Tiga Hadits Ini Gambarkan Teladan Nabi Muhammad Saw Sehari-hari

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Nabi Muhammad.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW merupakan teladan dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam keseharian, beliau SAW telah menunjukkan adab nan mulia, terlebih kepada sesama manusia.

Hal itu tergambarkan dalam beberapa riwayat hadits, nan dapat menjadi pegangan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Setidaknya ada tiga hadits nan perlu ditanamkan kandungan maknanya dalam diri seorang Muslim, sebagaimana berikut ini.

Hadits tentang Teladan Nabi Muhammad Sehari-hari

1. Tak Menyayangi Maka tak Disayangi

قَبَّلَ رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ الحَسَنَ بنَ عَلِيٍّ وعِنْدَهُ الأقْرَعُ بنُ حَابِسٍ التَّمِيمِيُّ جَالِسًا، فَقَالَ الأقْرَعُ: إنَّ لي عَشَرَةً مِنَ الوَلَدِ ما قَبَّلْتُ منهمْ أحَدًا، فَنَظَرَ إلَيْهِ رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ ثُمَّ قَالَ: مَن لا يَرْحَمُ لا يُرْحَمُ.

Rasulullah SAW mencium cucunya Hasan, sedangkan Al Aqra bin Habis Al Tamimi sedang duduk bersamanya. Lalu Aqra berkata, "Aku punya 10 anak, tetapi tidak satupun di antara mereka nan pernah kucium." Lalu Rasulullah SAW memandangnya, lampau bersabda, "Siapa nan tidak menyayangi, maka tidak bakal disayangi." (HR. Bukhari dari Abu Hurairah)

Hadits tersebut berisi tentang rahmat di mana Nabi SAW berfirman bahwa siapa nan tidak beragama kepada rahmat Allah, maka dia tidak mengharapkannya dari Allah. Meski seseorang mengikuti setiap kata dalam Alquran, tetapi tidak bisa mengampuni kesalahan mini dan bersikap baik kepada orang lain, maka artinya dia tidak mengabdi pada kepercayaan Islam.

Makhluk nan welas asih dapat membawa perubahan tersendiri dalam hidup dan mengalami perubahan total dalam langkah pandang hidupnya. Jika kekuasaan nan lebih agung bisa mengampuni dosa-dosa besar dan keji, maka umat manusia nan merupakan hamba-Nya kudu bisa menunjukkan kasih sayang kepada orang-orang di sekitarnya dan mengabaikan kesalahannya.

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam