Ternyata Ada Keluarga Firaun Yang Beriman Kepada Allah, Siapa Dia?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jamaah membaca Alquran di Masjid Nabawi, Kamis (23/5/2024).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Alquran mengabadikan ragam cerita tentang Firaun. Umumnya umat Muslim menganggap nan namanya Firaun adalah kafir. Namun sebenarnya di dalam lingkup family Firaun rupanya ada nan beragama kepada Allah.

Bahkan itu disebutkan dalam Alquran. Dalam Surat Ghafir ayat 28, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَجُلٌ مُّؤْمِنٌۖ مِّنْ اٰلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ اِيْمَانَهٗٓ اَتَقْتُلُوْنَ رَجُلًا اَنْ يَّقُوْلَ رَبِّيَ اللّٰهُ وَقَدْ جَاۤءَكُمْ بِالْبَيِّنٰتِ مِنْ رَّبِّكُمْ ۗوَاِنْ يَّكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهٗ ۚوَاِنْ يَّكُ صَادِقًا يُّصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِيْ يَعِدُكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ

"Dan seseorang nan beragama di antara family Fir‘aun nan menyembunyikan imannya berkata, “Apakah Anda bakal membunuh seseorang lantaran dia berkata, “Tuhanku adalah Allah,” padahal sungguh, dia telah datang kepadamu dengan membawa bukti-bukti nan nyata dari Tuhanmu. Dan jika dia seorang pembohong maka dialah nan bakal menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika dia seorang nan benar, niscaya sebagian (bencana) nan diancamkannya kepadamu bakal menimpamu. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang nan melampaui pemisah dan pendusta." (QS. Ghafir ayat 28)

Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, Syekh Khalid al-Jundi menjelaskan, sebagian umat Muslim keliru memahami Fir'aun lantaran mereka menganggap semua Fir'aun itu berfaedah kafir.

Al-Jundi memaparkan, tidak semua Fir'aun kafir, lantaran beberapa di antaranya ada nan alim kepada Allah SWT, meski memang salah satu Fir'aun itu kafir.

"Ini menunjukkan bahwa Fir'aun seperti era kita sekarang, di mana sebagian ada nan beragama dan sebagian lagi kafir," kata Syekh Al-Jundi, dikutip dari Masrawy.

Artinya, jelas dia, bahwa di setiap era tentu ada golongan nan mukmin dan kafir. Karena itu Al-Jundi menekankan, Alquran pun mengabadikan seseorang nan beragama nan berasal dari family Fir'aun.

Dua laman Alquran...Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam