Review Px Wfd-4k Ultra, Bikin Mudah Tampilkan Ponsel Di Monitor Dan Tv

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Review PX WFD-4K Ultra Header

Review PX WFD-4K Ultra

  • Rating

Kesimpulan

PX WFD-4K Ultra dengan desainnya nan ringkas bisa menjadi pengganti menarik buat Anda nan mau melakukan mirroring ke layar eksternal dari perangkat di beragam sistem operasi.

Yang Disukai

  • Sudah USB-C
  • Dukung WiFi 2.4GHz dan 5GHz
  • Pengoperasian mudah
  • Sedikit delay

Yang Tidak Disukai

  • Harus terhubung ke router

Kincaimedia – PX, perusahaan asal Taiwan telah meluncurkan PX WFD-4K Ultra di Indonesia nan berfaedah untuk melakukan mirroring alias menduplikasi tampilan dari suatu perangkat seperti ponsel ke layar eksternal.

PX WFD-4K Ultra telah tersedia seharga Rp698.000 dengan masa agunan selama 18 bulan melalui toko resmi PX di beragam e-commerce Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee.

PX WFD-4K Ultra mempunyai kreasi nan sangat mungil sekali, apalagi tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Hal ini membikin PX WFD-4K Ultra tidak menyantap tempat saat digunakan dan sangat mudah untuk diposisikan menemani beragam perangkat lain seperti TV.

Dari tampilan luarnya, perangkat ini pun tidak terlihat terlalu banyak nan bisa dibicarakan. Menemani logo PX di bagian atas terdapat sebuah tombol lingkaran dengan lampu berwarna putih nan berfaedah sebagai parameter daya. Menekan lama tombol tersebut bakal mematikan alias menghidupkan perangkat.

PX WFD-4K Ultra (2)

Desainnya Ringkas!

Sementara pada bagian belakangnya terdapat port USB-C untuk daya 5V/2A dan HDMI 2.0 untuk hubungan video. Penggunaan USB-C tentunya sangat disambut dengan baik lantaran kabel USB-C sekarang sudah umum ditemukan pada perangkat modern sehingga bakal mengurangi jenis kabel nan kudu dimiliki.

Di sekeliling bodinya terdapat ventilasi untuk membuang suhu panas nan dihasilkan saat perangkat bekerja. Lalu pada bagian bawahnya terdapat kaki karet tipis nan cukup pakem agar perangkat tidak mudah bergeser.

PX WFD-4K Ultra (3)

Pada paket penjualannya sendiri sudah disediakan kabel USB dan HDMI dengan panjang kurang lebih sekitar 50 cm. Selain itu juga ada kitab pedoman untuk pemasangan maupun gimana pengoperasian PX WFD-4K Ultra.

Untuk pemasangan PX WFD-4K Ultra sendiri pun sangat mudah sekali. Setelah terhubung ke sumber daya dan layar eksternal (pada pengetesan menggunakan monitor PC), bakal langsung ditampilkan beragam info perangkat nan dibutuhkan seperti SSID, Password, IP, dan konektivitas.

Tersedia pula dua buah QR Code untuk terhubung ke WiFi router dan mirroring dari ponsel. Hal ini berfaedah PX WFD-4K Ultra memerlukan WiFi router untuk bisa bekerja nan mana mungkin bisa menjadi hambatan di letak tertentu.

PX WFD-4K Ultra (4)

Praktis Terhubung Banyak Perangkat

Pada pengaturan awal mengharuskan ponsel terhubung terlebih dulu ke PX WFD-4K Ultra sesuai dengan nama SSID nan tampil di layar. Selanjutnya pindai QR Code pertama menggunakan aplikasi kamera alias sejenisnya di ponsel untuk diarahkan ke laman pengaturan EZCast menggunakan browser dengan alamat IP nan tertera.

Nantinya bakal tampil beragam menu untuk pengaturan PX WFD-4K Ultra. Masuk ke menu Internet untuk memilih jaringan WiFi sekitar nan terdeteksi. Pilih SSID router nan diinginkan dan masukkan password untuk menghubungkan PX WFD-4K Ultra ke router tersebut.

Jika sukses, maka pada bagian pojok kanan atas monitor bakal terlihat ikon nan tadinya berwarna abu berubah menjadi biru nan menandakan bahwa sudah terhubung ke ponsel dan router. PX WFD-4K Ultra pun siap untuk digunakan mirroring nirkabel dari perangkat nan terhubung.

PX WFD-4K Ultra (6)

Mirroring pada ponsel iOS bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Airplay Mirroring. Sementara pada ponsel Android sedikit berbeda lantaran setiap merek mempunyai nama fitur sendiri misalnya saja Samsung SmartView, OPPO ScreenCast, vivo Smart Mirroring, alias Xiaomi Cast.

Selama pengujian, PX WFD-4K Ultra digunakan untuk mirroring dari ponsel Samsung. Oleh lantaran itu langkah nan dibutuhkan jauh lebih singkat lantaran tinggal hanya perlu mengaktifkan Smart View saja. Lalu pilih nama SSID dari PX WFD-4K Ultra untuk terhubung.

Secara otomatis tampilan ponsel bakal langsung muncul di monitor nan terhubung ke PX WFD-4K Ultra tanpa perlu memasang aplikasi tambahan lagi. Menariknya PX WFD-4K Ultra juga bertindak sebagai Access Point sehingga perangkat bisa tetap terhubung ke jaringan internet.

PX WFD-4K Ultra Setting

Untuk kualitas gambar dan audio nan ditampilkan tentunya bakal tergantung pada kecepatan hubungan hingga support perangkat. PX WFD-4K Ultra pun mendukung jaringan WiFi 2.4GHz maupun 5GHz untuk menjamin hubungan stabil.

Selama pengujian, PX WFD-4K Ultra terhubung ke router 5GHz nan mana bisa mentransmisikan gambar dan audio dengan cukup jelas dan jernih. Memang tetap ada sedikit latensi terjadi, namun cukup minim dan konten nan tampil pun tetap terasa responsif.

Minim Latensi dengan WiFi 5GHz

Tersedia pula Miracast mode Video dan Game nan bisa dipilih untuk menyesuaikan dengan jenis konten nan mau dilakukan mirror. Namun latensi tidak sampai 1 detik saat bermain Genshin Impact sehingga tergolong tetap bisa ditoleransi dan tidak terlalu menjadi masalah ketika berkompetisi melawan musuh.

PX WFD-4K Ultra dapat menampilkan gambar hingga resolusi 4K 60Hz untuk menunjang monitor maupun TV masa kini. Bahkan menariknya juga mendukung gambar HDR nan mana tentunya bakal sangat berjuntai pada perangkat asal maupun layar eksternal nan digunakan.

PX WFD-4K Ultra (7)

Tak ketinggalan ada fitur One Click Switching nan disediakan dengan hanya tinggal menekan tombol nan ada di atas perangkat untuk berubah mode antara Portrait dan Landscape secara praktis untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya orientasi gambar juga dapat secara otomatis mengikuti orientasi dari perangkat asal.

Beberapa perangkat memang bisa terhubung sekaligus ke PX WFD-4K Ultra, tetapi hanya satu perangkat saja nan bisa mirroring dalam satu waktu. Oleh lantaran itu perlu menghentikan proses mirror nan ada jika mau melakukan mirror di perangkat lain kemudian.

PX WFD-4K Ultra dengan MiraScreen sendiri mendukung beragam protokol nirkabel seperti Miracast, Airplay, DLNA, dan Chromecast. Oleh lantaran itu melakukan mirroring dengan PX WFD-4K Ultra bisa juga menggunakan aplikasi EZCast jika perangkat tidak mempunyai fitur Cast secara bawaan.

Secara keseluruhan, PX WFD-4K Ultra bisa menjadi pengganti menarik buat Anda nan kerap melakukan mirroring dari perangkat ke layar eksternal. Apalagi jika mempunyai beragam jenis perangkat dengan sistem operasi berbeda, maka PX WFD-4K Ultra bisa menjadi pusat penghubung.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Kincaimedia nan telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama dia geluti lantaran memang tertarik memandang perkembangan teknologi nan semakin canggih dari tahun ke tahun.

Selengkapnya
Sumber