Tiga Buah Kegemaran Nabi Dan Khasiatnya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Di antara begitu banyaknya nikmat nan telah Allah anugerahkan di atas bumi adalah buah-buahan. Ada beraneka jenis buah-buahan nan tersebar di seluruh penjuru dunia. Satu sama lain saling berbeda rupa, ukuran, warna, dan rasa. Namun, semuanya mengandung beragam nutrisi nan sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Nabi Muhammad SAW juga menggemari buah-buahan. Dari sekian banyak macam nan ada, sejumlah buah menjadi makanan kesukaan beliau. Rasulullah SAW pun mengingatkan umatnya agar selalu berterima kasih atas karunia Illahi.

Kurma

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk menyantap buah kurma setiap hari. Jenis kurma nan paling terkenal di kalangan Muslimin adalah ajwa. Sebab, kurma nan berasal dari Madinah itu merupakan kegemaran Rasulullah SAW.

Bahkan, ada sabda mengenai kurma nan satu ini, “Barangsiapa pada waktu pagi hari menyantap tujuh butir kurma ajwa, pada hari itu dia tidak bakal terkena racun maupun sihir” (Shahih Bukhari).

Tak mengherankan jika jamaah haji dan umrah memburu kurma ajwa saat berada di Tanah Suci. Penampilan kurma ajwa memang agak berbeda dengan kurma jenis lain. Warnanya kehitaman. Banyak guratan di kulitnya. Rasanya manis serta berdaging tebal.

Delima

Dalam surah ar-Rahman ayat 68, Allah Ta’ala mengungkapkan delima sebagai salah satu dari buah-buahan di surga. Buah nan kaya serat ini berasal dari Persia (Iran) ribuan tahun silam. Di sana, namanya lebih dikenal sebagai anar. Delima kemudian dibudidayakan di banyak negeri, terutama nan beriklim hangat. Tiga tanah suci—Makkah, Madinah, dan Yerusalem—merupakan beberapa contoh wilayah subur penghasil delima.

Rasulullah SAW memuji delima sebagai penyembuh bagi tubuh. Di antara beragam faedah buah tersebut adalah menjaga jantung dan usus agar terus berfaedah optimal. Di samping itu, nutrisi nan terkandung di dalamnya dipercaya bisa mencegah cacing pita serta menyembuhkan penyakit disentri. Ibnu Sina dalam sebuah risalahnya menyebut kegunaan lain dari delima. Kulit buah tersebut diyakini bisa mengusir serangga dan hama.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW diketahui pernah mengonsumsi semangka yang dicampur dengan kurma matang nan tetap basah (kurma ruthab). Beliau bersabda, “Panas dari buah ini (kurma) dinetralkan oleh unsur dingin dari buah ini (semangka)” (HR Abu Dawud dan Imam Tirmidzi).

Tidak hanya daging buahnya nan kaya bakal vitamin A, kalsium, betakaroten, serat, serta air. Biji semangka rupanya juga berguna untuk kesehatan tubuh. Biji-bijian nan berbentuk mungil itu diketahui mengandung sejumlah zat, ialah antara lain, vitamin B, magnesium, dan lemak baik. Ada pula kandungan fosfor, natrium, dan kalium di dalamnya.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam