Tips Dan Doa Agar Istiqomah

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Kehidupan ini penuh dengan ujian, baik berupa kesenangan maupun kesulitan. Ujian dalam corak kesenangan, seperti kekayaan, popularitas, dan kekuasaan, seringkali lebih rawan lantaran dapat membikin seseorang lupa diri dan lalai dari mengingat Allah. 

Sebaliknya, ujian dalam corak kesulitan, seperti kemiskinan, penyakit, dan kehilangan, dapat menggoyahkan ketaatan seseorang jika tidak dihadapi dengan sabar dan tawakal.

Dalam menghadapi ujian-ujian tersebut, istiqamah menjadi pelindung utama bagi seorang Muslim. Ketika seorang Muslim tetap istiqamah, dia bakal terus menjalankan shalat, berpuasa, berzakat, dan melakukan kebaikan lainnya meskipun dalam kondisi sulit. 

Istiqamah juga berfaedah tetap bersabar dan bertawakal kepada Allah, percaya bahwa setiap ujian nan datang merupakan corak kasih sayang Allah untuk menguji dan memperkuat ketaatan hamba-Nya.

Di samping itu, seorang Muslim kudu banyak meminta perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari hal-hal nan membuatnya lalai. Salah satunya sering mengamalkan angan berikut agar tetap dijadikan Muslim nan istiqamah. 

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, lantaran sesungguhnya Engkau-lah Dzat nan Maha Pemberi (karunia). (QS. Ali Imran: 8).

Beberapa langkah agar tetap menjadi Muslim nan istiqamah yaitu:

Pertama, memperbanyak membaca Alquran, berzikir, dan berdoa

Amalan ini bakal menanamkan ketenangan dan kepercayaan nan kuat bahwa Allah selalu berbareng orang-orang nan beriman.

Kedua, lingkungan nan mendukung

Bergaul dengan orang-orang sholeh dan berada di lingkungan nan mendukung praktik keagamaan dapat membantu seseorang untuk tetap istiqamah. Sebab, teman-teman nan baik bakal saling mengingatkan dalam kebaikan dan mencegah dari perbuatan dosa.

Ketiga, mempunyai pengetahuan pengetahuan

Memahami aliran Islam secara mendalam melalui belajar dari para ulama, membaca buku-buku keislaman, dan mengikuti kajian-kajian dapat memperkuat kepercayaan dan membantu menghadapi ujian dengan bijak.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam