Sebelum Tidur, Ikuti Sunnah Rasulullah Berikut Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Sebelum tidur, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mencontohkan beberapa sunnah nan baik untuk diamalkan. Sunnah-sunnah ini tidak hanya membantu seseorang tidur dengan nyenyak tetapi juga membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Di antaranya berwudhu sebelum tidur, berebahan di sisi kanan, membaca ayat kursi, membaca angan tidur, yaitu:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Bismika allahumma amuutu wa ahya.

Dengan nama-Mu, Ya Allah, saya meninggal dan saya hidup. 

Kemudian Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, nan artinya: "Barangsiapa nan membaca angan berikut ini ketika dia menuju tempat tidurnya, maka dia bakal diampuni dosa-dosa oleh Allah, walaupun dosa- dosanya itu seperti busa lautan". (HR. Ibnu Hibban no. 5528).

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهَ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir, laa haula walaa quwwata illaa billah, subhanallahi walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar. 

Tidak ada Ilah nan berkuasa disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nyalah segala kerajaan dan pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan upaya, selain dengan pertolongan Allah. Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya. Tidak ada Illah nan berkuasa disembah selain Allah. Allah Maha Besar. .

Doa di atas merupakan permohonan diampuni dosa-dosa sebelum tidur. Kebiasaan tersebut adalah langkah untuk memastikan hati dan pikiran bersih sebelum beristirahat, sehingga dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Tuhan. 

Selain itu, melalui angan sebelum tidur, seseorang menjadi lebih sadar bakal tindakan nan telah dilakukan selama hari itu dan membantu memperkuat hubungan spiritual dengan Allah.

Dengan demikian, bermohon sebelum tidur memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menenangkan pikiran, mensyukuri berkah nan diterima, dan merencanakan tindakan di masa mendatang.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam