Seorang Istri Mengambil Uang Suami, Ini Kata Nabi Muhammad

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Ilustrasi suami istri.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Permasalahan finansial sering menjadi pemicu ketegangan dalam rumah tangga. Salah satu situasi nan sering terjadi adalah ketika seorang istri menghadapi suami nan pelit dalam memberi duit sehari-hari, meskipun finansial family sebenarnya tidak mengalami kendala.

Kondisi ini, tanpa diragukan lagi, menjadi sumber kekhawatiran dan kebingungan bagi istri tersebut, terutama ketika kebutuhan sehari-hari untuk dirinya dan anak-anaknya terabaikan. Dalam situasi demikian, apakah boleh bagi istri untuk mengambil duit suami secara diam-diam dalam situasi seperti ini?

Diriwayatkan dari Aisyah RA, dia berkata:

دَخَلَتْ هِنْدٌ بِنْتُ عُتْبَةَ امْرَأَةُ أَبِي سُفْيَانَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أَبَا سُفْيَانَ رَجُلٌ شَحِيحٌ لَا يُعْطِينِي مِنْ النَّفَقَةِ مَا يَكْفِينِي وَيَكْفِي بَنِيَّ إِلَّا مَا أَخَذْتُ مِنْ مَالِهِ بِغَيْرِ عِلْمِهِ فَهَلْ عَلَيَّ فِي ذَلِكَ مِنْ جُنَاحٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُذِي مِنْ مَالِهِ بِالْمَعْرُوفِ مَا يَكْفِيكِ وَيَكْفِي بَنِيكِ

Hindun binti Utbah istri Abu Sufyan masuk menemui Rasulullah SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, sungguh Abu Sufyan adalah orang nan pelit. Ia tidak memberiku nafkah nan cukup untukku dan anak-anakku selain saya mengambil dari hartanya tanpa sepengetahuannya. Apakah nan demikian itu saya berdosa?"

Lalu beliau bersabda, "Ambillah hartanya dengan langkah nan baik, ialah sekadar memenuhi kebutuhanmu dan anak-anakmu." (Muttafaq Alaihi)

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW bersabda, "...Hak mereka (istri) atas kalian (suami) adalah agar kalian memberi rezeki dan busana kepada mereka dengan langkah nan baik." (HR Muslim)

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam