Tiga Doa Nabi Musa Untuk Mendapatkan Kelimpahan Rezeki Dan Terhindar Dari Kesulitan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Setiap orang shaleh mempunyai langkah bermohon kepada Allah. Ketika mengalami kesulitan besar misalkan, mereka bermunajat dengan penuh kekhusyuan agar Allah mendengar dan mengabulkan permintaan itu.

Nabi Musa punya langkah tersendiri dalam berdoa. Suatu ketika dia menghadapi kesulitan besar. Dalam kisahnya, Nabi Musa mengunjungi Kota Mesir dan menemukan dua orang nan sedang bertengkar. Salah satunya adalah dari kaumnya sendiri (Bani Israel), sedangkan nan lainnya adalah dari kaum nan menentang Musa (Kaum Firaun)

Musa mencoba memisahkan mereka, dan nan dari kaumnya itu meminta pertolongan Musa dengan berkata: "Wahai Musa, apakah Anda hendak membunuh aku, sebagaimana Anda telah membunuh seorang manusia kemarin? Sungguh Anda hanya mau menjadi seorang nan berkuasa di negeri ini dan Anda tidak mau menjadi seorang nan melakukan baik."

Doa Nabi Musa memohon ampunan

Musa terkejut lantaran dia tidak menyadari bahwa pembunuhan nan dilakukannya sebelumnya diketahui. Pembunuhan itu terjadi ketika Musa mencoba memihak seorang Bani Israel nan diserang oleh seorang prajurit Mesir. Dalam kebingungannya, Musa meminta maaf dan memohon maaf kepada Allah dengan mengucapkan doa:

رَبِّ اِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَغَفَرَ لَهٗ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Rabbi innii zhalamtu nafsii faghfirlii faghafara lahu innahu huwal ghafurur rahim.

Ya Tuhanku, sesungguhnya saya telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku. Maka Dia (Allah) mengampuninya. Sungguh, Allah, Dialah nan Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al-Qasas: 16)

Tindakan ini menunjukkan bahwa Nabi Musa adalah seorang nan alim kepada Allah dan merasa bertanggung jawab atas perbuatannya.

Setelah kejadian tersebut, Nabi Musa melarikan diri ke Madyan lantaran dia mendengar berita bakal dibunuh oleh pasukan Firaun sehingga dia memutuskan untuk meninggalkan Kota Mesir. 

Doa Nabi Musa saat melakukan perjalanan

Selama perjalanan, Nabi Musa selalu memanjatkan angan agar Allah membimbingnya selama di perjalanan. 

رَبِّيْٓ اَنْ يَّهْدِيَنِيْ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ

Rabbii ayyahdiyani sawaa assabil

Semoga Tuhanku membimbingku ke jalan nan benar. (QS Al-Qasas: 22).

Setelah sampai di Kota Madyan, Nabi Musa menemukan sekelompok orang nan sedang memberi minum ternak mereka. Di antara mereka, ada dua wanita nan menunggu untuk memberi minum ternak mereka setelah orang-orang lain selesai. 

Musa bertanya kepada mereka: “Apa maksudmu melakukan begitu?”, Kemudian kedua wanita itu menjawab, “Kami tidak dapat memberi minum ternak kami sebelum para pengembala itu selesai.”

Kedua wanita itu mengaku tidak mau berbaur dengan orang-orang lain lantaran mereka kudu menunggu sampai ternak mereka selesai diberi minum. Kemudian, Musa membantu mereka dengan mengambil air dan memberi minum ternak tersebut.

Doa Nabi Musa Memohon Limpahan Rezeki dan Pertolongan

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam