Teman Yang Sebenarnya, Begini Penjelasannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Sesama Muslim dianjurkan untuk saling mengenal, saling membantu, saling mengingatkan, dan saling berbagi ilmu. Oleh lantaran itu, krusial untuk memilih kawan yang beragama dan bertakwa kepada Allah SWT. 

Berteman dengan orang nan bertakwa merupakan sebuah hidayah nan luar biasa. Orang nan bertakwa adalah perseorangan nan mengutamakan hubungannya dengan Allah SWT dalam segala aspek kehidupannya. Mereka mencurahkan waktu dan upaya mereka untuk menjaga ketakwaan dan menjalankan segala perintah-Nya.

Salah satu faedah utama berkawan dengan orang nan bertakwa adalah mendapat inspirasi dan dorongan untuk meningkatkan kualitas spiritual diri. Ketika kita berada di sekitar mereka, kita bakal terdorong untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki kebaikan ibadah, dan meningkatkan kesadaran bakal akhirat.

Selain itu, berkawan dengan orang nan bertakwa juga memperluas wawasan dan pemahaman kita tentang agama. Mereka dapat menjadi sumber pengetahuan nan berbobot dalam memahami aliran Islam secara le bih mendalam.

Maka, berkawan dengan sesama Muslim sangat dianjurkan oleh Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam Surat al-Hujurat ayat 10, nan berbunyi:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ 

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, lantaran itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar Anda mendapat rahmat. (QS. Al-Hujurat: 10).

Dalam sabda lain juga dijelaskan bahwa setiap orang Muslim kudu berkawan dengan orang Muslim lainnya, dan tidak dianjurkan untuk berkawan dengan non Muslim. Seperti dalam sabda berikut:

اَ تُصَاحِبْ إِلاَّ مُؤْمِنًا,وَلاَ يَأْكُلُ طَعَامَك َإِلاَّ تَقِيٌّ

Janganlah engkau berkawan melainkan dengan seorang mukmin, dan janganlah menyantap makananmu melainkan orang nan bertakwa.! (HR Abu Dawud).

Dalam pidato Muhammad bin Anies Shahab di Kanal Youtube Binanies TV, menjelaskan makna sabda di atas. Menurutnya, berkawan dengan non Muslim lama kelamaan bisa menggerus ketaatan seseorang terhadap Allah SWT. 

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam