Tata Cara Sholat Sunnah Tobat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi sholat.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Dalam Islam, bertobat adalah salah satu prinsip utama nan mengarahkan manusia untuk memperbaiki hubungannya dengan Sang Pencipta dan memperbaiki dirinya sendiri.

Manusia sebagai makhluk nan lemah dan rentan terhadap godaan, sering kali melakukan tindakan-tindakan nan bertentangan dengan aliran kepercayaan dan nilai-nilai moral. Bertobat adalah langkah awal untuk memahami bahwa kesalahan telah dilakukan dan kesadaran bakal akibat dari tindakan tersebut.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ لَهُ

Apabila ada orang nan melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lampau dia mendirikan sholat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon maaf kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya. (HR. Ahmad 48, Abu Daud 1523, Turmudzi 408, dan dishahihkan al-Albani).

Pertama, melakukan wudhu seperti biasa untuk mensucikan diri

Kedua, menunaikan sholat sunnah tobat dua rakaat dengan pedoman sholat pada umumnya. 

Ketiga, tidak ada surat unik dalam sholat sunnah tobat. Bisa dilakukan dengan membaca Surat Al-Fatihah dan satu surat lainnya. 

Keempat, melakukan sholat dengan intens dengan berambisi ridho Allah. 

Kelima, setelah sholat, hendaknya memperbanyak istighfar  dengan lafaz-lafaz istighfar nan datang dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam alias dengan kalimat nan mudah baginya untuk diucapkan.

Oleh lantaran itu, bertobat adalah sebuah perjalanan nan krusial dalam menjalani kehidupan sebagai seorang muslim.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam