Selain Tidak Bayar Zakat, Ini 5 Penghambat Rezeki Rumah Tangga

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi berupaya mendapatkan rezeki.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Keberlimpahan rezeki dalam rumah tangga menjadi perihal nan diidamkan oleh setiap pasangan suami istri. Maka krusial bagi mereka untuk menghindari segala aspek nan dapat menjadi penghalang rezeki dalam rumah tangga.

Dalam Islam telah dijabarkan beberapa aspek nan dapat menghalang datangnya rezeki. Hal pertama adalah sikap malas alias enggan untuk bekerja, nan muncul akibat dugaan bahwa rezeki sudah diatur oleh takdir.

Sebaliknya, Islam mendorong umatnya untuk bekerja keras, berusaha, dan mengambil langkah-langkah nyata untuk mencari rezeki. Islam mengajarkan pentingnya berupaya dan Nabi Muhammad pun telah berpesan mengenai perihal tersebut. Diriwayatkan dari Miqdam bin Ma'di Karib, Nabi Muhammad SAW bersabda:

- ما أكلَ أحدٌ طعامًا قطُّ ، خيرًا من أنْ يأكلَ من عمَلِ يدِهِ وإنَّ نبيَّ اللهِ داودَ كان يأكلُ من عمَلِ يدِهِ

"Tidak ada seorang pun nan menyantap satu makanan nan lebih baik dari makanan hasil upaya tangannya (bekerja) sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Allah Daud AS menyantap makanan dari hasil usahanya sendiri." (HR. Bukhari)

Hadits itu menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW memberikan pesan kepada umat Islam agar seseorang menjaga kesucian dirinya dengan melakukan upaya alias upaya agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Untuk menghidupi dirinya sendiri, keluarganya, dan tanggungannya.

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam