Tiga Waktu Terbaik Untuk Memohon Ampunan Allah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Seorang wanita Muslim dengan tangannya nan dilukis dengan pacar tradisional bermohon selama sholat Idul Fitri, membikin pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi nan berhistoris di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Ilustrasi berdoa

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Manusia tidak pernah luput dengan nan namanya kesalahan. Meskipun berupaya menjadi orang nan lurus dan beradab luhur, mereka terkadang juga bisa jatuh ke titik terendah dan terpengaruh dengan bujukan setan.

Namun, manusia sungguh beruntung lantaran Allah mempunyai sifat Maha Pemurah dan Maha Pengampun. Sehingga, Dia pasti bakal mengampuni dosa-dosa kita apa pun nan Dia kehendaki, dan mengampuni semua kesalahan dan pelanggaran kita jika kita betul-betul bertobat dan berakhir melakukannya.

Salah satu ibadah terbesar nan Allah tetapkan bagi kita adalah memohon maaf kepada-Nya. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسْتَغْفِرْ لِذَنْۢبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِبْكَارِ

Artinya: "Bersabarlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, mohonlah maaf untuk dosamu, dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi!" (QS Gafir [40]:55)  

Dalam ayat nan lain juga dijelaskan:

وَّاسْتَغْفِرِ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًاۚ

Artinya: "Mohonlah pembebasan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS An-Nisa' [4]:106)

Lalu kapan waktu terbaik untuk memohon maaf kepada Allah SWT?

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam