Review Novel Ode To The Stars Karya Cecillia Wang

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Ode To The Stars merupakan novel karya Cecillia Wang nan diterbitkan oleh Penerbit Kawah Media pada 14 November 2023. Selain sukses dipajang di rak kitab best seller, cerita Ode To The Stars ini sudah lebih dulu terkenal di platform membaca online, Wattpad, dengan sudah dibaca sebanyak 382 ribu kali (per Mei 2024) di akun @cecilwang. Maka itu, tidak heran jika cerita ini dilirik oleh pihak penerbit dan akhirnya dicetak menjadi novel fisik.

Ode To The Stars

button cek gramedia com

Novel ini bercerita tentang seorang wanita nan tinggal selama bertahun-tahun di rumah sakit sebagai residen. Di sana, dia menemukan sosok master nan Ia kira tidak mempunyai hubungan spesial dengannya. Namun, apa nan dia rasakan setelahnya menunjukkan kebenaran nan sebenarnya tentang cinta.

Novel romansa dengan total 400 laman ini bakal menyajikan kisah cinta orang dewasa, nan dianjurkan untuk dibaca oleh mereka nan sudah cukup umur. Informasi lebih lanjut tentang kitab ini bakal disajikan dalam tulisan ini. Jadi, baca tulisan ulasan ini sampai selesai ya, Grameds!

Profil Cecillia Wang – Penulis Novel Ode To The Stars

Cecillia Wangsadinata alias nan berkawan dipanggil Cecil Wang adalah salah satu penulis nan tetap terbilang muda, produktif, dan sangat berbakat. Cecillia adalah sarjana dari Universitas Pelita Harapan, bidang Hubungan Internasional, lulusan tahun 2016. Tak hanya selesai S1 saja, Cecillia Wang melanjutkan studi pascasarjana (S2) di University of Edinburgh Law School, United Kingdom, dan sukses lulus dengan program percepatan selama 2 tahun studi saja, ialah pada tahun 2020. Cecillia Wang diketahui bekerja sebagai content manager di perusahaan Siden, nan berlokasi di New York, Amerika Serikat.

Adapun perjalanan Cecillia Wang sebagai seorang penulis tidak mudah. Karya tulis Cecillia Wang pernah ditolak sebanyak 15 kali oleh beberapa penerbit, termasuk nan penerbit nan menerbitkan karya-karyanya sekarang. Namun, Cecillia Wang tidak menyerah dan melakukan beragam usaha. Suatu hari, dia menemukan Wattpad, platform nan memungkinkan dirinya untuk mempublikasikan karya tulisnya secara gratis, dan bisa menjangkau banyak audiens. Cecillia Wang pun langsung mencoba untuk mengunggah karya novel nan sudah ditulisnya.

Tak pernah disangka, platform digital cuma-cuma itu menjadi kunci nan membuka pintu karir kepenulisannya. Novel pertama Cecillia Wang nan berjudul Inevitably in Love sukses menarik hati banyak orang dengan sudah dibaca lebih dari 1,8 juta kali, dan mendapatkan feedback nan baik dari banyak orang. Kisah Inevitably in Love ini pun kemudian populer, dilirik oleh sejumlah pihak penerbit, nan akhirnya menawarkan untuk menerbitkan cerita Inevitably in Love menjadi novel. Dari sejumlah penerbit nan memberikan penawaran kepadanya, Cecillia Wang memilih Bukune sebagai penerbitnya.

Diketahui, Cecillia Wang terus menjalin kerja sama jangka panjang dengan Penerbit Bukune, dan semua karya Cecillia diterbitkan oleh Penerbit Bukune. Novel Inevitably in Love nan menjadi novel debut Cecillia Wang sukses laku manis di pasaran. Setelah memandang suksesnya novel ini, Bukune membawa Cecillia Wang ke MD Entertainment untuk memperkenalkan dia kepada kepala imajinatif MD Entertainment. Kunjungan Bukune dan Cecillia Wang ke MD Entertainment bermaksud untuk membahas kesepakatan tentang karya tulis Cecillia nan bakal diadaptasi menjadi sebuah film.

Proses penyesuaian ini menyantap waktu nan cukup lama, ialah nyaris 6 bulan lamanya. Pada akhirnya, kedua belah pihak, Cecillia dan MD Entertaintment mencapai kesepakatan untuk mengadaptasi kitab karyanya menjadi film. Beberapa karya nan telah ditulis oleh Cecillia Wang, ialah Inevitably In Love (2015), Invitation Only (2016), Evermore (2017), The Sentimental Reasons (2018), The Sentimental Things (2018), Lumiere Blanche (2019), Some Kind (2019), It Only Happens When I Dance With You (2020), Play Pretend (2020), I’ve Told Every Little Star (2020), The A-to-Z Ways to End a Relationship (2023), Ode To The Stars (2023), Sea Me Later (2023), dan Benny The Bear Love The Quarter Back (2024).

Sinopsis Novel Ode To The Stars

Ode To The Stars

button cek gramedia com

Julienne Sastrawidjaja adalah residen nan tinggal di Genesis Hospital. Ia tinggal berbareng Alastair Risjad, seorang guru besar nan sudah bekerja di rumah sakit itu selama tiga tahun. Namun, Julienne berpikir tak ada hubungan spesial dengan Alastair.

Maka dari itu, saat mantan kekasih laki-laki itu nan berjulukan Leila Holden muncul kembali, Julienne merasa inilah waktunya untuk meninggalkan guru besar itu. Namun, Alastair tak mau melepaskan Julienne begitu saja. Ia bakal membuktikan bahwa apa nan mereka punya selama ini adalah cinta, walaupun mereka memulai hubungan ini dengan tidak baik.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Ode To The Stars

Ode To The Stars

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Premis cerita menarik dengan latar di rumah sakit.
  • Karakterisasi para tokohnya menarik hati.
  • Perkembangan karakter nan baik.
  • Gaya bahasa mudah dipahami meskipun menggunakan pencampuran dua bahasa.

Cons

  • Alur cerita cukup lambat.
  • Mengandung hal-hal definitif sehingga dianjurkan dibaca oleh pembaca nan cukup umur.

Kelebihan Novel Ode To The Stars

Ode To The Stars

button cek gramedia com

Novel Ode To The Stars karya Cecillia Wang mempunyai banyak kelebihan nan menjadikannya dilirik pihak penerbit dan diadaptasi menjadi novel, serta sukses menjadi novel best seller. Premis cerita nan menampilkan cinlok memang selalu menarik ya, Grameds! Kisah romansa pada novel ini juga menampilkan kisah cinta lokasi, dengan latar belakang nan unik, ialah di rumah sakit. Pemilihan latar belakang ini menjadi sebuah daya tarik dengan gambaran nan detail.

Cecillia Wang tampaknya selalu sukses membangun karakter tokoh nan bisa membikin para pembaca merasa jatuh hati. Baik tokoh utamanya, juga tokoh pendukung sangat dominan perannya, sehingga bisa membikin pembaca menyukai sosok itu, alias malah merasa jengkel dan tidak suka tokoh dalam kisah ini. Di samping itu, perkembangan karakter dalam novel ini juga dinilai baik. Ada hal-hal nan berubah dari karakter di awal cerita.

Gaya bahasa nan digunakan penulis dalam novel mudah dipahami meskipun menggunakan pencampuran dua bahasa, ialah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Grameds mungkin sudah tidak asing dengan mixed language ala sekolah internasional dan Jakarta Selatan. Namun, tenang saja Grameds, pilihan kata nan digunakan adalah kata dalam percakapan sehari-hari, jadi bisa dimengerti dengan mudah. Jika pun ada kata nan tidak diketahui, bisa memperkaya pembaca untuk menambah kosakata bahasa asing.

Kekurangan Novel Ode To The Stars

Ode To The Stars

button cek gramedia com

Grameds, walaupun novel Ode To The Stars ini sukses menyajikan cerita nan menarik, novel ini tetap mempunyai kekurangan. Kekurangan pada novel ini, terletak pada adanya hal-hal definitif nan ditampilkan. Cecillia Wang sendiri menganjurkan novel ini dibaca oleh pembaca nan sudah cukup umur, ialah 25 tahun ke atas. Diharapkan kebijakan sari pembaca juga dalam mencontoh hal-hal baik saja dan mengabaikan perihal buruk.

Nah Grameds, itu dia sinopsis dan ulasan dari novel Ode To The Stars karya Cecillia Wang. Yuk dapatkan novel ini dan novel-novel karya Cecillia Wang lainnya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

The Sentimental Reasons (Alasan Sentimental)

The Sentimental Reasons

button cek gramedia com

Kendranata Alle Tjahrir, biasa dipanggil Alle alias Ikan Lele panggilan unik dari manager dikontrak seumur hidupnya. Alle seorang Artis alias public figure menikah dengan Karina Tjatyana nan berprofesi sama dengan dirinya sebagai artis. ibaratkan Tom and Jerry dengan managernya nan selalu membuatnya jengkel tapi tak bisa kehilangan dirinya. Keakraban Alle dengan Yaya membikin Karina merasa berprasangka sehingga dia menceraikan Alle. Alle berupaya untuk untuk mendapatkan istrinya kembali.

Katya Tjatyana, biasa dipanggil Yaya, Alle memanggilnya Monyet. Berteman sejak kuliah dan selalu diganggu hidupnya oleh Alle. Yaya menderita penyakit VWD keturunan dari ayahnya nan meninggal waktu Yaya kecil, dia kudu berjuntai pada obat dan keluar masuk rumah sakit, berbanding terbalik dengan kerabat kembarnya Karina Tjatyana nan sangat disayang oleh ibunya.

Karina Tjatyana, Istri dari Alle dan kerabat kembar Yaya. Pekerjaan sebagai artis membuatnya jarang berjumpa dengan Alle itu membikin dia berprasangka dengan Alle dan Yaya. Saat dia berjumpa dengan Alle kembali dia menyadari dirinya mengandung dan berupaya menceraikan Alle. The Sentimental Reasons (Alasan Sentimental) adalah kitab karya kedua Cecillia Wang nan menceritakan seorang pemuda nan berprofesi sebagai artis dan mempunyai istri seorang artis serta model serta bermanajer seorang kembaran dari istrinya. Seperti apa kisah Alle sang artis terkenal dan Anya kembaran istrinya selanjutnya? Dapatkan kitab The Sentimental Reasons sekarang juga.

Sea Me Later

Sea Me Later

button cek gramedia com

Aku menyukai corak segi empat sejajar ketika memandang sebuah lukisan. Berbagai macam ukuran segi empat membingkai lukisan-lukisan berhistoris nan sangat berarti. Bagiku segi empat dalam sebuah lukisan adalah bagian pasti nan menceritakan sebuah kisah-dari kanvas putih, menjadi sebuah gambar berwarna, lampau sebuah cerita. Terkadang sedih, terkadang senang, dan terkadang misterius. Kita mempunyai interpretasi sendiri-sendiri dan saya selalu terpesona dengan makna sebuah kisah di dalam lukisan. Tapi bagian itu tidak pernah berubah, segi empat. Empat sisi nan selalu bakal menceritakan sesuatu. Mungkin itulah alasanku mempelajari seni sejarah. Karena kepastian lukisan itu tidak berubah bentuk.

Tapi bukan sebuah lukisan segi empat nan mau saya bicarakan sekarang. Sedikit tentangku-namaku Bernadette, tapi semua orang memanggilku Bea. Kalau ada nan bertanya kepadaku segi empat apa nan paling kubenci, saya bakal menjawab dengan cepat-cinta segi empat. Kenapa? Karena saya berada di dalamnya. Sangat menyebalkan. Aku bakal menunjukkan kalian sedikit kisah cinta bukan milikku ini. Aku ingatkan kepada kalian-aku hanya berada di tengah-tengah semua ini. Kisah ini bermulai dari pekerjaanku.

Aku adalah asisten kurator National Gallery Singapore nan baru dan saya bekerja untuk membantu kurator utama Madam Tulip Chu untuk meminjamkan semua koleksi lukisan Raden Saleh dari Yayasan Van Der Willem kepada pemerintah Indonesia. Melalui tugas krusial ini, ada satu lukisan nan menjadi obsesiku lantaran bilang dari koleksi dan pembukuan museum. Sebuah lukisan berjudul ‘Boschbrand alias diartikan kebakaran rimba karya Raden Saleh.

The A-to-Z Ways to End a Relationship

The A-to-Z Ways to End a Relationship

button cek gramedia com

Aku, Louisa January Sastrawidjaja, membenci semua orang di bumi ini. Oh, sebenarnya, saya membenci bumi ini juga. Tidak ada satu perihal pun nan tidak kubenci. Ya, saya juga membenci diriku sendiri. Benci kata itu terlalu ekstrem untuk digunakan, tapi itu nan saya rasakan sekarang.

Aku memandang handphone-ku, nama Namira Wulandari tampil di layar, dia mencoba meneleponku. Oh, editorku lagi, gumamku kepada diri sendiri. Editor nan telah mencoba menghubungi setiap hari lantaran saya tidak memberinya berita selama dua tahun terakhir. Editor nan saya sangat benci. Ia menggangguku setiap hari-setidaknya sepuluh telepon dan ratusan pesan singkat dikirimkannya. Keinginannya hanya satu. Namira mau saya menerbitkan kitab baru. Tapi untuk apa saya menerbitkan buku? Apa nan bisa saya tuliskan ketika duniaku hancur? Aku tidak mau lagi menjadi penulis. Aku tidak bisa lagi menulis. Sekarang, saya sangat membenci menulis.

Kali terakhir saya menulis dua tahun nan lalu-ketika tanganku menyentuh keyboard dan memulai naskah baru untuk novel fiksi nan kutahu pasti bakal terjual lenyap dan dicetak ulang dengan cepat. Aku adalah penulis fiksi dengan nomor penjualan terbanyak di Indonesia. Siapa nan tidak tahu LJ Sastrawidjaja? Semua fans fiksi tahu siapa diriku. Dua puluh tujuh bukuku mengisi rak-rak toko kitab dan perpustakaan. Lima di antaranya telah dijadikan movie layar lebar oleh rumah produksi nan menciptakan film-film box office di negeri ini. Aku memulai karierku di umur nan sangat muda.

Sumber:

https://www.wattpad.com/story/343738290-ode-to-the-stars-makna-05

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog