Dajjal Tanda Kiamat Yang Berakhir Di Palestina Dan Tangis Aisyah Istri Rasulullah Saw

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA—  Dalam Shahih Muslim, disebutkan tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat. Di antaranya adalah kemunculan Dajjal, dan mentari nan terbit dari barat.

إِنَّ السَّاعَةَ لاَ تَكُوْنُ حَتَّـى تَكُوْنَ عَشْـرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيْرَةِ الْعَرَبِ، وَالدُّخَانُ، وَالدَّجَّالُ، وَدَابَّةُ اْلأَرْضِ، وَيَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ، وَطُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ

“Sesungguhnya Kiamat tidak bakal terjadi hingga ada sepuluh tanda (sebelumnya): khasf di timur, khasf di barat, khasf di Jazirah Arab, asap, Dajjal, hewan bumi, Ya’-juj dan Ma’juj, terbitnya mentari dari barat,dan api nan keluar dari lembah ‘Adn nan menggiring manusia.” (HR Muslim dari Hudzaifah bin Asid RA). Sedangkan dalam riwayat lain disebutkan sebagai berikut:

وَالْعَاشِرَةُ: نُزُوْلُ عِيْسَى بْنِ مَرْيَمَ عَلَیهِ‌ السَّلام “Dan nan kesepuluh: turunnya ‘Isa bin Maryam alaihissallam.” 

Banyak orang nan tertarik dengan fitnah Dajjal di hari akhir nanti. Orang-orang nan tertarik itu kemudian bakal menjadi pengikut Dajjal. Mereka terperangkap dalam tipu daya Dajjal lantaran sejatinya, di dalamnya ada banyak kesengsaraan. 

Di antara manusia, ada nan tergoda untuk masuk ke dalam fitnahnya. Sebagian lagi dilindungi Allah SWT sampai Allah melenyapkan Dajjal.

Namun, justru bagi orang nan beriman, justru kehadiran Dajjal adalah tuduhan nan mengerikan. Dalam sejumlah riwayat disebutkan Aisyah pernah menangis saat mengingat bakal datangnya Dajjal. 

Hal itu bisa diketahui dalam hadits nan diriwayatkan dari Aisyah RA, sebagaimana bunyi komplit hadits berikut ini:

 أن عائشة أخبرته، قالت: دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا أبكي، فقال لي : " ما يبكيك؟ " قلت: يا رسول الله، ذكرت الدجال فبكيت، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " إن يخرج الدجال وأنا حي كفيتكموه، وإن يخرج بعدي ، فإن ربكم عز وجل ليس بأعور، وإنه يخرج في يهودية أصبهان، حتى يأتي المدينة فينزل ناحيتها، ولها يومئذ سبعة أبواب على كل نقب منها ملكان، فيخرج إليه شرار أهلها حتى الشام مدينة بفلسطين بباب لد، وقال أبو داود مرة: حتى يأتي فلسطين باب لد، فينزل عيسى عليه السلام فيقتله، ثم يمكث عيسى عليه السلام في الأرض أربعين سنة إماما عدلا، وحكما مقسطا "

Aisyah berkata, "Rasulullah SAW datang kepadaku ketika saya sedang menangis." Lalu beliau bertanya, "Apa nan membuatmu menangis?" Aisyah RA menjawab, "Wahai Rasulullah SAW, saya terkenang Dajjal, sehingga saya menangis."

Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Jika Dajjal muncul dan saya tetap hidup di tengah kalian, saya nan menghadapinya. Namun jika dia muncul setelah (wafatnya) aku, ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta mata sebelah kirinya. Dajjal bakal muncul di antara Yahudi Asbahan, kemudian datang ke Madinah, lampau dia berakhir di luarnya. Madinah punya tujuh pintu. Pada setiap pintu ada dua malaikat. Para masyarakat Madinah nan jahat bakal keluar, menuju Dajjal. Hingga tibalah Dajjal di Palestina, di wilayah berjulukan Baab Ludd. Kemudian Isa bin Maryam turun dan membunuh Dajjal. Isa bakal hidup di bumi selama empat puluh tahun, sebagai pemimpin dan pemimpin nan adil." (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

photo

Tanda-tanda hariakhir nan sudah terjadi. - (republika)

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam