Review Buku Serba-serbi Pengasuhan Anak Karya Devi Delia & Emeldah Suwandi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Dalam bumi pengasuhan anak, setiap orang tua pasti bakal menghadapi dinamika dan cerita nan berbeda-beda. Mereka bisa menikmati perjalanan ini sebagai sebuah petualangan nan memberikan semangat dan kebahagiaan, alias sebaliknya. Semua perihal ini dapat dipengaruhi oleh beragam aspek seperti latar belakang, pengalaman masa lalu, kesiapan sebagai orangtua, keahlian untuk mengendalikan diri, pengetahuan tentang perkembangan anak, serta keahlian dalam mengasuh. Buku ini bermaksud untuk memberikan pemahaman dan tips praktis kepada orangtua tentang langkah mengasuh alias mendampingi anak dalam beragam situasi.

button cek gramedia com

Devi Delia dan Emeldah adalah dua ibu muda nan juga bekerja sebagai psikolog klinis. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman nan mereka temui nan diringkas dalam kitab ini. Dalam kitab ini, mereka juga membahas tentang gimana orang tua dapat mengelola diri saat merasa lelah, jenuh, dan menghadapi bentrok saat mengasuh anak. Devi dan Emeldah menulis dengan style bahasa nan sederhana dan menyajikan contoh konkret dalam aktivitas sehari-hari untuk mempermudah pemahaman pembaca dalam menyerap info nan disampaikan.

Buku dengan ketebalan 172 laman dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tanggal 2 November 2021 ini diharapkan dapat memberikan faedah nan besar bagi pembacanya, terutama untuk para orang tua nan baru saja mempunyai anak alias sudah mempunyai anak. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ulasan dari kitab ini, kita kenalan dengan para penulis dari kitab ini terlebih dahulu, yuk!

Profil Devi Delia dan Emeldah – Penulis Buku Serba-Serbi Pengasuhan Anak

Devi Delia

Devi Delia memilih untuk menjaga privasinya dan tidak banyak memberikan info pribadi kepada publik. nan pasti, Devi Delia, M.Psi adalah seorang psikolog nan berpraktik di Charitas Hospital Palembang. Sebagai seorang ahli dalam bagian psikologi, beliau dapat memberikan jasa konsultasi nan berangkaian dengan beragam masalah psikologis.

Emeldah Suwandi

Emeldah, M. Psi., adalah seorang psikolog nan telah mempunyai pengalaman selama 8 tahun dalam menangani beragam kasus mengenai masalah emosional, depresi, kecemasan, dan juga dinamika hubungan dalam keluarga. Emeldah menempuh mendapatkan gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010, dan gelar Magister Profesi Psikologi-Klinis Umum dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2013.

Dalam praktiknya, Emeldah menggunakan beragam pendekatan, termasuk pendekatan humanistik nan menekankan pada potensi klien, pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam kasus tertentu, serta pendekatan mindfulness. Selain aktif sebagai psikolog dan associate di ibunda.id, Emeldah juga menghabiskan waktunya sebagai penulis dan peneliti.

Sinopsis Buku Serba-Serbi Pengasuhan Anak

button cek gramedia com

Sebagai orang tua, pastinya kita selalu berambisi untuk memberikan nan terbaik bagi anak-anak kita, termasuk memenuhi kebutuhan mereka baik secara bentuk maupun psikologis. Termasuk dengan menerapkan pola pengasuhan nan baik dan betul sehingga dapat membikin mereka berkembang menjadi pribadi nan sehat secara bentuk dan secara emosional. Namun, seringkali realitas tidak selalu sesuai dengan harapan, dan sebagai orang tua, kita sering kali merasa kewalahan dalam menghadapi beragam perilaku anak nan bermacam-macam. Tingkat kompleksitas perilaku anak saat ini terkadang dapat membikin kita merasa tidak mempunyai kendali dan hanya bisa menarik nafas panjang sembari merasa putus asa.

Namun, berasas pengalaman praktik dan pengetahuan kami sebagai psikolog klinis, kami mau membantu para orang tua untuk lebih memahami perilaku anak-anak mereka, terutama untuk para orang tua nan mengalami kesulitan dalam perihal ini. Kami berambisi agar para orang tua dapat memahami langkah nan tepat untuk merespons dan menangani perilaku anak-anak mereka. Oleh lantaran itu, kami memutuskan untuk menyampaikan edukasi melalui tulisan dalam kitab ini.

Buku ini terdiri dari delapan bab nan membahas beragam persoalan umum dalam pengasuhan anak. Empat bab pertama, nan membahas tentang disiplin, temper tantrum, speech delay, dan konsentrasi nan ditulis oleh Psikolog Devi. Sementara empat bab berikutnya, membahas tentang parental burnout, pola asuh digital, konflik, dan co-parenting, nan ditulis oleh Psikolog Emeldah. Meskipun kitab ini terbagi menjadi dua bagian dan ditulis secara terpisah oleh kami berdua, kami tetap berbincang dan memberikan masukan satu sama lain dalam proses penulisan ini, dengan harapan, agar para orang tua dapat memperoleh gambaran dan info nan berfaedah dalam menghadapi tantangan dalam pengasuhan anak-anak mereka, mungkin style penulisan kami saja nan sedikit berbeda.

Berbagai keluhan tentang langkah pengasuhan anak pun sering muncul dari pengguna kami berdua. Topik nan sering dibahas dalam persoalan emosi anak, langkah membikin anak disiplin dan menurut, alias kecanduan dalam bermain handphone. Selanjutnya, lewat obrolan nan kami lakukan, kami menarik konklusi bahwa beragam masalah perilaku tersebut berakar dari kesalahpahaman orang tua atas prinsip dasar pengasuhan nan mereka lakukan.

Berasal dari pemikiran tersebutlah, kitab ini dibuat. Kami mau berbagi mengenai prinsip-prinsip dasar dalam pengasuhan. Kami menyadari bahwa kami sendiri bukan orang tua nan sempurna. Berlandaskan pengalaman praktik serta pengetahuan kami sebagai psikolog klinis, kami mau membantu para orang tua agar lebih dapat menghadapi masalah ini. Kami berharap, para orang tua bisa mengetahui gimana sebaiknya bersikap dan merespons perilaku-perilaku nan ditampilkan oleh anak-anak mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Serba-Serbi Pengasuhan Anak

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros

  • Ditulis oleh psikolog.
  • Isi kitab ringkas dan mudah dimengerti.
  • Ditulis berasas pengalaman penulis.

Cons

  • Isi kitab mungkin tidak sesuai dengan prinsip pengasuhan anak beberapa orang.

Kelebihan Novel Serba-Serbi Pengasuhan Anak

button cek gramedia com

Buku Serba-Serbi Pengasuhan Anak  karya Devi Delia ini mempunyai banyak kelebihan nan menjadikannya kitab nan layak untuk dibaca, terutama untuk para orang tua nan sudah mempunyai anak. Pertama, kitab ini ditulis oleh psikolog, memberikan kelebihan tersendiri lantaran dapat dipastikan bahwa isi kitab ini didasarkan pada pengetahuan pengetahuan nan andal lantaran semua nan ditulis dalam kitab ini didasarkan oleh prinsip-prinsip ilmiah dalam bumi psikologi. Hal ini membikin pembaca merasa lebih percaya diri dalam menerapkan saran-saran nan diberikan dalam kitab ini.

Kemampuan para penulis untuk menyajikan info dengan jelas dan terstruktur juga menjadi kelebihan bagi kitab ini, pembaca dapat dengan mudah memahami dan langsung menerapkan info nan diajarkan di dalam kitab ini. Jadi, pembaca juga bisa menikmati kitab ini dengan santai.

Buku ini juga ditulis berasas pengalaman penulis, nan memberikan dimensi praktis dan aplikatif nan sangat berbobot bagi pembaca. Melalui pengalaman langsung nan dibagikan dalam kitab ini, pembaca dapat merasa lebih terhubung dan termotivasi untuk mengimplementasikan metode-metode nan disarankan dalam kehidupan sehari-hari berbareng anak-anak mereka.

Kekurangan Buku Serba-Serbi Pengasuhan Anak

button cek gramedia com

Meskipun kitab Serba-Serbi Pengasuhan Anak  karya Devi Delia ini mempunyai banyak kelebihan, kitab ini tetap tetap mempunyai kekurangan. Kekurangan dari kitab ini adalah isi dan metode-metode nan diajarkan di dalam kitab ini mungkin tidak sesuai dengan prinsip beberapa orang tua. Seperti nan sudah dijelaskan di awal di dalam kitab ini, setiap orang tua mempunyai dinamika dan prinsip nan berbeda-beda sehingga tidak mungkin setiap orang tua sepakat alias setuju dengan satu prinsip dalam mengasuh anak.

Nah Grameds, itu dia sinopsis dan ulasan dari kitab Serba-Serbi Pengasuhan Anak karya Devi Delia. Yuk langsung saja dapatkan kitab ini hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu. Kamu juga bisa memandang buku-buku parenting lainnya di rekomendasi buku.

Penulis: Gabriel

Rekomendasi Buku

My Special Parenting Journey – Buku Pegangan Pengasuhan Anak Berkebutuhan Khusus

 My Special Parenting Journey  button cek gramedia com 

Pola asuh nan biasanya bisa diterapkan pada anak lain, seperti tidak bekerja sehingga ordng tua sering kali mengakomodasi anak berkebutuhan unik dengan langkah nan kurang tepat. Selain itu, keberadaan anak berkebutuhan unik juga mengubah dinamika family lantaran sering kali anak berkebutuhan khusus-lah nan mengendalikan suasana dalam keluarga. Keteraturan dan rutinitas nan semestinya dimiliki oleh sebuah keluarga, sekarang tinggal sebuah impian. Bukan hanya relasi suami dan istri nan terganggu, tetapi hubungan dengan anak kandung nan lain juga seringkali menjadi korban. Buku ini ditulis untuk menolong orang tua dengan anak berkebutuhan unik agar menjadi support dan strategi bagi orang tua agar dapat mengambil alih kendali. Sebab, keberadaan anak berkebutuhan unik di tengah family merupakan karunia Tuhan, bukan sesuatu nan buruk.

Dengan mengusung rasa kepedulian terhadap masa depan anak gifted agar mereka tumbuh menjadi generasi penerus nan bisa berkontribusi mengubah peradaban menjadi lebih baik, sekelompok orang tua bermufakat menuangkan pengalamannya mendampingi sang buah hati nan teridentifikasi gifted dalam sebuah kitab antologi. Mengingat kondisi mental anak gifted nan sangat unik, rupanya mereka berisiko mengalami kegagalan hidup lebih besar dibandingkan anak normal. Mengapa? Buku ini menjelaskan perilaku keseharian anak gifted disertai langkah mengatasinya nan merujuk pada pandangan para ahli, mulai dari gimana langkah mendeteksi dini, memahami karakteristik, dan langkah berpikir mereka.

Smart Babysitter: Panduan Praktis Pengasuhan Anak

 Panduan Praktis Pengasuhan Anak  button cek gramedia com

Tak mudah juga menemukan asisten rumah tangga dan mengasuh anak nan terampil dan sesuai harapan. Di saat nan sama, melatih dan mengajarinya bekerja pun perlu daya besar. Untuk itulah kitab ini ada. Di dalamnya memuat pedoman dan jenis petunjuk praktis bagi asisten rumah tangga mengenai sopan santun, kesehatan anak, keamanan, menu sehat, dan pertolongan pertama untuk anak saat darurat. Mengurus rumah dan mengasuh anak bukan pekerjaan mudah. Dalam sebuah keluarga, jika ayah dan ibu sama-sama bekerja di luar rumah, biasanya urusan rumah dipercayakan kepada asisten rumah tangga alias pembantu. Urusan pengasuhan anak dibantu oleh pengasuh alias babysitter.

Pengasuh anak adalah mitra orang tua. Membekali mereka pengetahuan nan tepat tentang anak-anak jadi kemestian. Sayangnya, tak mudah juga menemukan asisten rumah tangga dan pengasuh anak nan terampil dan sesuai harapan. Di saat nan sama, melatih dan mengajarinya bekerja pun perlu daya besar. Untuk itulah kitab ini ada. Di dalamnya memuat pedoman dan jenis petunjuk praktis bagi asisten rumah tangga mengenai sopan santun, kesehatan anak, keamanan, menu sehat, dan pertolongan pertama untuk anak pada saat darurat. Ditulis dengan bahasa nan ringan dan akrab, dilengkapi ilustrasi menarik, sehingga mudah dipahami. Cocok untuk pegangan asisten rumah tangga dan babysitter.

Tumbuh Kembang Anak: Implementasi dan Cara Pengukurannya

 Implementasi dan Cara Pengukurannya

button cek gramedia com

“Tumbuh kembang anak menjadi perihal nan menarik bagi para orang tua, guru, serta tenaga kesehatan.

Bagaimana dengan kitab ini? Buku ini membahas tentang beragam aspek tumbuh kembang anak, faktor-faktor nan mempengaruhi, penilaian, stimulasi, hingga peran family dalam tumbuh kembang anak.

Buku karya Dr. Tri Sunarsih, S.ST., M.Kes. ini dapat menjadi penuntun belajar praktik penemuan awal dalam tumbuh kembang anak. Dilengkapi pula instrumen penemuan awal tumbuh kembang anak. Karena itu, mahasiswa, dosen, tenaga kesehatan, dan pemerhati tumbuh kembang anak dapat memanfaatkan kitab ini dengan baik dan saksama.”

Sumber:

  • https://charitashospital.com/ProfileDokter/id/80
  • https://www.ibunda.id/cari-psikolog/emeldah
Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog