Tafsir Mimpi Melihat Kendi 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Ketika tidur, manusia diperkirakan bisa mengalami beragam macam peristiwa dalam mimpinya. Mimpi nan dialami bisa saja menyenangkan, menakutkan, menenangkan, alias betul-betul aneh. Salah satu mimpi nan sering dialami seseorang adalah mimpi memandang kendi. Tidak sedikit orang beranggapan mimpi tentang kendi mempunyai makna negatif, ialah orang nan bermimpi bakal dikhianati oleh pasangannya. Lantas, gimana tafsir mimpi memandang kendi dalam Islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi memandang kendi dalam Islam. Menurut keterangan ulama, memandang kendi dalam mimpi melambangkan pertobatan atas dosa, mendapatkan anak laki-laki bagi wanita hamil, dan menandakan seorang laki-laki nan bakal mengetahui rahasia. Mengumpulkan kendi dalam mimpi menjadi pertanda banyaknya kebaikan shaleh nan dapat membawanya masuk surga.

Sebagaimana dalam kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 50 berikut

 تدل رؤيته في المنام على التوبة للمعاصي، والولد الذكر للحامل، وربما دل على الغلام المطلع على الأسرار. وجمع الأباريق أعمال صالحة موجبة لدخول الجنة

Artinya : “Melihat kendi dalam mimpi menandakan pertobatan atas dosa, anak laki-laki bagi wanita hamil, dan mungkin menandakan anak laki-laki nan mengetahui rahasia. Mengumpulkan kendi pertanda banyaknya kebaikan shaleh nan membawa masuk surga.”

Mimpi memandang kendi dalam mimpi terkadang juga melambangkan pedang lantaran itu adalah salah satu namanya. Apabila seseorang memandang naiknya nilai kendi dalam mimpi, maka perihal ini menandakan peningkatan status orang nan bermimpi. 

Sebagaimana dijelaskan secara perincian dalam lanjutan keterangan kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 50 berikut;

وربما دل الإبريق على السيف لأنه من أسمائه، فإن غلت قيمته في المنام دل على رفع قدر من دل عليه، ويدل الإبريق على اللعب والضحك والقهقهة، وكذلك الحكم فيما يشبهه من الأواني .

Artinya : “Melihat kendi dalam mimpi terkadang melambangkan pedang lantaran itu adalah salah satu namanya. Apabila seseorang memandang naiknya nilai kendi dalam mimpi, maka perihal ini menandakan peningkatan status orang nan bermimpi. Kendi juga menunjukan permainan, tawa, dan cekikikan, begitu pula dalam peralatan nan serupa dengan kendi.”

Berdasarkan keterangan diatas, memandang kendi dalam mimpi melambangkan pertobatan atas dosa, mendapatkan anak laki-laki bagi wanita hamil, dan menandakan seorang laki-laki nan bakal mengetahui rahasia.

 Mengumpulkan kendi dalam mimpi juga menjadi pertanda banyaknya kebaikan shaleh nan dapat membawanya masuk surga. Sedangkan, andaikan seseorang memandang naiknya nilai kendi dalam mimpi, maka perihal ini menandakan peningkatan status orang nan bermimpi. 

Demikian penjelasan mengenai tafsir mimpi memandang kendi dalam Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Tafsir Mimpi Menjahit Pakaian]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah