Review Novel A Dan Z Karya Erlis Kurniyanti

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Rating: 3.64

A Dan Z adalah sebuah novel nan ditulis oleh Erlis Kurniyanti, seorang penulis muda asal Indonesia. Ia mulai aktif menulis di Wattpad sejak tahun 2017. Kisah ini pun pada awalnya diunggah di akun Wattpad Berliana nan berjulukan @erliskurni_. Kisah ini sangat digemari oleh banyak orang, dibuktikan dengan sudah dibaca sebanyak 23.8 juta kali dan mendapatkan 2.5 juta votes. Novel dengan 376 laman nan diterbitkan oleh Penerbit Cloud Books pada 13 Juni 2023 ini merupakan jenis spesial nan memuat kisah nan pastinya memukau. Novel ini bakal menyajikan cerita perjalanan cinta Abyan dan Zara.

A Dan Z

button cek gramedia com

Bagi Zara Nindiatama, Abyan bukanlah sosok laki-laki impiannya. Pria nan lebih tua delapan tahun darinya ini sangat ketat dalam perihal agama. Hal ini membikin Zara, nan tetap mau menikmati masa mudanya, merasa tidak nyaman.

Perjodohan nan telah diatur oleh kakeknya dan kakek Abyan memaksa Zara menerima realita bahwa dia kudu menikah dengan Abyan. Sebenarnya, bukan Zara nan semestinya menikah dengan Abyan, tetapi adik kembar tidak identiknya, Fara Anindita. Apakah Zara bisa menerima Abyan Khayri Atharrazka dalam hidupnya? Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Mari ikuti cerita lengkapnya dalam novel A dan Z karya Erlis Kurniyanti! Tapi sebelum itu, baca ulasan kitab ini sampai selesai ya, Grameds!

Profil Erlis Kurniyanti – Penulis Novel A Dan Z

Erlis Kurniyanti, seorang wanita nan lahir di Jakarta pada tanggal 29 Juni, mempunyai darah Jawa Tengah dan Jakarta. Ia berkawan dipanggil Erlis, Lis, Er, alias Bebo. Sebagai anak keempat dari tujuh bersaudara, Erlis sudah doyan berimajinasi dan menulis sejak kelas 5 sekolah dasar. Ia mulai menulis cerita bersambung di laman FB dan pindah ke Wattpad pada tahun 2016.

Erlis mengagumi Gus meskipun menyadari bahwa dirinya bukan seorang Ning. Ia tidak suka menjadi pusat perhatian laki-laki, selain jika nan dibicarakan adalah laki-laki Arab, itu lain cerita. Erlis menyukai es kopi susu, es kopi latte, dan es batu. Pecel ayam adalah makanan favoritnya, dan warna hitam menjadi warna kesukaannya. Erlis lebih suka menulis cerita tentang pernikahan daripada kisah cinta remaja, meskipun dirinya sendiri belum menikah.

Sinopsis Novel A Dan Z

A Dan Z

button cek gramedia com

Bagaimana emosi kalian jika kudu dijodohkan dengan seseorang nan tidak sesuai dengan kriteria pasangan angan kalian? Itulah nan dirasakan oleh Zara.

Namanya Zara Nindiatama, dan dia kudu menerima perjodohan ini dengan terpaksa. Zara bermimpi mempunyai pasangan nan romantis, penyayang, dan memanjakannya, namun siapa sangka dia justru mendapatkan pasangan nan pendiam, tidak peka, cuek, dan dingin?

Ia kudu menikah dengan laki-laki nan tidak dia cintai, Abyan Khayri Atharrazka, alias nan biasa dipanggil Gus Abyan. Sebenarnya, bukan Zara nan semestinya dijodohkan dengan Abyan, melainkan Fara, adik kembar tidak identiknya.

“Abang, boleh kan jika Umma berjumpa Abba sekarang?”

Arshaka menggeleng lemah, air matanya mengalir deras.

“Abang janji sama Umma, jaga adik-adik baik-baik ya? Patuh sama Tante Citra dan Om Farid. Kelak, Abang nan bakal memimpin Pesantren Darussalam, sesuai wasiat almarhum Jiddiy Zaid.”

“Umma, Abang gak bisa..”

“Bisa, Abang pasti bisa jadi pemimpin nan baik. Abang pasti bisa membikin Umma dan Abba bangga.”

Arshaka mengangguk, “InsyaAllah, Umma. Abang bakal menjaga adik-adik dan memegang amanah nan Umma berikan.”

Zara tersenyum bahagia, dia mencium kening Arshaka dengan lembut, “Umma sayang Abang Caka.”

“Abang juga sayang Umma, Umma cinta pertama Abang.”

“Abang Arshaka Nizama Atharrazka adalah cinta pertama Umma dan Abba.”

Pada pukul 3 pagi, Zara terbangun. Ia mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat tahajud.

Setelah berwudhu dan memakai mukena, Zara menuju nakas. Ia mengambil figura foto pernikahan Abyan dan Zara dan mengusapnya dengan lembut.

“Kamu bakal menjadi master nan hebat.” Perkataan Abyan saat itu kembali terngiang.

“Abyan, lihatlah saya sekarang, saya sudah menjadi master nan berkaliber tinggi, seperti nan Anda minta. Aku sudah sukses menyelamatkan banyak nyawa, tapi saya kandas menyelamatkan satu nyawa, ialah kamu, Abyan. Aku kandas menyelamatkan kamu.”

“Abyan, saat usia pernikahan kita menginjak 9 tahun Anda pergi meninggalkan ku untuk selama lamanya , dan sekarang sudah 9 tahun juga saya sendirian tanpa dirimu disampingku, merawat anak-anak tanpa support dari siapa siapa. Tidak mudah, Abyan.

Setiap malam saya selalu merindukan pelukanmu.”

“By, boleh jika saya berjumpa Anda sekarang? Aku sudah tidak bisa lagi menahan kangen ini, rasanya sangat sakit.”

“Maaf lantaran sudah membikin Anda menunggu begitu lama di sana.”

“Selamat 18 tahun pernikahan, suamiku. Aku mencintaimu lantaran kehendak Allah.”

Zara mencium foto itu dengan lembut, tanpa menyadari air matanya telah menetes. Setelah meletakkan kembali foto tersebut, dia memulai shalat.

Selama shalat, Zara sangat khusyu’. Namun, pada rakaat kedua, tubuhnya mulai terasa berat.

Saat sujud terakhir, Zara memejamkan matanya, air mata menetes, dan referensi shalatnya perlahan mulai terdengar berat.

“Laa ilaha illallah,” lirih Zara untuk terakhir kalinya.

Zara telah kembali berbareng Abyan.

Kelebihan dan Kekurangan Novel A Dan Z

A Dan Z

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Premis cerita menarik.
  • Konflik nan intens.
  • Membuat pembaca merasakan beragam emosi.
  • Karakterisasi tokoh dan perkembangan karakter baik.
  • Terdapat hukum Islam dan bulir-bulir kehidupan nan dapat diambil di dalam kitab ini.

Cons

  • Tampilan sampul kurang menarik.
  • Beberapa diksi tidak umum sehingga susah dipahami.

Kelebihan Novel A Dan Z

A Dan Z

button cek gramedia com

Novel A Dan Z karya Erlis Kurniyanti mempunyai banyak kelebihan nan menjadikannya bisa diadaptasi menjadi novel dan best seller. Novel ini memberikan premis cerita nan menarik dan unik, lewat premis cerita nan menarik penulis sukses menarik perhatian pembaca sejak laman pertama.

Konflik nan intens di dalam novel ini juga menjadi poin kelebihan nan sangat mencolok lantaran lewat bentrok nan intens alur cerita di dalam novel ini semakin mendebarkan dan susah untuk ditebak, sehingga membikin pembaca terus terlibat dalam lautan emosi dan rasa penasaran nan selalu mengikuti pembaca untuk menyelesaikan kitab ini. Selain itu, novel ini bisa membikin pembaca merasakan beragam emosi, mulai dari kebahagiaan, kesedihan, hingga ketegangan, menciptakan pengalaman membaca nan mendalam dan menyentuh.

Karakterisasi tokoh dalam novel A dan Z juga dibuat dengan sangat baik. Pembaca dapat memandang gimana tokoh-tokoh utama tumbuh dan berubah seiring berjalannya cerita, sehingga menambah kedalaman dan daya tarik novel ini. Selain itu, Erlis Kurniyanti sukses menyisipkan pelajaran hidup dan hukum Islam dengan langkah nan alami dan tidak menggurui.

Hal tersebut menjadikan novel ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai-nilai pembelajaran nan bermakna. Dengan segala kelebihan ini, novel A dan Z menjadi sebuah karya nan patut diapresiasi dan dinikmati oleh beragam kalangan pembaca.

Kekurangan Novel A Dan Z

A Dan Z

button cek gramedia com

Meskipun kitab A Dan Z ini sukses menyajikan tema kepercayaan Islam dengan kedalaman nan sangat menyentuh hati pembaca, kitab ini tetap mempunyai beberapa kekurangan. Tampilan sampulnya kurang menarik, sehingga mungkin novel ini tidak dapat langsung menarik perhatian calon pembaca untuk membeli kitab ini saat melewatinya. Selain itu, penggunaan beberapa diksi nan tidak umum membikin beberapa bagian cerita susah dipahami, sehingga mengganggu kelancaran membaca dan pemahaman terhadap alur cerita.

Pesan Moral Novel A Dan Z

A Dan Z

button cek gramedia com

Dari novel A Dan Z ini, pembaca bisa memetik pesan moral nan dapat dijadikan pembelajaran. Salah satu pesan utamanya adalah pentingnya menghargai waktu berbareng orang-orang nan kita cintai, lantaran kita tidak pernah tahu kapan waktu kita di bumi bakal berakhir. Hubungan dengan keluarga, sahabat, dan pasangan kudu selalu dijaga dengan baik, dan kita kudu menghargai dan mensyukuri setiap momen nan kita habiskan bersama.

Selain itu, novel A Dan Z ini juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga hubungan dengan Sang Pencipta melalui ibadah. Di tengah segala kesibukan dan tantangan hidup, beragama dan mendekatkan diri kepada Tuhan pasti bakal memberikan kekuatan dan kedamaian batin. Melalui kisah para tokohnya, pembaca diajak untuk selalu ingat bahwa hubungan spiritual nan kuat adalah landasan nan sangat krusial dalam menghadapi beragam ujian kehidupan.

Nah Grameds, itu dia sinopsis, ulasan, dan pesan moral dari novel A Dan Z karya Erlis Kurniyanti. Yuk baca sendiri kisah nan penuh haru ini dengan membaca kitab ini nan bisa Anda dapatkan hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Lintang Hukum

Lintang Hukum

button cek gramedia com

“Kebakaran!” Seruan dari penduduk sukses menarik perhatian setiap rumah nan berdekatan dengan aroma asap nan menyengat. Banyak penduduk berceceran keluar untuk memandang sebuah rumah berlantai dua terbakar dengan api nan terus membesar. Ada nan berupaya memadamkan dengan seember air, ada nan menelepon pemadam, apalagi ada nan hanya berdiri di sana untuk mengabadikannya lewat kamera ponsel. “Pemadam gak bisa lewat!”

Banyak raga berceceran ke sana kemari untuk segera membantu mobil pemadam nan terjebak di persimpangan jalan. Jalan cukup mini untuk dimasuki mobil damkar nan berkali lipat lebih besar.

“Bantu, bantu, bantu!” teriak salah seorang penduduk di sana.

Seorang anak laki-laki berdiri sendirian di sana, di depan gerbang rumah nan sedang dilahap oleh ganasnya api. Ia menelisik rumah itu tanpa terganggu oleh teriakan penduduk setempat. Kedua netranya menangkap sesosok raga di jendela nan terbuka. Kakinya mulai melangkah dengan gesit, tak memedulikan teriakan siapa pun nan melarangnya untuk segera masuk.

Panasnya api mulai mengenai personil tubuhnya, tapi anak laki-laki ini begitu acuh. Ia terus melangkah untuk segera menyelamatkan raga nan tetap bernapas di dalam sana. Beberapa kali dia menghindari kayu alias objek nan sudah terkontaminasi dengan api. “Ah…,” ringisnya, tapi tetap terus melangkah dengan kaki kecilnya.

Nikola Maldini

Nikola Maldini

button cek gramedia com

Nikola Pramudya Sadeli, si ribut sekaligus juga si pekerja keras nan selalu dihantui oleh mimpi-mimpi jelek akibat kelalaiannya di masa lalu. Pikirannya selalu riuh dengan beragam perihal lantaran dia adalah tipikal manusia nan susah untuk dipahami.

Thalassa Mikha Maldini-seorang penulis serta seniman amatiran nan selalu dituntut oleh ibunya sendiri. Mikha berpikir jika ibunya selalu kandas dalam memahami kemauan dan kondisi anaknya. Tapi tetap saja, semua tuntutan nan dilayangkan sang ibu bakal selalu dia lakukan lantaran enggan dicap sebagai anak durhaka.

Nikola adalah pecinta karya sastra, Mikha juga sama. Tanpa keduanya sadari mereka telah mempunyai keterhubungan satu sama lain. Buku sketsa nan berisi coretan Mikha, pengetahuan Nikola bakal segala hal, lembar-lembar puisi, kata-kata manis nan bisa sampai menggigit bibir, dan juga jerih payah keduanya dalam mencoba untuk menggapai semua keinginannya masing-masing sukses mengukir jalan menuju sebuah mimpi jelek serta keraguan nan kudu segera dimusnahkan.

Hidup kudu terus berjalan. nan kalah gugur, dan nan menang bakal mendapatkan semua keinginannya. Pertanyaannya, apakah Nikola dan Mikha bisa menjadi seorang pemenang?

Douglaslove

4 Masa 1 Mimpi

button cek gramedia com

Javier Gauriel Alexander namanya, anak laki-laki itu justru bergeming setelah mengetahui bahwa dirinya telah dinyatakan lolos seleksi untuk masuk ke SMA bergengsi ini di kotanya, di mana banyak anak dengan sangat senang mau menuntut pengetahuan di sekolah tersebut, namun perihal itu tidak bertindak bagi Javier. Justru tak ada raut bangga ataupun senang di wajahnya, dia memilih untuk membungkam mulut setelah mengetahui dia lolos di SMA Galenta, tepatnya di bidang IPA.

Ranking paralel, olimpiade, dan sosok nan dingin. Tiga perihal nan melekat dalam diri seorang Javier Gauriel Alexander. Hidup Javier dipenuhi dengan tuntutan untuk menjadi sosok nan sempurna dan diharuskan untuk menjadi nan nomor satu oleh papanya. Hal inilah nan membikin Javier menjadi sosok nan dingin, apalagi enggan untuk peduli dengan sekitarnya. Javier nan menikmati kesendirian dan ketenangan hidupnya justru kudu berjumpa dengan sosok Kayra Anggia Jocelyn nan ceria dan begitu aktif berbincang nan menjadi mitra olimpiade matematika bersamanya. Javier nan awalnya selalu bersikap dingin pada Kayra perlahan mulai menunjukkan perhatian-perhatian mini dari tingkah lakunya.

Sumber:

https://www.wattpad.com/user/erliskurni_

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog