4 Cara Menentukan Jenis Kulit dengan Mudah

Gaya Hidup Perempuan Masa Kini Ditulis oleh Diperbarui Waktu baca 4 menit 505x dilihat
4 Cara Menentukan Jenis Kulit dengan Mudah

Cara menentukan jenis kulit di rumah, mulai dari bare-faced method hingga touch test/Foto: pexels.com/Ron Lach

Cara menentukan jenis kulit rupanya sangat mudah, lho! Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa kudu datang ke klinik kecantikan. 

Well, mengetahui apakah kulitmu normal, kering, berminyak, kombinasi, alias sensitif krusial sebelum memilih skincare. Hal ini dikarenakan, produk yang cocok untuk orang lain belum tentu bekerja baik di kulitmu, apalagi bisa memicu jerawat alias iritasi jika nggak sesuai. 

Lalu, gimana langkah menentukan jenis kulit? Yuk, simak cara-caranya di bawah ini! 

Bare-Faced Method

Cara menentukan jenis kulit
Jenis kulit/Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Cara paling simpel untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan bare-faced method. Metode ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perangkat khusus. Caranya juga cukup mudah.

Pertama, bersihkan wajah menggunakan facial wash yang lembut, lampau keringkan dengan menepuk-nepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk bersih. Setelah itu, jangan langsung memakai skincare apa pun. Biarkan wajah dalam kondisi tanpa produk selama sekitar 25-30 menit.

Setelah waktunya cukup, coba perhatikan kondisi dan rasakan kulitmu. Kalau kulit terasa tertarik alias kencang saat tersenyum, kemungkinan Anda punya kulit kering. Sementara itu, jika wajah terlihat mengilap terutama di area pipi dan T-zone, seperti dahi, hidung, dan dagu, kulitmu bisa termasuk normal alias kombinasi.

Kalau Anda menemukan beberapa area wajah terasa kering, tapi bagian lainnya terlihat berminyak, kemungkinan besar Anda mempunyai kulit kombinasi. Dengan memandang perubahan kulit setelah dibiarkan tanpa skincare, Anda bisa mendapat gambaran awal tentang jenis kulitmu.

Gunakan Tisu alias Kertas Minyak

Gunakan tisu alias kertas minyak untuk menentukan jenis kulit/Foto: pexels.com/cottonbro studio

Selain bare-faced method, Anda juga bisa mencoba langkah yang satu ini. Cukup siapkan tisu alias kertas minyak untuk memandang seberapa banyak minyak yang dihasilkan kulit wajah.

Pertama, cuci wajah sampai bersih, lampau biarkan tanpa menggunakan skincare selama sekitar satu jam. Setelah itu, tempelkan alias tepuk-tepuk tisu maupun kertas minyak secara perlahan ke seluruh bagian wajah.

Selanjutnya, lihat hasilnya. Tisu yang tetap kering dan terasa lembut biasanya menunjukkan kulit normal. Kalau tisu kering, tapi ada sel kulit meninggal yang ikut terangkat dan wajah terlihat kusam, kemungkinan kulitmu termasuk kering.

Sementara itu, kulit berminyak biasanya meninggalkan banyak minyak pada tisu dan wajah terlihat mengilap. Untuk kulit sensitif, tisu mungkin tetap kering, tapi kulit bisa terlihat kemerahan alias terasa kering. Kalau minyak hanya terlihat pada tisu yang ditempelkan di area T-zone, sementara bagian wajah lainnya tetap kering, kemungkinan Anda punya kulit kombinasi.

Touch Test

Kalau mau langkah yang lebih simpel, Anda bisa mencoba touch test/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Kalau mau langkah yang lebih simpel, Anda bisa mencoba touch test. Cuci tangan terlebih dahulu, lampau gunakan ujung jari untuk menyentuh beberapa area wajah. Perhatikan gimana tekstur dan kondisi kulit terasa. 

Kulit berminyak biasanya terasa licin, terutama di area T-zone, sedangkan kulit kering terasa kencang, kasar, alias mengelupas. Kalau T-zone terasa berminyak, tapi bagian pipi terasa normal alias kering, kemungkinan kulitmu termasuk kombinasi. 

Sementara itu, kulit sensitif bisa terasa mudah iritasi alias terlihat kemerahan saat disentuh. Untuk kulit normal, teksturnya biasanya terasa lembut dan tidak terlalu berminyak maupun kering.

Professional Skin Analysis

Kalau Anda tetap bingung menentukan jenis kulit, professional skin analysis bisa menjadi pilihan/Foto: pexels.com/RDNE Stock project

Kalau Anda tetap bingung menentukan jenis kulit, professional skin analysis bisa menjadi pilihan. Kamu bisa berkonsultasi dengan master kulit alias ahli skincare untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Mereka dapat memeriksa kondisi kulit dengan lebih perincian dan membantu menentukan jenis kulit sekaligus kebutuhan perawatannya.

***

Mau jadi bagian dari Buzznesia Community di mana Anda bisa ikutan beragam online dan offline event seru yang diadakan oleh Buzznesia/Beautynesia? Komunitas ini terbuka untuk umum, baik wanita dan juga laki-laki, kami juga mempunyai organisasi unik untuk Anda yang tetap berstatus mahasiswa/mahasiswi. Yuk, gabung ke Buzznesia Community. Caranya DAFTAR DI SINI

(dmh/dmh)

Artikel Lainnya Gaya Hidup Perempuan Masa Kini

Bagikan Postingan