Oleh Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud



Pada tahun 2024, AI generatif berpotensi untuk berkembang menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari setiap upaya kecil, setiap tim di perusahaan besar, dan setiap pekerja sendiri. Lalu, apa dampaknya pada langkah kita bekerja?



Sejak tahun lalu, kami telah memandang orang-orang bekerja dengan AI generatif di beragam produk kami, melalui Gemini untuk Google Workspace. Teknologi ini dapat mendukung keahlian nan sudah dimiliki, misalnya saat seorang penulis mau menyempurnakan karyanya dengan menggunakan penyunting virtual alias seorang desainer sedang memerlukan support untuk mencari ide. Namun, dia juga dapat menghadirkan keahlian baru, seperti ketika seorang pengguna awam spreadsheet memanfaatkan AI untuk mengolah tabel layaknya ahli.



Dalam AI generatif, ada banyak penemuan teknologi nan terjadi di kembali layar. Akan tetapi, nan krusial bagi pemilik alias tenaga kerja upaya mini adalah akibat output-nya alias seberapa efektif teknologi ini membantu mereka mengefisienkan pekerjaan, menjaga kinerja, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Saya percaya mereka bakal merasakannya dalam tiga perihal utama.


Model AI multimodal bakal meningkatkan proses kerja UMKM



Pada tahun 2024, kita bakal mulai memandang kecanggihan AI multimodal — yaitu, AI nan dapat memahami info dalam corak teks, gambar, audio, video, dan lainnya — dalam mendukung keahlian organisasi baik besar maupun kecil, termasuk UMKM.



Tidak hanya memberikan hasil nan lebih bermanfaat, teknologi ini menawarkan keahlian dalam beberapa modalitas sekaligus. Sebagai contoh, hasil kalkulasi di spreadsheet dapat dimasukkan ke dalam isi email, nan ditulis dengan mempertimbangkan hubungan sebelumnya dengan pelanggan, mungkin disertai sketsa alias ilustrasi nan relevan.



Kemajuan ini bakal berfaedah bagi semua organisasi, tetapi khususnya bagi upaya kecil, di mana satu orang mungkin melakukan banyak pekerjaan sendirian. Misalnya, pemilik sebuah bengkel sepeda menerima foto dari pengguna tentang kerusakan sepedanya, dan AI multimodal bakal dapat memahami gambar itu lampau mendeskripsikan masalah nan terjadi.



Inilah AI upaya nan memberikan kapabilitas tambahan, memungkinkan pengguna merepresentasikan diri dan pekerjaannya dengan memanfaatkan beragam macam ekspresi. Selain itu, melalui hubungan percakapan dengan AI nan gayanya dapat disesuaikan dengan masing-masing individu, setiap pengguna dapat mengoptimalkan komunikasinya baik dengan tim internal maupun dengan pengguna agar terasa lebih personal.


UMKM bakal meningkatkan keahlian membikin perintah



Dua perihal terpenting tentang AI generatif di tempat kerja adalah keahlian pengguna untuk memanfaatkannya, dan faedah nan diberikannya bagi pengguna.



Pada tahun 2024, upaya baik besar maupun mini — dari upaya mini nan dikelola family hingga perusahaan dunia — bakal meningkatkan keahlian mereka membikin perintah nan efektif untuk membantu beragam hal, dari membikin konten untuk pemasaran email hingga menulis dan menyempurnakan pesan jawaban bagi pelanggan.



Bisnis mini mungkin perlu menulis email bagi pengguna untuk menawarkan promo spesial, membicarakan pembelian sebelumnya, dan menjelaskan untung berbisnis dengan mereka. Atau mungkin, mereka perlu menulis alias memoles konten email alias newsletter bulanan, alias apalagi meminta saran dalam membalas email dari salah satu supplier.



Jika Anda sudah menggunakan Gemini untuk Workspace — alias tertarik mencoba — berikut beberapa tips menulis perintah (prompt) untuk membantu memberikan hasil nan lebih bermanfaat:

  • Gunakan bahasa alami
  • Buat ringkas dan jelas

  • Berikan konteks

  • Gunakan kata kunci nan relevan dan spesifik

  • Bagi tugas nan kompleks menjadi beberapa perintah terpisah


Kolaborasi dengan AI Generatif bakal menjadi keharusan baru dalam bekerja



Salah satu perihal paling menarik tentang AI generatif adalah teknologi ini mendukung hubungan alami, tetapi dibekali dengan komputasi nan luar biasa canggih. Anda cukup mengucapkan alias mengetikkan perintah, dan di kembali layar, jutaan hubungan komputer bakal menghasilkan info nan Anda butuhkan dalam sekejap mata. Idealnya, kualitas produk AI generatif bakal meningkat seiring waktu, bisa membantu orang berkreasi, berkomunikasi, dan bekerja-sama dengan lebih baik sekaligus menjaga keamanan dan privasi pengguna serta info mereka.



Tahun ini, kita bakal memandang percakapan nan lebih intens lagi antara manusia dan AI generatif, seiring teknologi ini semakin maju dan pengguna semakin terbiasa bekerja dengannya. Tidak seperti dengan jenis aplikasi menulis dan produktivitas sebelumnya, banyak aktivitas bakal terjadi di dalam proses kreasi, mungkin dengan saran nan dapat mempercepat pekerjaan alias saran nan menunjukkan alur kerja alias proses nan sebelumnya tidak terpikirkan.



Pada saat nan bersamaan, AI terus bertambah canggih dalam membaca kebutuhan situasional di dalam sebuah bisnis, dan bakal dapat menyarankan alur kerja nan paling optimal untuk saat itu. Misalnya pada saat rapat, AI mungkin menawarkan kemampuannya untuk membikin rangkuman rapat dan mengirimkannya kepada semua pihak terkait. Atau, mungkin saja saat Anda bekerja sendiri merancang sebuah produk baru, AI menyarankan perangkat alias gambar untuk digunakan.



Kecanggihan AI generatif berasal dari data, jadi respons terbaiknya bakal lebih mungkin berasal dari jasa berbasis cloud nan secara bawaan melindungi privasi dan keamanan pengguna, bukan dari aplikasi model lama nan menyimpan info di laptop dengan file nan dibagikan sebagai lampiran tanpa kontrol akses. Sistem berbasis cloud mempunyai keahlian untuk mengubah bumi kerja dengan saran nan relevan dan dipersonalisasi, serta dengan memanfaatkan konteks pekerjaan Anda, seperti email alias file nan tersimpan di cloud, dengan langkah nan tetap menjaga privasi Anda.



Namun, percakapan nan paling krusial adalah antara Anda dan kolega, perusahaan, dan pengguna Anda. Saya sudah tidak sabar untuk memandang manfaatnya bagi Anda semua, para pengguna nan bakal merasakan akibat positif AI generatif pada tahun 2024 ini dan seterusnya.


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->