Wisata Puncak Bogor: Menikmati Keindahan Alam Dan Destinasi Menarik

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Wisata Puncak – Puncak Bogor, nan berlokasi di provinsi Jawa Barat, merupakan wilayah perbukitan nan mempunyai pemandangan bagus serta terkenal sebagai destinasi liburan bagi visitor lokal maupun mancanegara. Dengan tinggi sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, Puncak Bogor mempunyai udara nan dingin, sejuk, serta pemandangan bagus nan menakjubkan.

Destinasi Wisata Alam di Puncak Bogor

Wisata di Puncak Bogor merupakan salah satu destinasi favorit tujuan para visitor untuk menghabiskan waktu libur. Hal tersebut dibuktikan dengan nyaris setiap hari libur maupun akhir pekan, wilayah Puncak Bogor selalu penuh dengan visitor baik lokal maupun mancanegara. Berikut ini, lima referensi lokasi wisata di Puncak Bogor nan kental dengan nuansa alam.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan detinasi wisata dengan luas sekitar 22 hektare nan telah ditetapkan sejak tahun 1980. Di lokasi wisata satu ini, Grameds bisa menikmati keelokan keanekaragaman hewan original Indonesia. Grameds bisa menemukan beragam ragam hewan di kediaman aslinya seperti kepik raksasa, sigung, owa jawa, lutung, surili, dan jika beruntung, Grameds bisa memandang kegagahan dari elang jawa.

Selain hewan original Indonesia, Grameds juga bisa memandang tanaman nan sudah susah ditemukan mulai dari anggrek hutan, kantong semar, hingga kembang Rafflesia nan terkenal. Untuk masuk ke area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Grameds cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 dan Rp5.000 untuk pendakian serta asuransi.

Hanya dengan mendaki dan berkemah selama 2 hari 1 malam, Grameds bakal mempunyai kesempatan lebih besar untuk memandang secara langsing hewan serta tumbuhan langka nan terdapat di taman konservasi ini. Perlu diperhatikan bahwa memang beberapa hewan ada nan tidak berani muncul saat ada manusia di sekitarnya. Selain itu, sebagian hewan lainnya juga banyak nan aktif pada malam hari sehingga cukup susah untuk ditemukan ketika tetap ada matahari. Destinasi wisata di Puncak Bogor ini lebih cocok untuk dinikmati oleh rombongan maupun pasangan muda nan tidak membawa anak-anak.

2. Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember beradai di awal jalur Puncak dengan letak pintu masuknya berada di Jalan Raya Puncak km 15. Untuk menuju ke Curug 7 Cilember, Grameds kudu melalui perjalanan di perumahan masyarakat sebelum tiba di gerbang air terjun ini. Di area wisata ini, terdapat warung makan nan dapat dimanfaatkan untuk sekadar menikmati kopi serta ngemil roti maupun jagung bakar di udara nan sejuk. Sembari menikmati pemandangan, sesekali Grameds akan memandang monyet nan melompat di antara pepohonan.

Setelah memasuki gerbang letak wisata Curug 7 Cilember, Grameds tetap kudu melangkah kaki menyusuri jalan setapak di dalam rimba agar bisa sampai ke ketujuh air terjun dengan berurutan. Di sekitar air terjun juga ada area perkemahan nan menawarkan penyewaan tenda dengan nilai mulai dari Rp125.000,- per malam menyesuaikan dengan ukuran tenda. Pintu masuk dari curug ini menanjak serta sedikit jauh, sehingga Grameds dianjurkan untuk tidak membawa orang tua lanjut usia maupun anak mini nan sekiranya belum bisa melangkah kaki dengan jarak nan jauh.

Terdapat suatu perihal nan unik dan menarik di wilayah rekreasi ini, ialah di sudut-sudut rimba Curug Cilember banyak masyarakat sekitar nan menawarkan jasa untuk menyusun kembang menjadi rangkaian tulisan maupun simbol hati nan disertai dengan inisial nama.

3. Curug Panjang

Curug Panjang berada di wilayah Megamendung, Bogor. Terletak di area wisata dengan luas mencapai 30 hektare, air di curug ini berasal dari aliran Sungai Cirangrang. Jarak dari Kota Bogor untuk menuju ke Curug Panjang adalah sekitar 20 kilometer, sehingga tak terlalu jauh bagi Grameds nan mempunyai kemauan untuk beristirahat sekaligus menyegarkan diri sejenak dari keriuhan kota. Bisa menikmati mata air alami nan segar merupakan sebuah kemewahan nan cukup susah didapatkan di kota besar.

Pengunjung diberikan kebebasan untuk berenang di aliran Curug Panjang ini. Meski begitu, kudu tetap memerhatikan keselamatan lantaran pada bagian tengah dari air terjun ini mempunyai kedalaman mencapai 5 meter. Untuk bisa menikmati keelokan di area air terjun nan dikelola oleh Perhutani Bogor ini, Grameds cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000,- untuk tiket masuk per orangnya.

4. Curug Kembar

Sesuai dengan namanya, Curug Kembar terdiri dari dua air terjun nan saling berdekatan. Berada di Desa Batulayang, Cisarua, area air terjun ini adalah letak nan sangat pas untuk digunakan untuk mendaki ringan alias hiking. Untuk menuju ke Curug Kembar, Grameds perlu melangkah kaki menyusuri rimba pinus. Setelah penat melangkah kaki, Grameds bisa menyegarkan diri kembail dengan menikmati kesegaran air nan mengalir deras dari curug kembar ini.

Biaya nan diperlukan untuk masuk ke area Curug Kembar ini dapat dikatakan sangat murah, ialah hanya Rp6.000 per orang. Saat tiba di sana, Grameds tak perlu merasa bingung jika tidak menemukan loket maupun warung-warung seperti nan kerap kali Grameds temui di area wisata lainnya lantaran tiket masuk untuk curug ini hanya dikelola oleh beberapa penjaga lokal. Umumnya, visitor sudah tak diperbolehkan masuk jika sudah lewat dari pukul 18:00 WIB.

5. Curug Ciherang

Ciherang merupakan salah satu curug nan juga dikelola oleh Perhutani Bogor. Sayangnya, di air terjun ini tak tersedia akomodasi kolam seperti nan dimiliki oleh Curug Cilember, Curug Kembar, dan Curug Panjang. Akan tetapi Grameds tidak perlu sedih, lantaran di area Curug Ciherang ini ada sebuah rumah pohon bagus nan dibangun di antara dua pohon raksasa.

Grameds diperbolehkan naik ke atas rumah pohon untuk mendapatkan foto dengan latar pemandangan Puncak dari ketinggian nan pastinya sangat cantik. Untuk masuk ke area Curug Ciherang, Grameds hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000,- untuk satu tiketnya. Curug Ciherang buka setiap hari dari pukul 08:00 – 18:00 WIB.

6. Danau Lido

Berlokasi di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor, Danau Lido adalah sebuah tempat rekreasi alam nan sangat pas untuk dinikmati berbareng keluarga. Dengan keelokan waduk alami nan cantik, bersih, nan luas, wilayah sekitat Danau Lido sekarang tersedia tempat penginapan, rumah makan, serta beragam akomodasi permainan air.

Jika Grameds sekadar berjamu dan tidak mau menginap, Grameds tetap bisa menjelajah dan bermain di atas waduk dengan menggunakan perahu naga, rakit, maupun becak air. Beberapa aktivitas lain nan juga tersedia di Danau Lido adalah luncur gantung, layang gantung, tempat memancing, serta berkendara ATV di jalur nan telah disediakan. Untuk bisa masuk ke area ini, visitor cukup bayar biaya tiket masuk dengan nilai Rp5.000,- per orang. Walau demikian, seluruh akomodasi kegiatan, penginapan, maupun rumah makan mempunyai harganya masing-masing.

Untuk rekomendasi lokasi wisata lainnya, bacalah kitab berikut ini!

Pulau-pulau Penarik Wisatawan

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Kota Kudus

Destinasi Wisata Keluarga di Puncak Bogor

(Sumber foto: www.pexels.com)

Tak sekadar mempunyai udara nan sejuk, area lain seperti taman bermain, restoran, serta tak lupa spot foto ciamik dengan latar pemandangan nan bagus juga sering ditemui di area Puncak. Tidak mengherankan jika banyak family yang  memutuskan puncak Bogor sebagai lokasi wisata untuk melepas penat setelah melakukan beragam aktivitas sehari-hari.

1. Taman Safari Indonesia

Sesuai dengan namanya, Taman Safari Indonesia menyajikan sensasi petualangan di alam dengan beragam hewan liar. Destinasi Ini merupakan lokasi wisata di Puncak Bogor nan sangat cocok untuk dinikmati berbareng keluarga, tak terkecuali anak-anak. Di bagian kebun hewan dari Taman Safari Indonesia, ada banyak sekali hewan liar mulai dari nan jinak seperti burung, zebra, dan unta hingga nan menyeramkan seperti singa dan harimau. Hal nan menjadi daya tarik dari tempat ini adalah bukan hewannya nan berada ke dalam kandang, tetapi visitor nan diajak untuk masuk ke kediaman nan telah dibuat semirip mungkin dengan aslinya menggunakan mobil maupun bus.

Selain dapat berinteraksi dengan hewan eksotis, Grameds dan family juga bisa menikmati beragam wahana permainan nan seru dan segarnya kolam renang setelah seharian melakukan petualangan sembari belajar. Selain itu, Taman Safari Indonesia juga menyediakan akomodasi tur siang dan malam.

Pada malam hari, umumnya Grameds bakal berjumpa dengan beragam jenis hewan nokturnal nan cukup susah dilihat pada siang hari. Untuk menikmati pengalaman tersebut, Grameds perlu bayar tiket masuk Taman Safari Indonesia mulai dari Rp200.000,- untuk orang dewasa. Grameds bisa berjamu ke Taman Safari Indonesia di Jalan Raya Puncak nomor 601, Cisarua, hanya menyantap waktu 10 menit dari pintu tol Ciawi.

2. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort merupakan sebuah hotel sekaligus restoran nan berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 90, Cipanas. Sebagai salah satu hotel paling tua di wilayah ini, Puncak Pass merupakan salah satu landmark terkenal saat melewati Jalan Raya Puncak. Hotel ini didesain menghadap ke lereng gunung, sehingga menyajikan pemandangan ciamik dari jendela kamarnya.

Puncak Pass Resort menawarkan tiga jenis kamar, ialah Superior, Deluxe, dan Suite nan bisa Grameds sewa dengan harganya berkisar mulai dari Rp800.000,- per malam. Selain itu, visitor juga bisa menikmati kelezatan makanan unik Indonesia sembari memanjakan mata dengan indahnya hamparan perkebunan teh nan bisa disaksikan dari restoran Puncak Pass.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu lokasi wisata puncak nan berada di Jalan Mariwati km 7, Kabupaten Cianjur. Dibangun pada tahun 1992, taman elok ini adalah salah satu taman nan mengusung konsep tematik pertama di Indonesia. Sekarang, Taman Bunga Nusantara telah mempunyai koleksi lebih dari 2.000 jenis anggrek nan dipelihara dengan baik.

Di tempat ini, visitor bisa menikmati keelokan taman dengan beragam tema tertentu seperti:

  1. Taman Mediterania nan berisi koleksi kaktus serta tanaman nan biasa tumbuh di hamparan pasir putih
  2. Taman Bali nan bernuansa seperti di Pulau Dewata
  3. Taman Mawar dengan kembang mawar beragam warna
  4. Taman Air dengan beragam jenis kembang teratai
  5. Taman Jepang nan berisi koleksi tanaman bernuansa Jepang
  6. Taman Prancis nan berisi koleksi tanaman bernuansa Prancis
  7. Taman Labirin nan bisa dijelajahi

Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, Grameds cukup merogoh kocek untuk biaya tiket masuk nan cukup murah, ialah sebesar Rp30.000 per orang. Beberapa taman tematik memerlukan tiket tambahan, tetapi juga dengan nilai nan terjangkau, ialah Rp10.000,- per orang.

4. Kawasan Agrowisata Gunung Mas

Kawasan Agrowisata Gunung Mas adalah lokasi wisata nan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII dan berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia, tepatnya di Jalan Raya Puncak km 87, Cisarua. Tempat wisata ini menyajikan hamparan perkebunan teh nan dilengkapi dengan akomodasi penginapan. Tak hanya itu, Grameds juga bisa menggunakan area perkemahan, gantole, serta menunggangi kuda di area agrowisata ini.

Bersama dengan rombongan, pemandu bakal membujuk Grameds untuk berkeliling kebun teh sekaligus menyaksikan langsung proses pemetikan daun teh. Untuk masuk ke area wisata ini, Grameds cukup merogoh kocek untuk tiket masuk sebesar Rp10.000,- per orang nan bisa ditukarkan dengan segelas teh Walini nan hangat untuk menemani sejuknya udara di puncak. Kawasan Agrowisata Gunung Mas buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 18:00 WIB.

5. Kebun Durian Warso Farm

Apabila Grameds dan family adalah pecinta durian garis keras, Warso Farm merupakan lokasi wisata di Puncak Bogor nan sangat pas bagi family Grameds. Kebun durian ini dirintis oleh Soewarso Pawaka, seorang pensiunan TNI AD. Memiliki lebih dari 900 pohon durian, kebun ini menyediakan beragam varietas durian unggul seperti Monthong, Tembaga, dan Lay Sunan. Selain durian, kebun dengan luas mencapai hingga 8,5 hektare ini juga diisi oleh beragam pohon buah lain seperti nangka, naga, dan jambu. Warso Farm sendiri berada di Jalan K. H. Halimi, Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang.

Untuk berjamu ke area kebun ini, Grameds tak perlu bayar biaya tiket masuk. Meski begitu, jika mau menikmati dari perkebunan ini, Grameds kudu membeli dengan nilai nan menyesuaikan berjuntai pada varietas nan Grameds pilih. Pada bulan tertentu seperti Desember – Mei, durian nan hendak dibeli bisa dipetik secara langsung serta dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Tak hanya itu, Grameds juga bisa menikmati beragam olahan durian seperti es durian serta saribuah durian nan dijajakkan di restoran nan terdapat di dalam Warso Farm. Bila Grameds sekadar mau menikmati buah serta makanan di restoran, tempat ini buka untuk umum setiap hari. Sedangkan, tur perkebunan hanya dibuka setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional mulai pukul 07:00 WIB – tutup.

Untuk rekomendasi lokasi wisata family lainnya, simak kitab berikut ini!

Jelajah Wisata Nusantara

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kaliurang nan Wajib Dikunjungi Saat Berlibur!

Destinasi Wisata Kuliner di Puncak Bogor

(Sumber foto: www.pexels.com)

Tak hanya wisata alam dan rekreasi, di Puncak Bogor juga terdapat banyak sajian makanan lezat nan sayang untuk dilewatkan. Dilengkapi dengan pemandangan bagus nan sejuk nan sangat pas untuk dinikmati sendiri maupun berbareng family dan kerabat. Tak hanya menyajikan makanan nan nikmat dan menggugah selera, restoran hits di Puncak ini juga terkenal berkah tersedianya spot foto nan ciamik. Penasaran, resto mana saja nan hits di Puncak Bogor? Berikut info lengkapnya!

1. Nicole’s Kitchen

Nicole’s Kitchen merupakan restoran nan berlokasi di area Cipanas, Puncak, Bogor. Restoran ini, menawarkan tempat kuliner nikmat nan mengusung nuansa modern, tetapi tetap sejuk dan alami. Terdapat banyak ragam menu nan bisa Grameds pesan, mulai dari makanan unik nusantara hingga masakan western. Selain itu, Grameds juga bisa menikmati indahnya pemandangan puncak ketika mendapatkan tempat duduk di bagian outdoor.

Tak sekadar Instagramable, Nicole’s Kitchen juga menyajikan menu dengan nilai nan cukup terjangkau, ialah mulai dari Rp35.000,- sampai Rp85.000- per porsinya.

2. The Grand Hill and Bistro Cafe

Selanjutnya, ada The Grand Hill and Bistro Cafe nan berlokasi di Jalan Raya Puncak Tugu Cisarua, Bogor. Restoran ini menawarkan konsep perpaduan antara tradisional dengan modern nan sejuk nan menenangkan.

Ketika berjamu ke kafe ini, visitor bakal disambut dengan banyaknya pohon pinus nan rindang dan membikin tempat ini semakin asri. Kuliner nan disajikan di temoat ini juga tak usah diragukan lagi. Grameds bisa memesan menu makanan tradisional maupun modern nan semuanya memanjakan lidah.

3. RM Bumi Aki

Apabila berjamu ke Puncak, Bogor, rasanya bakal kurang jika Grameds tak berjamu ke Rumah Makan Bumi Aki nan berada di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciloto ini. Rumah makan ini menjadi terkenal berkah olahan unik Sunda nan pastinya nikmat nan menggugah selera.

Tak sekadar itu, RM Bumi Aki juga dikenal mempunyai suasana nan sejuk dan asri, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat. Grameds bisa menikmati kuliner dengan konsep lesehan maupun di meja berbareng kerabat dan family tercinta.

4. Dulang Restaurant

Serupa dengan RM Bumi Aki, Dulang Restaurant juga menawarkan olahan kuliner unik Sunda nan sangat pas untuk dinikmati ketika berjamu ke Puncak Bogor.

Grameds bisa menikmati beragam macam menu jagoan seperti nasi timbel, ikan bakar, sayur asem, gorengan, dan tetap banyak lagi. Harga menu makanan nan dibanderol oleh restoran ini juga cukup terjangkau berkisar antara Rp50.000,- sampai Rp100.000,-.

5. Cemara Restaurant

Satu lagi tempat kuliner nan terkenal dan wajib dikunjungi ketika berekreasi ke Puncak Bogor, ialah Cemara Restaurant. Tempat ini juga menawarkan beragam kuliner unik nusantara nan dipresentasikan dengan elok dan pastinya memanjakan lidah pengunjung.

Beberapa menu andalannya seperti iga bakar, nasi bakar, dan sambal hijau mempunyai tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Selain itu, resto ini juga menyajikan pemandangan unik puncak nan sejuk, asri, dan indah.

Apabila Grameds membutuhkan rekomendasi tempat kuliner di Bogor lainnya, coba simak kitab berikut ini!

Wisata Kuliner Makanan Daerah Bogor

Baca Juga: Kampung Konservasi Rimbun dan Tempat Wisata di Tangerang Lainnya

Nah, itu dia Grameds penjelasan komplit mengenai lokasi wisata puncak nan bisa dikunjungi ketika berlibur. Jadi, Grameds mau berjamu ke mana dulu, nih?

Frequently Asked Question

1. Di mana wisata puncak nan bernuansa alam?

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
  2. Curug 7 Cilember
  3. Curug Panjang
  4. Curug Kembar
  5. Curug Ciherang

2. Di mana lokasi wisata puncak nan cocok untuk keluarga?

  1. Taman Safari Nasional
  2. Puncak Pass Resort
  3. Taman Bunga Nusantara
  4. Kawasan Agrowisata Gunung Mas
  5. Kebun Durian Warso Farm

3. Di mana lokasi wisata kuliner terkenal di puncak?

  1. Nicole’s Kitchen
  2. The Grand Hill and Bistro Cafe
  3. RM Bumi Aki
  4. Dulang Restaurant
  5. Cemara Restaurant

Sumber rujukan

  • https://indonesia.tripcanvas.co/id/bogor/tempat-wisata-bogor-puncak/
  • https://m.traveloka.com/id-id/explore/activities/7-tempat-wisata-puncak-terbaru-2023/195860
  • https://anekatempatwisata.com/tempat-wisata-di-puncak/
  • https://travel.detik.com/domestic-destination/d-6700044/10-tempat-wisata-puncak-bogor-yang-hits-wajib-dikunjungi

Penulis

Nanda Akbar Gumilang

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog