Review Novel Untuk Jiwa Yang Tenang Karya Dennis Lim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Seringkali, keadaan dan masalah nan kita hadapi dapat membikin kita merasa terpuruk, menangis, dan merasa hancur. Rasanya, susah untuk merasakan kebahagiaan, dan bumi terasa seperti sedang menekan diri kita dengan sangat keras. Oleh lantaran itu, tulisan ini kutujukan kepada mereka nan saat ini sedang meratapi kenyataan. Karena kalian semua berkuasa untuk untuk merasakan kebahagiaan. Untuk Anda nan sedang menangis di luar sana, kitab ini kubuat untukmu.

Hai Anda nan sedang bertanya-tanya kenapa Penciptamu memberikan dan menetapkan pahitnya kehidupan ini untukmu. Percayalah bahwa tujuan sejati hidupmu ada di sana. Sesungguhnya, nan betul-betul Anda inginkan dalam hidupmu bukanlah kesempurnaan alias pemenuhan semua keinginan, melainkan surga nan nantinya bakal diberikan oleh Penciptamu. Tak peduli seberapa pahitnya ujian nan sedang Anda hadapi, tetaplah tenang dan berbahagialah, sahabatku. Karena kita tahu bahwa orang-orang nan tidak mempunyai apa pun dan hanya mempunyai Allah di hatinya. Ia malah dimuliakan di surga-Nya Allah.

button cek gramedia com

Buku ini kubuat untuk membujuk dan membikin siapa pun nan membacanya semakin dekat kepada Rabb-nya, untuk memperkuat ketaatan mereka, memperteguh keyakinannya, dan meningkatkan ketakwaannya. Selamat membaca novel Untuk Jiwa nan Tenang ini, novel ini mempunyai 128 laman dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tanggal 28 Februari 2023. Informasi lebih lanjut tentang isi kitab ini dapat langsung Anda temukan di bawah ini. Mari kita telaah berbareng isi kitab ini dengan membaca tulisan ini sampai selesai! Namun, sebelum itu, mari kita kenalan dulu dengan Dennis Lim, penulis dari kitab ini.

Profil Dennis Lim – Penulis Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Lin Jin Fu, nan dikenal dengan nama Lim Kim Hok dalam dialek Hokkien alias Dennis Setiawan dalam bahasa Indonesia, lahir di Kota Bogor pada 26 November 1991. Ia merupakan keturunan Tionghoa, Dennis Lim mengenyam pendidikan di sekolah Katolik Mardi Waluya dari tingkat TK hingga SMP, dia kemudian melanjutkan pendidikannya SMA-nya di sekolah Katolik Mardi Yuana.

Koh Dennis Lim, adalah panggilan nan sering diberikan kepadanya. Ia adalah anak pertama dari empat bersaudara. Setelah lulus dari SMA dia melanjutkan kuliah Diplomanya selama tiga tahun sembari bekerja di Bandung, kemudian dia melanjutkan dan bekerja dan berwirausaha di beragam wilayah seperti, Jakarta, Surabaya, hingga Thailand dan Kamboja. Setelah memperdalam pemahaman kepercayaan Islam, dia belajar dari beragam guru, termasuk K.H. Abdullah Gymnastiar (AA Gym) di Pesantren Daarut Tauhid Bandung, serta K.H. Ahmad Fathurrahman di Bogor, dan tetap banyak guru-guru lainnya. Sekarang Dennis Lim menghabiskan waktunya untuk berdakwah, belajar dan mengajarkan kepercayaan serta menjalankan upaya pribadinya. Sekarang dia tinggal di bogor dan menyelesaikan kitab ini pada tahun 2022.

Sinopsis Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Manusia bukanlah sesuatu entitas nan maha benar, manusia adalah makhluk nan tidak luput dari kesalahan. Apa nan terjadi jika kesalahan pemahaman kita terhadap 4 perihal (nikmat musibah, ujian, dan azab), malah mempengaruhi tingkat kebahagiaan alias stress kita? Hal ini menandakan bahwa ada sesuatu nan perlu diperbaiki dalam penilaian kita. Oleh lantaran itu, mari kita eksplorasi makna dari nikmat, musibah, azab, dan ujian. Pertama-tama, kita perlu memandang dari akarnya. Ketika kita menghadapi kesulitan, apa pun bentuknya, baik itu kehilangan uang, kesedihan, kesalahan, alias bentrok dengan orang lain, semua itu pada akhirnya membawa dua hal: membersihkan dosa dan meningkatkan derajat.

Dari dua konsep tersebut, kita bisa mendapatkan pemahaman tentang Azab dan Ujian. Azab adalah akibat dari dosa alias kesalahan nan kita perbuat. Namun, kita perlu memahami bahwa walaupun balasan terkadang terasa seperti hukuman, perihal itu tidak berfaedah bahwa Allah membenci kita sehingga menghukum hamba-Nya dengan siksaan. Allah adalah entitas nan penuh dengan kasih sayang. Allah mencintai kita dengan lebih besar daripada kita mencintai diri kita sendiri, dan kasih sayang-Nya melampaui kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Meskipun tindakan seseorang bisa buruk, Allah tetap menyayangi hamba-Nya, dan kebencian-Nya hanya ditujukan pada perbuatan tersebut, bukan pada perseorangan itu sendiri.

Allah tidak sama dengan manusia nan membalas sesuatu lantaran dendam alias menghukum untuk memuaskan nafsu dendam angkaranya. Tindakan-Nya hanya bermaksud agar hamba tersebut kembali kepada-Nya. Bahkan, kesulitan nan terjadi lantaran dosa tersebut dapat membantu menghapus kesalahan-kesalahan hamba tersebut, sehingga kemungkinan besar dia bakal kembali kepada Tuhan tanpa membawa dosa apapun di hadapan-Nya.

Maka sungguh beruntung bagi orang berdosa nan mengalami pemaafan dosa mereka di dunia, meskipun melalui penderitaan. Hal ini memberi mereka kesempatan untuk kembali dalam keadaan bersih, alias setidaknya, mengurangi beban ganjaran di akhirat. Sehingga pada hari kiamat, mereka tidak bakal menerima ganjaran nan seberat nan seharusnya. Sebaliknya, bakal sangat menyakitkan bagi orang nan melakukan dosa dan kezaliman, tetapi hidupnya selalu nyaman tanpa pernah merasakan kesulitan di dunia. Mereka kudu siap untuk menghadapi akibat penuh dari perbuatan mereka di hadapan Allah. Karena tidak terbayang ganjaran sekeras apa nan bakal dipertanggungjawabkan seluruhnya di pengadilan Allah.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Gaya penulisan santuy tapi tetap jelas.
  • Berisikan Pengajaran dan nasehat tentang kehidupan nan langsung dapat diterapkan.
  • Jumlah laman tidak terlalu banyak.

Cons

  • Buku ini kurang berkarakter universalitas.

Kelebihan Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Buku Untuk Jiwa nan Tenang karya Dennis Lim mempunyai beberapa kelebihan nan menjadikannya kitab nan layak untuk dibaca, style penulisannya nan santuy tapi tetap jelas. Dengan menggunakan bahasa nan mudah dipahami, penulis bisa menyampaikan pesan-pesan mendalam tentang kehidupan dengan langkah nan sederhana namun bermakna. Gaya penulisan nan santuy tapi jelas juga membikin pesan nan mau disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan dengan jelas.

Selain itu, kitab ini juga kaya bakal pengajaran dan nasehat tentang kehidupan nan dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dennis Lim lewat kitab ini menghadirkan pemikiran-pemikiran nan memotivasi dan menginspirasi pembaca untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan selalu mendekatkan diri dengan Allah. Setiap bagian dalam kitab ini menyajikan pelajaran berbobot nan dapat membantu pembaca meraih ketenangan jiwa dan kebahagiaan dalam kehidupan mereka. Ditambah lagi dengan jumlah laman nan tidak terlalu banyak, kitab ini menjadi pilihan nan sangat tepat bagi pembaca nan tidak mempunyai banyak waktu senggang untuk membaca.

Kekurangan Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Meskipun kitab Untuk Jiwa nan Tenang karya Dennis Lim ini mempunyai banyak kelebihan, kitab ini tetap tidak luput dari kekurangan. Kurangnya universalitas dalam pendekatannya. Buku ini condong lebih menonjolkan aliran kepercayaan Islam dalam setiap pesannya, sehingga mungkin kurang sesuai bagi pembaca nan bukan berakidah Islam. Meskipun pesan-pesan kebijaksanaan, motivasi, dan nasehat nan disampaikan bisa menjadi inspirasi bagi semua kalangan pembaca, konsentrasi utama kitab ini nan berfokus pada perspektif kepercayaan Islam mungkin membikin beberapa pembaca merasa kurang terhubung lantaran kurang relevan dengan konteks kehidupan pribadi mereka sendiri.

Pesan Moral Novel Untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Pesan moral nan disampaikan melalui kitab Untuk Jiwa nan Tenang karya Dennis Lim sangatlah jelas dan kuat. Salah satu pesan utamanya adalah pentingnya untuk selalu melakukan baik dan mengikuti aliran Allah. Pembaca diingatkan bakal pentingnya menjauhi segala larangan dan mematuhi aliran nan diberikan Allah. Dengan melakukan perihal ini, pembaca diharapkan dapat mencapai ketenangan jiwa dan kebahagiaan nan sejati.

Selain itu, kitab ini juga mengingatkan manusia bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Pesan ini membujuk pembaca untuk mempercayai dan mengandalkan Allah dalam setiap langkah hidup mereka, lantaran kehadiran-Nya selalu datang dalam kehidupan manusia, memberikan pengarahan dan support dalam menghadapi segala ujian dan tantangan. Dengan memperkuat ikatan spiritual mereka dengan Tuhan, pembaca diharapkan dapat menemukan ketenangan dan kekuatan dalam menghadapi segala situasi nan dihadapi dalam kehidupan.

Nah Grameds, itu dia sinopsis, ulasan, dan pesan moral dari Novel Untuk Jiwa nan Tenang karya Dennis Lim. Kamu butuh kitab nan dapat membikin jiwa Anda merasa tenang? Yuk langsung saja dapatkan kitab ini hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

Zikir Pagi Petang untuk Jiwa nan Tenang

Zikir Pagi Petang untuk Jiwa nan Tenang

button cek gramedia com

Dalam Al-Qur’an dan hadis, kita sering kali menemukan rayuan dari Allah dan Rasul-Nya untuk senantiasa berzikir, terutama di waktu pagi dan petang. Ajakan ini bukan tanpa alasan, melainkan sebagai tanda sungguh esensialnya mengingat Sang Pencipta di momen-momen berbobot tersebut. Dzikir pagi dan petang bukanlah sekadar ritual harian, melainkan sebuah perjalanan rohaniah nan mendalam. Dzikir pagi petang itu laksana mutiara nan tersembunyi di dalam samudra. Ia begitu berharga, sehingga siapa nan mau mendalami dan menyelaminya, bakal menemukan “harta” nan tak ternilai. Buku ini mengkompilasi zikir-zikir terpilih dari beragam sumber terpercaya. Setiap zikir disertai dengan referensi, penilaian kualitas riwayat, serta penjelasan mendalam mengenai faedah dan hikmah di baliknya. Selamat membaca dan mengamalkannya.

Buku Keutamaan 7 Surah & Al- Ma’tsurat Zikir Pagi & Petang

Buku Keutamaan 7 Surah & Al- Ma’tsurat Zikir Pagi & Petang

    button cek gramedia com

Perkataan nan paling betul dan ucapan nan paling baik adalah kalam Allah. Tidak pada tempatnya jika manusia bersusah payah menghafalkan syair-syair lagu alias hal-hal lainnya, sementara Al-Qur`an justru mereka tinggalkan. Kalau kita bisa setara (menempatkan sesuatu pada kedudukannya), niscaya kita bakal mendahulukan menghafal Al-Qur`an daripada hal-hal lainnya. Kita tahu bahwa secara umum, surah-surah dan ayat-ayat di dalam Al-Qur`an mempunyai kedudukan nan setara. Namun terkadang, satu surah alias ayat mempunyai keistimewaan nan tidak dimiliki surah alias ayat nan lainnya. Dampak praktisnya, ada surah-surah dan ayat-ayat nan terkenal dihafalkan kaum Muslimin, tetapi ada nan kurang populer. Kami melihat, ada beberapa surah nan terkenal di tengah masyarakat Indonesia, di antaranya surah Al-Kahfi, Luqman, As-Sajdah, Yasin, Al-Waqi’ah, Ar-Rahman, dan Al-Mulk. Karena itu, kami sajikan kepada masyarakat kitab kumpulan tujuh surah ini, dengan tambahan beberapa sabda nan membahas keistimewaan surah-surah tersebut. Kami berikan sedikit penjelasan tentang kesahihan alias kedaifan dalil-dalil pendukungnya. Tentu saja penjelasan tersebut sejauh nan kami bisa paparkan, berasas keterangan dan pendapat para ustadz mahir hadits. Semoga kitab ini bisa memberikan faedah nan besar untuk umat.

7 Keajaiban Rezeki (Salah Satu Buku Terlaris Sepanjang Masa)

7 Keajaiban Rezeki (Salah Satu Buku Terlaris Sepanjang Masa)

button cek gramedia com

Setiap orang pergi bekerja alias mencari nafkah untuk mencari rezeki. Tentu saja sebagai seorang muslim nan baik, kita mengharapkan rezeki nan legal dan baik sehingga bakal mendatangkan berkah bagi kehidupan kita maupun family kita. Tapi, gimana caranya agar memperoleh rezeki nan legal dan baik? Apakah langkah kita mencari rezeki selama ini sudah benar? Bagaimana sih tanda-tanda rezeki nan mendatangkan berkah itu? Pertanyaan-pertanyaan ini pasti sering bermunculan di pikiran Anda. Buku 7 Keajaiban Rezeki bakal menjawab semua pertanyaan ini untuk Anda. Tidak hanya membantu Anda dalam langkah-langkah mendatangkan rezeki nan penuh berkah saja, tetapi juga bakal membantu Anda dalam langkah-langkah menuju kesuksesan dengan memaksimalkan potensi diri Anda dan membangun hubungan nan lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan demikian, secara bentuk dan spiritual Anda bakal saling terhubung dan bakal lebih mudah bagi Anda untuk memperoleh kesuksesan nan Anda harapkan dengan izin Allah SWT.

Sumber:

  • https://www.google.co.id/books/edition/Untuk_Jiwa_yang_Tenang/xCGzEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=untuk+jiwa+yang+tenang&printsec=frontcover
  • https://www.gramedia.com/products/untuk-jiwa-yang-tenang?queryID=cfd870670d88cc53ec5e90a536c30453 1
Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog