dan Naura pun terjadi disana. Ternyata Ale vokalis band ini suka sekali memilih-milih makanan dan catering langganan Ale adalah catering ibu Naura. Sebelum mereka berjumpa rupanya Naura sudah ngefans sama Ale dan band nya ialah Eve.

Pertemuan itu membikin hari-hari Naura dan Ale penuh warna dan perlahan menumbuhkan cinta. Namun sayangnya Ale mempunyai kisah percintaan masa lampau nan membikin sakit hatinya itu sangat dalam. Naura datang membawa bayang-bayang Nirvana Jasmine. Nirvana Jasmine adalah mantan kekasih Ale, Ale kehilangan seseorang nan dia sayangi dan ketika mantan Ale itu tiada, Ale pun seperti laki-laki nan kehilangan separuh dunianya dan Nirvana Jasmine adalah argumen Ale menciptakan lagu-lagunya.

Lalu gimana dengan hubungan Naura dan Ale? Akankah Naura lebih baik jadi fans Ale alias jadi pengantar catering atau menjadi seseorang nan Ale cintai dengan gambaran masa lalu?

Kelebihan dan Kekurangan Buku Love Eve

Love Eve

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Halaman kitab ini tidak tebal sehingga pembaca dapat membacanya dengan cepat
  • Alur cerita dan narasinya santuy sehingga tidak membikin pembaca jenuh
  • Konflik nan dihadirkan tidak berat dan tetap relate dengan kehidupan nyata
  • Tata penulisan nan menarik dan rapi
  • Terdapat beberapa tambahan gambar nan mempercantik isi novel
  • Tidak hanya cinta namun novel ini menceritakan mengenai keluarga
  • Cover bukunya aesthetic dan cantik
  • Ceritanya sempat diminati di media sosial Twitter dalam corak AU

Cons

  • Masih terdapat beberapa kesalahan ketik namun tetap bisa dibaca dan tidak mengganggu

Kelebihan Buku Love Eve

Love Eve

button cek gramedia com

Buku ini dituliskan tidak terlalu tebal hanya 252 laman sehingga pembaca tidak perlu berlama-lama untuk menghabiskan cerita Naura dan Ale ini. Selain lantaran jumlah laman nan tidak terlalu banyak, alur cerita dan narasinya santuy sehingga tidak pembaca tidak bakal terasa jenuh dan bosan. Selain itu penulisnya juga mempunyai style penulisan sendiri nan unik dan membikin kita ikut merasakan apa nan sedang terjadi di dalam buku.

Untuk bentrok nan muncul dalam novel ini tidak terlalu berat sehingga sangat cocok untuk Anda nan mau membaca novel dengan cerita nan ringan. Penyelesaian konfliknya juga sigap sehingga ceritanya tidak bakal berlarut dalam bentrok terus.

Buku ini juga mempunyai tata penulisan nan menarik dan terlihat rapi. Didalam kitab ini bakal ada beberapa gambar seperti gitar, hati dan lain-lain. Gambar-gambar ini bakal semakin menambah keelokan kitab dan sehingga isinya tidak semua tulisan. Buku ini juga menggabungkan dua warna nan serasi ialah pink dan hitam dan dipadukan dengan gambar-gambar nan ada didalamnya.

Buku ini tidak hanya berfokus pada kisah percintaan Naura dan Ale namun juga ada cerita mengenai family di dalamnya nan hangat dan lucu. Seperti hubungan Naura dan Orangtuanya.

Selain itu cover buku pada novel Love Eve ini super aesthetic dengan paduan warna pink dan hitam dan aksen-aksen nan unik ditambah dengan gambar dua orang nan menggambarkan Naura dan Ale.

Novel ini juga awalnya berasal dari cerita AU alias Alternate Universe yang ada di media sosial Twitter. Cerita ini kemudian diadaptasi dalam corak bentuk ialah novel. Tentu sudah tidak perlu diragukan lagi jalan ceritanya lantaran cerita ini sudah sempat dibaca oleh banyak orang.

Kekurangan Buku Love Eve

Love Eve

button cek gramedia com

Ada beberapa kesalahan ketik alias typo nan ditemukan dalam teks ini. Meskipun demikian, kesalahan-kesalahan tersebut tidak cukup mengganggu alur cerita secara keseluruhan. Pembaca tetap dapat menikmati dan memahami cerita dengan baik tanpa terganggu oleh typo tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa narasi dan struktur cerita cukup kuat untuk mempertahankan perhatian pembaca, meskipun ada beberapa kekurangan teknis. Namun, bakal lebih baik jika kesalahan-kesalahan tersebut diperbaiki di masa mendatang.

Memperbaiki typo dan kesalahan ketik lainnya bakal meningkatkan kualitas keseluruhan teks dan memberikan pengalaman membaca nan lebih mulus dan menyenangkan. Koreksi nan teliti juga mencerminkan perhatian penulis terhadap perincian dan komitmen untuk menyajikan karya terbaik kepada pembaca. Semoga kedepannya penulis dapat lebih memperhatikan aspek ini dan menghindari kesalahan-kesalahan serupa.

Dengan demikian, kualitas tulisan bakal semakin meningkat dan bisa memberikan akibat nan lebih besar serta kepuasan maksimal bagi para pembaca. Dukungan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas karya tulis ini sangat diharapkan, agar setiap cerita nan disajikan bisa dinikmati dengan sepenuhnya tanpa gangguan apapun.

Penutup

Love Eve

button cek gramedia com

Nah, Grameds, demikianlah ulasan singkat tentang kitab Love Eve. Novel ini cocok bagi Anda nan sedang mencari referensi nan menarik dan juga ringan. Kamu bisa membaca novel ini hanya dengan sekali duduk dan novel ini termasuk novel nan menghibur.

Jika Grameds tertarik membaca kitab ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com alias toko kitab Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan kitab nan berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Young Adult: Memutar Ulang Waktu

 Memutar Ulang Waktu

button cek gramedia com

“Jika Anda bisa kembali ke masa lampau dan mengubah sejarah hidupmu, apakah hidupmu sekarang bakal berubah menjadi lebih baik?” Shella sering berambisi bisa memutar ulang waktu untuk memperbaiki pilihan-pilihan hidupnya dan mengubah keputusan-keputusannya. Hingga kesempatan itu datang… Seorang laki-laki tua misterius mengatakan dia bisa mewujudkan kemauan Shella. Ia kembali ke masa lalu. Akhirnya Shella memutuskan mengubah hidupnya nan monoton, memperbaiki ekonomi keluarganya, dan menemukan kekasih nan tepat untuknya. Tapi, apakah sesungguhnya Shella sukses mengubah hidupnya menjadi lebih baik? Atau justru semakin berantakan?

Young Adult: Departure

 Departure

button cek gramedia com

Awalnya seperti terlihat sederhana, Kai membantu Gifty untuk mengumpulkan poin-poin demi syarat kelulusan, tapi permasalahannya Gifty sudah terlambat satu tahun untuk mengumpulkan poin-poin, jadi di tahun keduanya kudu bekerja keras mengumpulkan poin-poin. Gifty sangat membenci Lei Han. Sejak menginjakkan kaki di Foshan, dia langsung menyusun rencana untuk menghancurkan hidup putra tunggal pemilik perusahaan software terbesar di Cina itu. Gifty sudah menyiapkan perangkap dengan matang, meski kudu mengorbankan perihal krusial di hidupnya. Lei Han selalu menjaga Gifty dari jauh. Melindungi gadis itu menjadi prioritasnya di sela-sela aktivitas kuliah dan upaya nan baru dirintis. Akan tetapi, Gifty terlanjur berprasangka jelek terhadapnya. Satu-satunya langkah menepis kesalahpahaman itu dengan masuk ke perangkap Gifty. Secara tak terduga, Lei Han menawari Gifty menjadi asisten pribadi pemuda itu. Tentu saja gadis itu tak menolaknya lantaran dia bisa mengetahui kelemahan Lei Han dan langsung menghancurkan hidup pemuda itu. Sementara itu, Gifty mengenal Jin Ru sebagai orang nan membeli cemilan di toko makanan tempat dia bekerja namun tidak membayar. Karena sebuah kejadian, mereka kudu bekerja sebagai asisten-asisten Lai Han, si pewaris tunggal. Namun, nan menarik adalah bahwa mereka bertiga mempunyai kesukaan nan sama terhadap Lai Han, ialah sama-sama membenci Lai Han, dan Lai Han tau itu. Jika mereka berpikir untuk menjadi asisten Lai Han bakal memudahkan mereka mencari-cari kelemahan Lai Han, lantaran mereka tidak bakal menemukan itu. Tapi nan terpenting. Hal apa nan membikin mereka bertiga menuntut Lai Han?

Young Adult: Two Souls

 Two Souls

button cek gramedia com

Sejak tahu dirinya adalah seorang Victer, keturunan Dewa Dionysus nan bisa membangkitkan jiwa-jiwa dari kematian, Arlesta menutup pintu hatinya dari bumi luar. Tetapi, keadaan berubah ketika dia berjumpa Nick, pianis tampan berkarakter dingin nan familier baginya. Dunianya nan tak berwarna seketika jungkir-balik dan dipenuhi banyak rasa. Namun, kebahagiaan itu berakhir ketika Arlesta tahu sahabat baiknya juga menyukai Nick. Juga saat dia menemukan realita kekuatannya tak dapat menyelamatkan nyawa Nick nan terancam. Akankan jiwa mereka menemukan jalan untuk bersama? Atau rahasia masa lampau justru memisahkan keduanya?

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog