Arti Mimpi Bertemu Nabi Ibrahim 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Salah satu Nabi nan sering terlihat dalam mimpi adalah nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim AS menempati urutan keenam dalam daftar 25 Nabi dan Rasul nan diutus Allah SWT ke muka bumi. Sebagai seorang Rasul, tugas Nabi Ibrahim AS sangatlah berat. Ia dilahirkan di tengah masyarakat jahiliyah penyembah berhala dan tinggal pada masa Kerajaan Babilonia nan dikuasai oleh Raja Namrud. Lantas, gimana makna mimpi berjumpa Nabi Ibrahim AS dalam Islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi berjumpa Nabi Ibrahim AS dalam Islam. Menurut keterangan ulama, nabi Ibrahim dalam mimpi melambangkan kebaikan seperti keberkahan, ibadah, rizki, pengaruh sosial, kepedulian, keturunan nan shaleh, amar ma’ruf dan nahi munkar, ilmu, petunjuk, dan meninggalkan family untuk alim kepada Tuhan nan Maha Esa.

Melihat nabi Ibrahim AS dalam mimpi juga menunjukkan dia adalah ayah nan penuh kasih sayang lantaran nabi Ibrahim AS adalah bapak umat Islam. [Baca juga: Arti Mimpi Melihat Lembah].

Sebagaimana dalam kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 47 berikut;

 إبراهيم عليه السلام رؤيته في المنام تدل على الخير والبركة والعبادة والشيخوخة والرزق والإيثار والاهتمام بالأبنية الشريفة والذرية الصالحة والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر والعلم والهدى وهجران الأهل والأقارب في طاعة الله تعالى، وتدل رؤيته عليه السلام على الوالد المشفق لأنه أبو الإسلام الذي سمانا مسلمين.

Artinya : “Melihat nabi Ibrahim AS dalam mimpi menandakan kebaikan, keberkahan, ibadah, usia tua, rizki, pengaruh sosial, kepedulian terhadap monumen terhormat, keturunan nan shaleh, amar ma’ruf dan nahi munkar, ilmu, petunjuk, meninggalkan family dan kerabat untuk alim kepada Tuhan nan Maha Esa. Melihat nabi Ibrahim AS dalam mimpi juga menunjukkan ayah nan penuh kasih sayang lantaran dia adalah bapak umat Islam.”

Berdasarkan keterangan lain, bermimpi memandang nabi Ibrahim AS menunjukkan jatuhnya seseorang ke dalam kesulitan kemudian selamat dari kesulitan itu. Terkadang memandang nabi Ibrahim AS menunjukkan kesusahan untuk mendamaikan antar manusia alias dalam melakukan kebaikan nan diharapkan. Sebagaimana dijelaskan secara perincian dalam lanjutan keterangan kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 47 berikut,

وربما دلت رؤيته على الوقوع في الشدائد والسلامة منها . وربما دلت رؤيته على النكد لإصلاح ذات البين أو لما يرجوه من الخير. وإن كان الرائي عالماً بالنجوم أو علم الرؤيا داخله في ذلك غلط أو خلل 

Artinya : “Bermimpi memandang nabi Ibrahim AS juga menunjukkan jatuhnya seseorang ke dalam kesulitan kemudian kondusif darinya. Terkadang melihatnya menunjukkan kesusahan untuk mendamaikan antar manusia alias dalam melakukan kebaikan nan diharapkan. Jika si ilusionis mengetahui pengetahuan perbintangan alias mengetahui pengetahuan tafsir mimpi, berfaedah ada kesalahan alias abnormal di dalam ilmunya.”

Berdasarkan keterangan diatas, nabi Ibrahim dalam mimpi melambangkan kebaikan seperti keberkahan, ibadah, rizki, pengaruh sosial, kepedulian, keturunan nan shaleh, amar ma’ruf dan nahi munkar, ilmu, petunjuk, dan meninggalkan family untuk alim kepada Tuhan nan Maha Esa. Melihat nabi Ibrahim AS dalam mimpi juga menunjukkan dia adalah ayah nan penuh kasih sayang lantaran nabi Ibrahim AS adalah bapak umat Islam.

Demikianlah penjelasan mengenai makna mimpi berjumpa nabi Ibrahim dalam Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Tafsir Surah Al-Muzzammil Ayat 15-16: Ganjaran atas Kedurhakaan]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah