Ziarah Kubur Sesudah Sholat Idul Fitri, Begini Sunnah Dan Doanya 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA— Sebagian besar umat Islam di Indonesia kerap melakukan kunjungan kubur setelah melaksanakan sholat Idul fitri.

Dalam aliran ahlussunnah wal jamaah, norma kunjungan kubur adalah sunnah. Dalam kitab Bulughul-Maram karya Ibnu Hajar al-Asqalani disebutkan gimana Rasulullah kerap melakukan kunjungan kubur semasa hidupnya. Hal ini berasal dari hadits dengan kadar hasan riwayat Imam Tirmidzi.

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: مر رسول الله صلى الله عليه وسلم بقبور المدينة فأقبل عليهم بوجهه فقال: السلام عليكم يا أهل القبور! يغفر الله لنا ولكم، أنتم سلفنا ونحن بالأث

Yang artinya, Dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Pernah Rasulullah SAW melewati areal pemakaman di Madinah dan beliau menghadapkan wajah kepada para penunggu kubur sembari berkata, ‘Assalamualaikum wahai penunggu kubur (ahli kubur). Semoga Allah memberi pembebasan kepada kami dan kepada kalian. Kalian adalah para pendahulu kami, dan kami bakal menyusul kalian." 

Dalam kitab Shahih Muslim juga disebutkan gimana Rasulullah SW kerap menghaturkan angan ketika keluar dari rumahnya di Madinah dan menuju makam Baqi pada akhir malam. Beliau menyapa para penhuni makam Baqi dengan kalimat berikut:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamualaikum daara qaumin mu’minin wa atakum tu’adun ghadan mua’jjalun wa inna insya Allah bikum lahiqun."

Yang artinya, “Assalamualaikum, wahai tempat nan (di mana di dalamnya) berdomisili umat mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah nan sempat ditangguhkan besok, dan kami insya Allah bakal menyusul kalian."

Umat Islam di kemudian hari mengenal bahwa melakukan kunjungan kubur merupakan salah satu aktivitas nan dapat memantik rasa mendalam dalam memaknai kematian. Bahwa sesungguhnya kematian adalah suatu perihal nan pasti dan sekiranya dapat menjadi pelajaran berharga.

a. Ziarah ini dapat dijadikan sebagai pengingat kematian bahwa semua orang pasti bakal menyusul mereka nan telah wafat. 

Disunnahkan berkunjung kubur bagi kaum lelaki, untuk mendoakan para penunggu kubur dan mengambil pelajaran. Dalam perihal ini Rasulullah ﷺ bersabda: 

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ اْلآخِرَةَ

"Dahulu saya melarang kalian untuk berkunjung kubur, tetapi sekarang berziarahlah lantaran perihal itu bakal mengingatkan kalian kepada akhirat." (HR Muslim)

Ziarah kubur adalah amaliyah nan dianjurkan untuk setiap Muslim. Sebab di dalamnya terkandung banyak hikmah. Salah satunya adalah mengingatkan terhadap kematian sehingga memicu untuk lebih alim kepada Allah.

Dan dalam berkunjung kubur, seorang Muslim mendoakan orang-orang nan telah meninggal. Dan membaca ayat-ayat Alquran nan ditujukan pahalanya untuk orang-orang nan sudah meninggal. 

sumber : Harian Republika

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam