7 Keistimewaan Mazhab Syafi’i

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Di antara mazhab-mazhab fikih nan ada, ajaran Syafi’i merupakan ajaran nan banyak dianut oleh umat Islam di dunia, salah satunya umat Islam di Indonesia. Alasan mazhab ini banyak dianut oleh kebanyakan umat Islam tentunya mempunyai beberapa keistimewaan dibandingkan dengan ajaran fikih lainnya. Nah berikut 7 keistimewaan ajaran Syafi’i dibandingkan dengan mazhab-mazhab fikih lainnya.

7 keistimewaan Mazhab Syafi’i tersebut terekam jelas dalam kitab Taqrir As Sadidah karya Habib Hasan Bin Ahmad Bin Muhammad Al Kaf juz 1 laman 45. 7 keistimewaan tersebut diantaranya adalah:

Pertama, perhatian lebih ajaran Syafi’i terhadap dalil syar’i berupa Al Qur’an, as sunnah dan atsar (segala sesuatu nan disandarkan pada sahabat dan tabi’in). Hal ini disebabkan pendiri ajaran Syafi’i ialah Muhammad Bin Idris As Syafi’i, merupakan siswa kinasih Imam Maliki Bin Anas pendiri ajaran Maliki. 

Beliau Imam Malik Bin Anas dikenal dengan seorang nan master dalam bagian hadis. Ini dibuktikan dengan salah satu karya monumental beliau Al Muwattha nan berisikan 5000 sabda sahih.  

Disamping siswa dari Imam Maliki, pendiri ajaran Syafi’i juga belajar kepada pemimpin Hambali nan terkenal juga dengan kepakarannya dalam bagian hadis. 

اعتناء مؤسسه رحمه الله بالدليل كتاباً وسنة وآثاراً حتى تتلمذ على يد إمام دار الهجرة مالك بن أنس، وتتلمذ على يديه إمام السنة الإمام أحمد بن حنبل، وتابعه على ذلك أئمة المذهب حتى صار منهم كبار الحفاظ كالبيهقي وابن حجر العسقلاني، وقاموا بخدمة المذهب بالأدلة النصية غاية الخدمة

Artinya:”Perhatian lebih Pendirinya terhadap dalil-dalil dalam Al Qur’an, sunnah, dan hadis, hingga dia belajar di tangan Imam Darul Hijrah, Malik bin Anas, dan belajar di bawah didikan Imam as Sunnah, Imam Ahmad bin Hanbal, dan para pemimpin ajaran mengikutinya hingga dia termasuk di antara mereka penghafal besar, seperti al-Baihaqi dan Ibnu Hajar al-Asqalani, dan mereka mengabdi pada ajaran tersebut dengan pelayanan nan maksimal.

Kedua, Perhatian lebih ajaran Syafi’i terhadap jenis jenis qiyas dan dasar dasar istinbath (penggalian hukum) nan banyak dipakai ajaran Hanafi dan pengikutnya. Selain itu beliau Imam Syafi’i merupakan bapak penemu pengetahuan Ushul Fikih.

 Suatu disiplin pengetahuan nan sangat krusial sebagai pedoman untuk menggali norma islam dari al qur’an dan hadis. Kemudian pengetahuan Ushul Fikih ini dikembangkan oleh para pembesar pengikut ajaran Syafi’i seperti Imam Al Juwaini dan siswa beliau Imam Ghazali.

اعتناء مؤسسه رحمه الله بأصناف القياس وأسس الاستنباط التي مهر فيها الإمام أبو حنيفة وأصحابه (۱) وكان أوّل من صنف في علم أصول الفقه، ثم كان من أصحابه من وضع فيه المراجع الكبيرة الرئيسة كالإمامين الجويني والغزالي وغيرهما

Artinya:”Perhatian lebih Imam Syafi’i terhadap jenis-jenis qiyas (analogi) dan landasan istinbath nan dipakai Imam Abu Hanifah dan para pengikutnya. Imam Syafi’i merupakan bapak penemu pengetahuan Ushul Fikih, nan kemudian pengetahuan ini dikembangkan oleh pembesar pengikut beliau, seperti Imam al-Juwaini, al-Ghazali, dan lain-lain.”

Ketiga, Madzhab Syafi’i sukses menghimpun dan mengkompromikan dua madrasah ideologi fikih, ialah Madrasah Al Hadis nan bermarkas di Hijaz dan Madrasah Ar Ra’yi nan bermarkas di Irak. Pencapaian ini sukses beliau raih karena ketekunan dalam belajar dari para ustadz kedua madrasah tersebut.

– كون مذهبه وسطاً بين أهل الرأي وأهل الحديث

Artinya:”Mazhab Syafi’i sukses mengompromikan dua madrasah mahir ar ra’yi dan madrasah mahir hadis”

Keempat, banyaknya para mujtahid nan lahir dari ajaran Syafi’i seperti Izuddin Bin Abdisssalam Ibnu Daqiq Al-’Id, Imam Tajuddin As Subky , Imam As Suyuti dan lain lain. kemudian para pemimpin ini mengembangkan dan menyebarluaskan ajaran Syafi’i. 

كثرة المجتهدين من العلماء الذين خدموا المذهب ونشروه في كل مكان كالعز بن عبد السلام وابن دقيق العيد، والتقي السبكي والسيوطي، وغيرهم

Artinya:” Banyaknya mujtahid nan lahir dari ajaran Syafi’i. Kemudian mereka giat mengabdikan aliran ajaran Syafi’i tersebut dan menyebarkannya kemana-mana, seperti Al-Izz bin Abdul Salam, Ibnu Daqiq Al-‘id, Al-Subki, Al-Suyuti, dan lain-lain.

Kelima, Banyaknya kitab kitab nan dikarang oleh para ustadz ajaran Syafi’i nan bermaksud untuk mentahqiq ajaran (meneliti pendapat ajaran apakah sesuai dengan Al Qur’an dan Al Hadis) dan memudahkan para pelajar mempelajari ajaran Syafi’i.

كثرة الكتب التي ألفها العلماء في تحقيق المذهب وتدليله وتيسيره للطلاب في كل قرن عبر العصور

Artinya:” Banyaknya kitab nan dikarang oleh para ustadz madzhab syafi’i nan berfaedah untuk meneliti madzhab memudahkan para pelajar di setiap zaman”

Keenam, Pengikut ajaran Syafi’i tersebar di penjuru dunia, apalagi menjadi ajaran terbesar dengan pengikut terbanyak.

وفرة أتباعه في كل مكان، فهم منتشرون في البلدان من إندونيسيا وماليزيا شرقاً، مروراً بشبه القارة الهندية، ثم بلاد فارس والعراق والشام والخليج، ثم الحجاز وحضرموت واليمن جنوباً، ثم مصر وبعض سواحل إفريقية الشرقية غرباً

Artinya:” Pengikutnya melimpah dimana-mana. Mereka tersebar di negara-negara mulai dari Indonesia dan Malaysia di timur, melewati anak benua India, lampau Persia, Irak, Syam dan Teluk, lampau Hijaz, Hadhramaut dan Yaman di selatan, lampau Mesir dan sebagian pesisir Afrika bagian timur di sebelah barat.”

Ketujuh, menjadi ajaran nan banyak mencetak para mujaddid di setiap zaman, seperti Imam Syafi’i sebagai mujaddid abad kedua, Abu Al-Abbas bin Suraij sebagai mujaddid abad ketiga, Abu Al-Tayyib Sahl Al -Sa’luqi sebagai mujaddid keempat, Abu Hamid Al-Ghazali sebagai mujadid abad kelima.

– كون المجدد الذي يأتي على رأس كل قرن مذهبه شافعي غالباً، فالإمام الشافعي مجدد للقرن الثاني، وأبو العباس بن سريج مجدد للقرن الثالث، وأبو الطيب سَهْل الصعلوكي للرابع، وأبو حامد الغزالي للخامس، والفخر الرازي للسادس والنووي للسابع والإسنوي للثامن وابن حجر العسقلاني للتاسع والسيوطي للعاشر

Artinya:” Mujaddid nan datang pada setiap abad sebagian besar adalah pengikut ajaran Syafi’i. Imam Syafi’i adalah mujaddid abad kedua, Abu Al-Abbas bin Surayj adalah mujaddid abad ketiga, Abu Al-Tayyib Sahl Al -Sa’luqi abad keempat, Abu Hamid Al-Ghazali abad kelima, Al-Fakhr Al-Razi abad keenam, Al-Nawawi abad ketujuh, Al-Isnawi abad kedelapan , Ibnu Hajar Al-Asqalani termasuk nan kesembilan, dan Al-Suyuti termasuk nan kesepuluh,”

Demikian penjelasan mengenai 7 keistimewaan madzhab Syafi’i dibandingkan ajaran fikih lainnya. Semoga berfaedah Wallahu a’lam bissawab. [Baca juga: Hukum Pindah Mazhab Fikih]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah