Sentimen Sekitar Bitcoin Mulai Tenang! Apakah Harga Bisa Kembali Naik?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Bitcoin terlihat mulai bergerak positif dengan berkurangnya sentimen negatif di sekitar pasar crypto secara menyeluruh. 

Terlihat bahwa pada pekan ini tidak ada publikasi info perekonomian nan krusial di seluruh dunia, ditambah dengan pengaruh dari kebijakan makroekonomi nan mulai mereda lantaran tidak diperbincangkan seramai pada pekan lalu.

Dalam kondisi ini, kebanyakan penanammodal dan trader terlihat mulai bergerak positif, dari sisi institusional hingga ritel. 

Kondisi Investor dan Trader Mulai Positif

Melihat info perekonomian global, terlihat bahwa pada satu pekan ke depan tidak ada info krusial nan bakal dipublikasi oleh negara-negara besar di seluruh dunia, termasuk Amerika. 

Kondisi ini cukup umum di pekan kedua setiap bulan, dimana umumnya nilai kebanyakan aset berisiko seperti Bitcoin dan crypto secara menyeluruh mulai bergerak naik secara perlahan. 

Data nan bakal dipublikasi tetap terjadwalkan hingga pekan depan, tepat pada 15 Mei 2024, dimana Amerika bakal melakukan publikasi info inflasi, sehingga volatilitas kemungkinan baru bakal muncul pada pekan depan. 

Sehingga trader dan penanammodal bakal merasakan pergerakan positif pada beberapa hari ke depan, selain terdapat sentimen baru nan dapat meningkatkan volatilitas di pasar. 

Image

Terlihat bahwa dalam kondisi ini, penanammodal institusional terlihat mulai berani kembali melakukan pembelian, sehingga mendorong sentimen positif di sekitar Bitcoin untuk kembali menguat. 

Data dari Lookonchain memperlihatkan bahwa pada satu hari terakhir, terdapat pembelian dari penanammodal institusional sebesar 4.412 Bitcoin alias senilai $280 Juta, hanya dalam satu hari. 

Pembelian ini melanjutkan kondisi positif sejak Senin pekan ini dimana kebanyakan penanammodal institusional lebih condong membeli dibandingkan menjual Bitcoin melalui ETF. 

Sayangnya, kondisi pembelian ini tetap belum sukses mengalahkan kondisi negatif secara menyeluruh dalam satu pekan terakhir lantaran besarnya tekanan jual pada pekan lalu. 

Walau begitu, jika kondisi beli ini terus bersambung dalam volume nan sama, ada kemungkinan aliran biaya ETF Bitcoin bakal kembali positif lantaran volume jual bakal kalah dengan volume beli, mendorong sentimen negatif untuk pasar crypto. 

Dari sisi trader ritel, terlihat bahwa volume transaksi mulai naik kembali dengan pergerakan info open interest nan mulai naik, menandakan bahwa trader mulai berani membuka posisi. 

Saat open interest bergerak naik, umumnya nilai Bitcoin juga bakal bergerak naik, sehingga kondisi ini dapat menjadi pertanda positif untuk keseluruhan pasar crypto.

Walau begitu, sama seperti volume ETF, pergerakan open interest juga tetap relatif bergerak menurun jika dibandingkan dengan pekan lalu, lantaran sejak pekan lampau apalagi beberapa pekan terakhir, open interest terus bergerak turun, menandakan kepercayaan trader nan tetap belum tinggi terhadap apresiasi harga. 

Analisis Harga Bitcoin

Melihat nilai Bitcoin sendiri, untuk saat ini terlihat bahwa pergerakan dalam jangka panjangnya tetap relatif negatif dengan pola pergerakan memberikan kondisi koreksi besar. 

Terlihat bahwa untuk saat ini Bitcoin sedang berupaya untuk keluar dari area koreksinya namun tetap kesulitan untuk bergerak naik lantaran volume beli nan belum signifikan. 

Grafik Harian BTCUSD

Indikator RSI menunjukkan bahwa saat ini volume transaksi Bitcoin tetap condong dominan pada volume jual, sehingga apresiasi nilai tetap bakal sangat susah terjadi. 

Ditambah lagi, saat ini terdapat potensi pergerakan bearish divergence mini antara nilai Bitcoin dan parameter RSI, mempersempit kemungkinan apresiasi nilai secara signifikan.

Dalam kondisi ini terdapat potensi konsolidasi panjang hingga pekan depan, ialah pada sekitar $61,119 dan $64,116 apa jika tidak terjadi sentimen negatif secara mendadak. 

Selama pemisah bawah tetap bisa dijaga, ada kemungkinan untuk saat ini Bitcoin bakal kembali ke wilayah $64,00 hingga $65,000 dengan potensi pergerakan menuju $73,900 andaikan sentimen di pasar terus memperkuat positif. 

Sayangnya, jika terjadi koreksi, ada kemungkinan tujuan berikutnya berada pada $50,540 nan dapat menjadi pemisah bawah kuat untuk Bitcoin dalam jangka pendek. 

Terlihat bahwa parameter moving average memperlihatkan bahwa saat ini pererakan Bitcoin tetap condong negatif lantaran nilai tetap berada di bawah indiaktor tersebut. 

Semua berjuntai pada pemisah atas dan bawah konsolidasi, lantaran pemisah atas konsolidasi bergerak berdekatan dengan parameter MA sehingga jika ditembus ada potensi apresiasi, sedangkan pemisah bawah jika ditembus bakal terjadi koreksi besar. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis