Tafsir Mimpi Menjahit Pakaian 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Terkadang saat seseorang tidur bisa muncul beragam kejadian mimpi nan cukup unik. Satu di antara mimpi unik tersebut adalah pengalaman mimpi menjahit pakaian. Tidak sedikit nan mempercayai bahwa mimpi nan didapatkan ini merupakan pertanda baik, ialah dia bakal berjumpa dengan jodoh nan diimpikan. Lantas, gimana tafsir mimpi menjahit busana dalam islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi menjahit busana dalam Islam. Menurut keterangan ulama, menjahit busana dalam mimpi melambangkan nasehat, lantaran nasehat itu dalam bahasa arabnya adalah benang. Seseorang nan bermimpi menjahit busana orang lain dengan jarum, maka perihal itu pertanda dialah orang nan bakal menasihati mereka alias mengupayakan perdamaian di antara mereka.

Sebagaimana dalam kitab Mu’jam Tafsirul Ahlam, laman 48 berikut

 وأما إن خاط بها ثياب الناس ؛ فإنَّه  رجل ينصحهم أو يسعى بالصلاح بينهم؛ لأنَّ النَّصاح هو الخيط في لغة العرب، والإبرة المنصحة، والخياط : الناصح 

Artinya : “Jika seseorang menjahit busana orang dengan jarum, maka perihal itu pertanda dialah orang nan bakal menasihati mereka alias mengupayakan perdamaian di antara mereka. Karena nasehat itu dalam bahasa arabnya adalah benang, jarum berfaedah nasehat, dan penjahitnya berfaedah pemberi nasehat.”

Namun demikian, Apabila seseorang bermimpi menjahit pakaiannya sendiri, maka perihal itu dapat menjadi pertanda baik bagi dirinya jika dia menjahit dengan rapi dan benar. Tetapi, jika sebaliknya dia bakal dicoba dengan perkara batil.

Sebagaimana dijelaskan secara perincian dalam lanjutan keterangan kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 48 berikut,

وإن خاط ثيابه؛ استغنى إن كان فقيراً، واجتمع شمله؛ إن كان مبدداً، وانصلح حاله؛ إن كان فاسداً. وأما إن رفا بها قطعاً؛ فإنه يتوب من غيبة، أو يستغفر من إثم؛ إذا كان رفوه صحيحاً متقناً، وإلا اعتذر بالباطل، وتاب، ولم يتحلل من صاحب الظلامة . 

Artinya : “Dan jika dia menjahit pakaiannya sendiri, perihal itu pertanda dia bakal menjadi kaya jika dia miskin,  dia bakal dipersatukan kembali Jika dia sedang berpisah dan kondisinya bakal membaik Jika sedang sakit. Apabila dia betul-betul merasa puas dengan jaitannya, Ia bakal bertaubat dari ghibah, alias memohon maaf atas suatu dosa. Jika dia menjahit dengan rapi dan benar, tetapi, jika sebaliknya dia bakal dicoba dengan perkara batil. Dia bakal bertaubat tetapi tidak terlepas dari orang zalim.”

Berdasarkan keterangan di atas, mimpi menjahit busana orang lain dengan jarum artinya orang tersebut bakal memberi nasehat alias berupaya mendamaikan orang lain. Sebaliknya, mimpi menjahit busana sendiri bisa menjadi pertanda baik jika dijahit dengan rapi dan benar. Namun, jika jahitannya tidak rapi, maka orang tersebut bakal menghadapi cobaan.

Demikianlah penjelasan mengenai tafsir mimpi menjahit pakaian. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Tafsir Mimpi Bertemu Kucing]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah