Tidak Hanya Gulung Tikar, Banyak Trader Malah Gulung-gulung Di Tikar Gegara Anjloknya Bitcoin

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kincaimedia – Selama 4 jam pembantaian di pasar kripto, para trader telah mengalami kerugian lebih dari US$ 100 juta. Kerugian ini terjadi lantaran penurunan nilai pasar mata uang digital nan tiba-tiba, di mana total kapitalisasi pasar turun nyaris US$ 100 miliar sejak 29 April. Akibatnya, likuidasi alias penjualan paksa posisi nan dipegang oleh para trader tak dapat dihindari.

Melansir dari finbold.com pada hari Selasa (30/4/2024), kerugian pedagang tercatat mencapai US$ 101,39 juta hanya dalam waktu empat jam. Kebanyakan dari kerugian ini, ialah US$ 96,62 juta adalah dari likuidasi dari posisi long term.

Seperti diketahui, ini adalah posisi nan dibuka oleh pedagang nan berambisi nilai mata uang digital bakal naik. Namun, ketika nilai jatuh, mereka terpaksa menjual dengan rugi besar.

Dua Kripto Utama Terdampak Hebat

Ethereum (ETH) dan Bitcoin (BTC) adalah dua mata duit mata uang digital nan paling banyak terdampak. Pasalnya, Ethereum mengalami kerugian sebesar US$ 28,47 juta dan Bitcoin nyaris US$ 20 juta dalam kerugian akibat likuidasi di periode waktu nan sama.

Selama 12 jam, total kerugian mencapai US$ 204,56 juta dan selama 24 jam, trader mata uang digital kehilangan US$ 273,38 juta. Hampir 100.000 pedagang terkena akibat likuidasi ini. Binance, salah satu platform perdagangan kripto, mencatat likuidasi terbesar dengan satu perdagangan pasangan ETH/USDT senilai US$ 5 juta.

Secara keseluruhan, pasar mata uang digital nan mulai dengan kapitalisasi US$ 2.264 triliun pada 29 April, turun menjadi US$ 2.165 triliun keesokan harinya, menandakan penghapusan besar-besaran nilai nyaris $100 miliar dari pasar.

Situasi ini menciptakan suasana takut, ketidakpastian, dan keraguan (FUD) di antara para trader. Sejumlah pemain pasar ini memutuskan menjual aset mereka lantaran panik, sementara nan lain memandang ini sebagai kesempatan untuk membeli lebih banyak aset dengan nilai nan lebih rendah. 

Namun, pasar sekarang berada dalam tahap penyesuaian harga, nan berfaedah bisa saja nilai bakal terus turun sebelum stabil. Selain itu, para trader dan juga penanammodal juga menantikan pengumuman dari The Fed mengenai kebijakan suku kembang baru, nan dijadwalkan pada hari ini. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis