Tafsir Mimpi Bertemu Nabi Ishaq As 

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Kincaimedia –  Nabi Ishaq ‘alaihis salam dilahirkan di Kota Kan’an pada tahun 1761 SM. Nabi Ishaq ‘alaihis salam adalah putra kedua dari Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dengan Sarah setelah lahirnya Nabi Ismail. Pada saat Nabi Ishaq terlahir di dunia, usia Nabi Ibrahim sudah terbilang sangat tua ialah berumur 100 tahun. Nabi Ishaq ‘alaihis salam dilahirkan 14 tahun setelah Nabi Ismail ‘alaihis salam. Lantas, gimana tafsir mimpi berjumpa nabi Ishaq AS dalam islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi berjumpa nabi Ishaq AS dalam islam. Menurut Abdul Ghani Al-Nabulsi, berjumpa nabi Ishaq AS dalam mimpi menunjukkan kekhawatiran dan kesusahan, selain dia mempunyai seorang putra nan durhaka kepadanya, maka pertanda dia bakal kembali alim kepada orangtuanya. 

Sebagaimana dalam kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 71 berikut,

قال عبد الغني النابلسي : إسحاق عليه السلام رؤيته في المنام دالة على الهم والنكد إلا أن يكون له ولد عقه، فإنه يرجع إلى طاعته. وربما دلت رؤيته على البشارة والأمن من الخوف. وقيل من رأى إسحاق عليه السلام أصابه شدة من بعض الكبراء والأقرباء ثم يفرج الله عنه ويرزقه عزاً وشرفاً وبشارة وتكثر الملوك والرؤساء والصالحون من نسله، 

Artinya : “Abdul Ghani Al-Nabulsi berkata: Melihat nabi Ishak AS, dalam mimpi menunjukkan kekhawatiran dan kesusahan, selain dia mempunyai seorang putra nan telah durhaka kepadanya, dalam perihal ini dia bakal kembali alim kepada orangtuanya. Terkadang mimpi ini menunjukkan berita baik dan keamanan dari rasa takut. Dikatakan bahwa siapa pun nan memandang nabi Ishak AS, maka dia bakal ditindas oleh beberapa orang berpengaruh dan kerabatnya, kemudian Allah bakal melepaskannya dan memberinya kehormatan, kemuliaan, berita baik, dan pertanda banyaknya raja, presiden, dan orang-orang shaleh dari keturunannya.”

Menurut keterangan lain, mimpi berjumpa nabi Ishaq menunjukkan keluarnya seseorang dari kesusahan menjadi kelapangan, dari kesulitan menjadi kelimpahan, dari kemaksiatan menjadi ketaatan, dan dari kedurhakaan menjadi keharmonisan. 

Sebagaimana dalam kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 71 berikut,

هذا إذا رأه على جماله وكمال حاله فإن رآه متغير الحال ذهب بصره، وربما دلت رؤيته على الخروج من هم إلى فرج ومن ضيق إلى سعة ومن معصية إلى طاعة ومن عقوق إلى صلة. ومن رأى أنه تحول في صورة إسحاق عليه السلام، ولبس ثوبه، فإنه يشرف على الموت ثم ينجو منه .

Artinya : “Demikianlah jika dia memandang nabi Ishaq dalam keelokan dan kesempurnaan keadaannya. Tetapi, jika dia melihatnya dalam keadaan nan berubah, maka pertanda penglihatannya memburuk. Terkadang mimpi nabi Ishaq menunjukkan keluarnya seseorang dari kesusahan menjadi kelapangan, dari kesulitan menjadi kelimpahan, dari kemaksiatan menjadi ketaatan, dan dari kedurhakaan menjadi keharmonisan. Barangsiapa memandang dirinya menjelma menjadi nabi Ishaq AS dan mengenakan pakaiannya, maka dia bakal mendekati kematian, kemudian diselamatkan dari kematian itu.”

Berdasarkan keterangan diatas, Menurut Abdul Ghani Al-Nabulsi, berjumpa nabi Ishaq AS dalam mimpi menunjukkan kekhawatiran dan kesusahan, selain dia mempunyai seorang putra nan durhaka kepadanya, maka pertanda dia bakal kembali alim kepada orangtuanya. Menurut keterangan lain, mimpi berjumpa nabi Ishaq menunjukkan keluarnya seseorang dari kesusahan menjadi kelapangan, dari kesulitan menjadi kelimpahan, dari kemaksiatan menjadi ketaatan, dan dari kedurhakaan menjadi keharmonisan.

Demikianlah penjelasan mengenai tafsir mimpi berjumpa nabi Ishaq AS dalam Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Tafsir Mimpi Beristighfar ]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah