Urwan Bin Zubair, Tokoh Tabiin Yang Kakinya Diamputasi Ketika Sholat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Urwah bin Zubair, tokoh dari generasi tabiin, adalah seorang hafizh dan faqih. Dia hafal hadits dari ayahnya dan dikenal giat puasa. Bahkan saat menjelang ajalnya, dia dalam keadaan puasa.

Urwah memang tidak pernah bertemu Nabi Muhammad SAW. Namun kepribadian dan ketaatannya amatlah luar biasa. Ada kisah menarik dari sosok Urwah bin Urwah, nan sungguh mengetuk hati.

Kisah ini dipaparkan Dr Sufyan bin Fuad Baswedan MA dalam "Ibunda Para Ulama". Ini berasal dari Urwan nan menderita sakit kanker kulit hingga menjalar ke kaki hingga betisnya.

Saat itu para tabib sudah tidak sanggup mengobatinya. Sehingga kakinya pun membusuk. Para tabib cemas jika terus dibiarkan maka pembusukan ini terus menjalar dan bisa ke tubuh bagian lain.

Para tabib pun memutuskan untuk mengamputasi kaki Urwah nan telah membusuk. Mereka menawarkan Urwan untuk meminum khamr agar tidak merasa sakit dalam proses amputasi. Namun, Urwan menolak meminum khamr. "Tak layak rasanya jika saya menenggak peralatan haram sembari berambisi kesembuhan dari Allah," kata Urwah.

Lalu para tabib bermaksud menggunakan langkah lain ialah dengan memberinya obat bius. Mendengar itu, Urwah berkata, "Aku tak mau salah satu personil badanku diambil tanpa terasa sakit sedikit pun. Justru saya berambisi pahala nan besar dari rasa sakit ini."

Kemudian masuklah beberapa orang nan tidak dikenali oleh Urwah. Dia pun bertanya siapa mereka. Para tabib mengatakan mereka adalah orang-orang nan siap membantu Urwah untuk menahan rasa sakit. "Karena rasa sakitnya bisa saja membuatmu lepas kontrol," kata tabib.

Urwah pun mengatakan, "Aku rasa kalian tidak perlu melakukannya. Insya Allah saya sanggup mengendalikan diriku."

Seketika itulah, para tabib mulai menjalani proses amputasi pada bagian betis Urwah dengan memakai pisau. Ini terjadi di majelis Al Walid bin Abdil Malik. Namun Al Walid sedang sibuk dengan urusannya sehingga tidak memperhatikan proses amputasi kaki Urwah. Akan tetapi, dia baru mengetahuinya setelah mencium aroma daging nan terbakar.

Berlanjut ke laman selanjutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam