Review Novel Saga Dari Samudra Karya Ratih Kumala

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Novel nan berjudul Saga dari Samudra ini merupakan hasil penyesuaian dari cerita nan ditulis oleh Ratih Kumala. Kisah ini mengisahkan tentang asal-usul salah satu tokoh krusial dalam sejarah Islam di Indonesia, Wali songo ialah Sunan Giri, nan dikenal dengan beragam nama seperti Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden ‘Ainul Yaqin, dan nan sering disebut dalam kitab ini, Jaka Samudra!

Novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala nan diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada 26 Mei 2023 ini bakal menyajikan kisah laga nan penuh dengan tindakan menegangkan. Isi kitab ini bakal menggambarkan bumi persilatan Indonesia nan sangat digandrungi hingga sekarang, lho.

Benar gak ya? Yuk langsung saja baca tulisan ini nan bakal membahas lebih dalam tentang sinopsis dan ulasan novel ini, agar Grameds bisa mengetahui novel ini lebih baik. Sebelum kenalan dengan karyanya, kita kenalan dengan Ratih Kumala dulu, yuk!

Profil Ratih Kumala – Penulis Novel Saga dari Samudra

Ratih Kumala, lahir di Jakarta pada tahun 1980 telah membikin banyak karya tulis menarik nan menjadi perhatian publik. Buku pertamanya adalah sebuah novel nan berjudul “Tabula Rasa” telah sukses memenangkan penghargaan Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta di tahun 2003. Karya keduanya berjudul, “Genesis”. Kemudian diikuti dengan kumpulan-kumpulan cerita pendek nan diberi titel “Larutan Senja”. Buku keempatnya berjudul “Kronik Betawi”. Buku kelimanya berjudul “Gadis Kretek” telah masuk kedalam Top 5 kategori prosa dalam Khatulistiwa Literary Award di tahun 2012.

Karya ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dengan judul “Cigarette Girl”, ke dalam Bahasa Jerman dengan judul “Das Zigaretten Madchen”, dan saat ini sedang dalam proses translator ke dalam Bahasa Arab untuk diterbitkan di Mesir. Buku keenam nya, “Bastian dan Jamur Ajaib”, menjadi pelengkap dari rangkaian karya-karya imajinatif nan sudah dibuat oleh Ratih Kumala.

Karya Ratih Kumala nan berjudul “Gadis Kretek” telah sukses diadaptasi menjadi serial movie nan ditayangkan di beragam platform streaming nan terkenal. Sebagian besar karya-karya milik Ratih Kumala telah menerima penghargaan dalam bumi fiksi dan sastra.

Dalam sebuah wawancara di salah satu saluran YouTube, Ratih Kumala pernah mengungkapkan bahwa pada awalnya dia menulis hanya untuk dirinya sendiri. Saat pertama kali menulis dia mempunyai banyak sekali kegelisahan dan merasa cemas, namun ketika karyanya mulai dibaca oleh banyak orang, dia sadar bahwa tulisannya itu bisa hidup dan banyak disukai oleh orang lain. Dan saat ini dia tidak hanya menulis untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain nan mau membaca karyanya.

Sinopsis Novel Saga dari Samudra

Kehidupan Nyai Ageng Pinatih mengalami perubahan drastis ketika dia menemukan seorang bayi mini di tengah laut, nan secara magis dapat menghentikan kapal dagangnya. Bayi itu sekarang dia beri nama Jaka Samudra. Kehadiran Jaka Samudra tidak hanya bakal mengubah kehidupan ibu angkatnya, tetapi juga bakal merubah bumi nan disentuhnya. Sementara itu, Jaka Samudra sendiri selalu mencari tahu mengenai asal-usulnya.

Lewat novel ini, penulis membujuk pembaca untuk menjelajahi tanah Jawa di abad ke-15, di mana kehidupan pada era itu lebih sederhana, rasa takut sangatlah nyata, keberanian mempunyai harga, dan kepercayaan bahwa Sang Pencipta mempunyai banyak rencana.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Saga dari Samudra

Pros & Cons

Pros

  • Sampul kitab nan menarik, dan dapat memikat pembaca untuk membeli kitab ini hanya dengan melihatnya.
  • Lewat kitab ini, pembaca dapat mempelajari sejarah.
  • Pembawaan style narasi dengan storytelling membikin pembaca dapat terhubung secara emosional dengan penulis.
  • Terdapat ilustrasi nan apik.

Cons

  • Konflik dalam kitab ini terkesan terlalu sederhana.
  • Penulisan beberapa kata nan tidak konsisten.

Kelebihan Novel Saga dari Samudra

Novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala ini mempunyai banyak sekali kelebihan. Mulai dari dari sampul bukunya nan menarik. Hanya dengan memandang sampul dari kitab ini, pembaca alias calon pembaca dapat langsung tau bahwa kitab ini berangkaian erat dengan laut, bumi laga persilatan, membikin pembaca nan merindukan kisah persilatan di Indonesia langsung membeli kitab ini tanpa kudu memandang isi alias sinopsisnya terlebih dahulu.

Apakah Anda pernah merasakan belajar sejarah lewat novel fiksi-sejarah? Kalau belum, kitab ini sangat cocok untuk kamu! Melalui kitab ini Anda juga bisa langsung belajar sejarah. Dengan pembawaan narasi storytelling di dalam novel ini Anda pasti bakal lebih sigap memahami sejarah daripada kudu belajar dari kitab sejarah itu sendiri. Pembawaan narasi storytelling juga membikin pengalaman membaca kitab ini menjadi lebih berkesan, dengan menggunakan “Kisanak” sebagai panggilan untuk kita para pembaca, membikin adanya hubungan emosional antara pembaca dengan penulis.

Novel Saga dari Samudra ini tidak hanya berisikan tulisan saja, dalam kitab ini terdapat juga ilustrasi penuh warna nan apik. Buku ini sangat worth it untuk dibaca terutama bagi para pembaca nan sangat menyukai sejarah nan dibumbui dengan legenda alias cerita rakyat Indonesia.

Kekurangan Novel Saga dari Samudra

Meskipun Novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala ini mempunyai banyak kelebihan, novel ini tetap tidak luput dari kekurangan. Jalan cerita nan disajikan dalam kitab ini tidak memenuhi ekspektasi pembaca setelah memandang sampul bukunya, ketika memandang sampul kitab nan menarik pembaca secara otomatis bakal berekspektasi tinggi terhadap cerita di dalamnya, sayangnya cerita dan bentrok dalam kitab ini relatif terkesan sederhana dan laga kanuragan-nya juga sedikit dan sigap selesai.

Selain cerita dan bentrok nan relatif terkesan sederhana, penulisan beberapa kata dalam kitab ini juga tidak konsisten, contohnya penulisan Magrib dan Maghrib didalam kitab ini. Banyak kata ulang nan tidak ada tanda baca strip-nya, dan ada beberapa kata berimbuhan nan kurang satu huruf.

Pesan Moral Novel Saga dari Samudra

Dalam kitab Saga dari Samudra ini Ratih Kumala banyak sekali menyampaikan pesan moral secara tersirat maupun tidak tersirat. Pentingnya keteguhan hati dalam menegakkan kepercayaan kita, jika dalam kasus dalam kitab ini adalah penyebaran kepercayaan Islam di Nusantara nan di penuhi dengan tentangan dari kepercayaan nan ada sebelumnya. Pembelajaran kepada pembaca tentang kejujuran, akibat dari sifat iri dengki, dan sombong, pentingnya berkhidmat kepada orang tua, sebagaimana nan ditunjukan oleh Jaka Samudra ke ibu angkatnya Nyai Ageng Pinatih.

Kisah ini juga mengajarkan kita para pembaca untuk membedakan kebaikan di tengah keburukan, Kebijaksanaan dan keahlian untuk mengampuni orang lain. Lewat hikayat ini penulis seolah-olah mau membujuk kita untuk menyelami ragam masalah sosial di masa lalu, nan sebenarnya tetap sering terjadi di masa ini. Ini adalah pesan moral tersirat nan sangat bagus, masalah sosial pasti terjadi kapanpun, dimanapun baik itu di masa lalu, masa ini alias masa depan nan bakal datang. Kita kudu dapat menyikapi semua masalah itu dengan kebijaksanaan dan kebaikan.

Nah Grameds, itu dia sinopsis dan ulasan Novel Saga dari Samudra karya Ratih Kumala. Yuk langsung saja dapatkan novel ini hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Wali Songo dan Sejarahnya

Wali Songo dan Sejarahnya

Banyak pendapat nan mengatakan tentang kapan Islam masuk ke Indonesia. Ada nan beranggapan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7, tetapi ada juga nan mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-9 alias abad ke-11. Tentunya penyebaran Islam tidak lepas dari peran para tokoh alias ustadz masa itu.

Salah satu tokoh nan berkedudukan dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa adalah Wali Songo. Wali Songo menjadi sosok teladan dan sangat krusial di kalangan masyarakat muslim Jawa. Buku ini menceritakan gimana perjalanan kesembilan wali nan berupaya menyebarkan Islam di seluruh Pulau Jawa. Selain perjalanan dakwah, kitab ini juga menceritakan pesan tenteram nan dibawa oleh Wali Songo dan pelajaran nan bisa kita petik dari kisah-kisah Wali Songo. Buku ini sangat cocok untuk kalian nan mau mengetahui lebih dalam tentang sejarah Wali Songo.

Hamba Sebut Paduka Rama Dewa: Teladan Cinta dan Kehidupan Rama-Sinta

 Teladan Cinta dan Kehidupan Rama dan Sintha

Kisah Rama dan Sinta mempunyai tempat unik dalam sejarah sastra India, negeri asalnya, maupun di tempat-tempat lain nan pernah mendapat pengaruh kebudayaan India, termasuk Birma (Myanmar), Siam (Thailand), Kamboja, dan Indonesia. Di beragam negeri, cerita Rama-Sinta alias Ramayana telah menjadi sebuah tema besar nan mendapat beragam corak penafsiran. Ini adalah kisah Ramayana jenis Indonesia.

Menurut Goenawan Mohamad, Hamba Sebut Paduka Ramadewa memberi kita pengetahuan lebih banyak tentang Ramayana dari apa nan telah lazim kita dengar. Dimulai dengan lahirnya Ramaparasu sampai dengan pembakaran Sinta. Kita diperkenalkan dengan tokoh-tokoh nan selama ini tenggelam dalam garis besar perang Rama musuh Rahwana.

Herman Pratikto (1929-1987) tak memilih jenis nan ditemukan di India: Sinta tak kembali ke samping Rama, begitu dia dibakar untuk membuktikan kesuciannya. Secara tak langsung penulis mengupas pula beragam makna simbolis nan terkandung dalam Ramayana, perihal nan nyaris tak pernah disinggung para pencerita lain dari karya klasik ini, nan aslinya merupakan buah karya pujangga India, Walmiki, nan masyhur itu.

Perempuan, Cinta, Dan Kehidupan: Kumpulan Cerpen Indonesia-Malaysia

 Kumpulan Cerpen Indonesia-Malaysia

Perempuan, Cinta dan Kehidupan: Kumpulan Cerpen Indonesia – Malaysia merupakan sekumpulan cerpen dari dua negara nan terdiri dari 10 penulis cerpen Indonesia dan 10 cerpen penulis Malaysia, nan dikemas bagus menjadi satu buku.

Setiap cinta nan disajikan berisi tema, nilai, budaya, rasa, dan persoalan berbeda-beda nan membikin pembaca berimajinasi membayangkan setiap jalan cerita bagus dan unik di dalamnya.

20 penulis cerpen Indonesia – Malaysia ini bukan hanya penulis biasa, lantaran mereka adalah penulis-penulis nan namanya sudah dikenal di bumi sastra Indonesia dan Malaysia. Selamat membaca, berimajinasi, dan mempelajari perihal baru dari setiap cerita dari dua negara nan berbeda tetapi tetap mempunyai satu rumpun nan sama ini.

Sumber:

https://www.goodreads.com/book/show/165436197-saga-dari-samudra

https://www.gramedia.com/blog/saga-dari-samudra-cerita-laga-dari-ratih-kumala/

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog