Teori Pengantar Manajemen: Definisi, Pandangan Ahli, Fungsi Dasar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Manajemen merupakan perihal nan terlihat sederhana namun sebenarnya begitu kompleks. Banyak sekali bagian-bagian nan perlu diperhatikan dalam manajemen. Sehingga untuk mempermudah perihal tersebut diperlukan adanya pengantar.

Sama seperti dalam matematika dan pengetahuan lain, manajemen mempunyai pengantar materi sebelum menuju hal advance dari manajemen. Pengantar ini biasanya berisi hal-hal mendasar dalam manajemen seperti pengertian, fungsi, tujuan, dan lain sebagainya.

Nah dalam tulisan ini kita bakal ketahui apa saja nan termasuk dalam pengantar manajemen mulai dari pengertian hingga perihal nan diperlukan agar manajemen dapat sukses. Selamat Membaca.

Artikel Lain : Semua Tentang PPM Manajemen, Sekolah Manajemen Tertua Indonesia

Definisi Manajemen

Manajemen adalah tindakan terlibat dengan talenta manusia organisasi dan menggunakan sumber daya bentuk di pembuangan manajer untuk mencapai tujuan dan sasaran nan diinginkan secara efisien dan efektif.

Manajemen terdiri dari : perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin, mengarahkan, dan mengendalikan organisasi (sekelompok dari satu alias lebih orang alias badan) alias upaya untuk tujuan mencapai tujuan.

Salah satu tugas nan paling krusial bagi seorang manajer secara efektif menggunakan sumber daya organisasi. Tugas ini melibatkan penggelaran dan memanipulasi sumber daya manusia (atau modal manusia), serta efisien mengalokasikan sumber daya keuangan, teknologi, dan alami organisasi.

Artikel Lain : Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Finansial)

Karena organisasi dapat dilihat sebagai sistem, manajemen juga dapat didefinisikan sebagai tindakan manusia, seperti kreasi produk, nan memungkinkan sistem untuk menghasilkan hasil nan bermanfaat. Pandangan ini menunjukkan bahwa kita kudu mengelola diri sebagai prasyarat untuk mencoba untuk mengelola orang lain.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Seperti nan kita tahu manajemen berasal dari bahasa Inggris ialah kata manage yang dalam bahasa Indonesia berfaedah mengelola. Sehingga bisa kita pahami bahwa manajemen merupakan proses mengelola perihal nan diperlukan agar bisa mencapai tujuan nan kita inginkan.

Seperti nan dikutip melalui website jurnal-sdm.blogspot.co.id, terdapat banyak sekali definisi manajamen nan disampaikan oleh mahir berikut ini diantaranya :

Artikel Lain : Apa Itu Sistem Informasi Manajemen?

a. Harold Koontz & O’ Donnel

Dari bukunya nan berjudul “Principles of Management” mereka mengemukakan, “Manajemen berasosiasi dengan pencapaian sesuatu tujuan nan dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain” (Dayat, n.d,p.6).

b. George R. Terry

Dalam kitab dengan titel “Principles of Management” dia memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu proses nan membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan penyelenggaraan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik pengetahuan maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan nan telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).

c. Thomas H. Nelson

Manajemen perusahaan adalah pengetahuan dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan peralatan alias jasa nan berfaedah dan menjualnya dengan menguntungkan.

Artikel Lain : Bahas Habis Manajemen Penjualan

d. G.R. Terri

Manajemen diartikan sebagai proses nan unik nan terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan dan pengawasan nan dilakukan untuk menentukan dan upaya mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

e. James A. F. Stoner

Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) personil organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan nan telah ditetapkan.

f. Oei Liang Lie

Manajemen adalah pengetahuan dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan nan telah ditentukan.

Artikel Lain : Apa itu Manajemen Pemasaran?

Pandangan dalam Teori Pengantar Manajemen

Dari nan dikutip melalui website boundless.com, pada awalnya, manajemen dapat dianggap sebagai jenis fungsi, salah satu nan mengukur metrik keuangan, menyesuaikan rencana strategis, dan memenuhi tujuan organisasi. Hal ini bertindak apalagi dalam situasi di mana perencanaan tidak terjadi.

Dari perspektif ini, Henri Fayol (1841-1925) menganggap manajemen terdiri dari enam fungsi: peramalan, perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengkoordinasikan, dan mengendalikan. Dia adalah salah satu kontributor paling berpengaruh untuk konsep manajemen modern.

Dalam langkah berpikir lain, Mary Parker Follet (1868-1933) didefinisikan manajemen sebagai “seni mendapatkan sesuatu melalui orang.” Ia menggambarkan manajemen sebagai filsafat. Beberapa orang, bagaimanapun, menemukan arti ini berfaedah tapi terlalu sempit.

Artikel Lain : Cara Manajemen Zakat dan Wakaf

Ungkapan “manajemen adalah apa nan manajer lakukan” terjadi secara luas, menunjukkan kesulitan mendefinisikan manajemen, sifat pergeseran definisi, dan hubungan dari praktek manajerial dengan adanya kader manajerial alias kelas.

Perspektif lain menganggap manajemen sebagai setara dengan “administrasi bisnis” dan dengan demikian tidak termasuk manajemen di tempat-tempat di luar perdagangan, misalnya dalam kebaikan dan di sektor publik.

Lebih realistis, bagaimanapun, setiap organisasi kudu mengelola pekerjaan, orang, proses, dan teknologi mereka untuk memaksimalkan efektivitas dan mencapai tujuannya.

Artikel Lain : Tips Lengkap Manajemen Bisnis

Fungsi dasar Manajemen

Manajemen beraksi melalui beragam fungsi, seperti perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin / mengarahkan, mengendalikan / monitoring, dan memotivasi.

  • Perencanaan: Memutuskan apa nan kudu terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, bulan depan, tahun depan, selama lima tahun ke depan, dll) dan menghasilkan rencana aksi.
  • Pengorganisasian: Menerapkan pola hubungan antara pekerja dan memanfaatkan optimal sumber daya nan diperlukan untuk mengaktifkan sukses melaksanakan rencana.
  • Staffing: Analisis pekerjaan, rekrutmen, dan mempekerjakan orang-orang dengan keahlian nan diperlukan untuk pekerjaan nan tepat. Menyediakan alias memfasilitasi training nan berkelanjutan, jika perlu, untuk menjaga keahlian saat ini.
  • Leading / mengarahkan: Menentukan apa nan perlu dilakukan dalam situasi dan membikin orang untuk melakukannya.
  • Mengontrol / monitoring: Memeriksa hasil saat melawan rencana perkiraan dan membikin penyesuaian jika diperlukan agar tujuan tercapai.
  • Memotivasi: Motivasi adalah kegunaan dasar dari manajemen lantaran tanpa motivasi, tenaga kerja mungkin merasa terputus dari pekerjaan mereka dan organisasi, nan dapat menyebabkan keahlian tidak efektif. Jika manajer tidak memotivasi tenaga kerja mereka, mereka mungkin tidak merasa pekerjaan mereka memberikan kontribusi untuk tujuan keseluruhan organisasi (yang biasanya ditetapkan oleh manajemen tingkat atas).

Nah itulah tadi sedikti mengenai pengantar manajemen. Semoga dapat berfaedah bagi anda. Cukup sekian dan terima kasih, sampai bertemu pada tulisan selanjutnya.

Post Views: 4,674

Selengkapnya
Sumber Bisnis dan Manajemen
Bisnis dan Manajemen