Cara Membuat Keripik Kaca, Praktis & Mudah Dibuat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Keripik kaca alias nan dikenal juga dengan nama “keripik pedas”, adalah camilan nan terkenal di Indonesia. Teksturnya nan renyah dan rasanya pedas gurih membikin camilan ini diburu untuk menjadi kudapan nan murah meriah. Ternyata langkah membuatnya sangat mudah, Grameds. Bagi Anda nan mau tau langkah membikin keripik gurih ini, yuk cari tahu langkah membuatnya di tulisan ini.

Cara Membuat Keripik Kaca Simpel

(Sumber foto: cookpad)

Keripik kaca dengan resep sederhana ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Pada dasarnya keripik ini terbuat dari tepung tapioka nan dimasak dengan ramuan penyedap hingga menjadi adonan. Adonan keripik kemudian dijemur, lampau diiris dan digoreng. Ada banyak jenis dari keripik kaca, namun Grameds bisa membikin keripik kaca dengan resep nan dikutip dari Cookpad Nurul @NR_chufang_sweet berikut.

Bahan:

  • 5 sdm tapioka
  • 300 ml air
  • Kaldu serbuk secukupnya
  • 1 sdt merica
  • Abon cabe instan/cabai kering giling secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan air, tepung tapioka, kaldu bubuk,merica, bisa tambah cabe giling kering. Aduk rata masak di api kecil, kombinasi hingga adukan menjadi seperti lem.
  2. Saat adukan tetap panas, tuang di atas plastik nan telah di olesi minyak goreng.
  3. Giling adukan hingga tipis sekali, lampau jemur sampai kering.
  4. Setelah kering pangkas sesuai keinginan.
  5. Goreng keripik kaca dengan minyak sedikit, masukkan abon cabe instan dan daun jeruk.
  6. Goreng sejenak saja sekitar 15 menit di api kecil.
  7. Keripik kaca siap dihidangkan.

Cara Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk

Keripik kaca nan gurih-pedas bakal semakin nikmat dengan sedikit sentuhan aroma daun jeruk. Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan keripik kaca pada umumnya. Berikut adalah langkah membikin keripik kaca daun jeruk.

Bahan:

  • 500 gram tepung tapioka
  • 2 gelas air matang
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Bahan ramuan (opsional):

  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 10 buah cabe merah besar, haluskan (bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan nan diinginkan)
  • Gula dan garam secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 batang serai, memarkan

Cara Membuat:

  1. Campur tepung tapioka dengan air matang hingga tercampur rata. Aduk hingga adukan tidak bergerindil.
  2. Panaskan panci alias wajan dengan api sedang. Tuangkan adukan tepung tapioka ke dalam panci dan kombinasi terus hingga adukan kental dan licin. Pastikan untuk terus diaduk agar tidak menggumpal.
  3. Tuangkan adukan ke loyang alias dasar nan telah diolesi minyak tipis. Ratakan adukan hingga tipis dan biarkan mengeras. Setelah mengeras, pangkas adukan menjadi corak keripik sesuai selera.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng keripik kaca hingga keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  5. Jika menginginkan rasa nan lebih gurih dan pedas, tumis bawang putih, cabe merah, daun jeruk, dan serai hingga harum. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian campurkan keripik kaca nan telah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga ramuan meresap ke keripik.
  6. Setelah keripik kaca dingin, simpan dalam wadah rapat udara untuk menjaga kelezatannya.

Gurih-gurih Club

Tips Membuat Keripik Kaca nan Renyah

Untuk membikin keripik kaca nan betul-betul renyah, ada beberapa tips nan bisa diikuti:

  • Pastikan menggunakan tepung tapioka nan berbobot baik. Tepung tapioka nan berbobot bakal menghasilkan keripik nan lebih renyah.
  • Pastikan komparasi antara tepung tapioka dan air sudah tepat. Campuran tepung dan air nan pas bakal menghasilkan adukan nan licin dan mudah dipanggang alias digoreng.
  • Ketika menyebar adukan di loyang alias dasar nan diolesi minyak tipis, pastikan adukan disebarkan dengan tekanan nan merata. Hal ini bakal menghasilkan keripik dengan ketebalan nan seragam dan renyah di setiap bagian.
  • Jika Grameds memilih untuk memanggang keripik, pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dulu pada suhu nan cukup tinggi. Jika digoreng, pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan keripik. Suhu nan tepat bakal membantu mengeringkan keripik dengan sigap sehingga hasilnya lebih renyah.
  • Pastikan adukan tersebar dengan ketebalan nan konsisten di seluruh permukaan loyang alias alas. Adonan nan terlalu tipis bisa membikin keripik menjadi rentan dan mudah patah, sedangkan adukan nan terlalu tebal mungkin tidak bakal mengering secara merata.
  • Pastikan bahwa adukan dipanggang alias digoreng dengan merata di seluruh permukaan. Hal ini bakal membantu mengeringkan adukan secara seragam dan menghasilkan keripik nan renyah di setiap bagian.

Asal Asul Keripik Kaca

Awalnya keripik kaca tidak terbuat hanya dari tepung tapioka, melainkan terbuat dari singkong alias ubi nan dipotong sangat tipis, kemudian dikeringkan dan digoreng. Panganan tersebut lebih dikenal dengan julukan beledag di Jawa Barat.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan singkong sebagai bahan utama menjadi kurang diminati lantaran memerlukan jumlah singkong nan cukup besar untuk menghasilkan sedikit keripik kaca.

Hal ini disebabkan lantaran kandungan air pada singkong terus menyusut saat dikeringkan, nan kadang membuatnya lebih mahal. Oleh lantaran itu, dalam penggunaan modern, keripik kaca dimodifikasi hanya terbuat dari tepung tapioka nan dibuat menjadi adonan.

Penamaan “kaca” sendiri muncul lantaran makanan ini muncul dengan tampilan tembus pandang sebelum ditambahkan apa-apa. Keripik kaca ini dapat disebut sebagai panganan rendah gizi alias nirgizi, pasalnya dia hanya terbuat dari tepung dan garam. Apalagi penambahan bumbu-bumbu serbuk dengan bahan penguat dan pewarna makanan dengan konsentrasi tinggi dapat meningkatkan akibat radang, panas dalam alias masalah pencernaan saat setelah memakannya. Keripik kaca adalah makanan ringan nan telah menjadi tren sejak tahun 2000-an.

Dikutip dari Detik.com, keripik kaca merupakan camilan berbahan dasar singkong unik Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Sekarang ini, keripik kaca sedang diminati anak muda terutama penyuka makanan ringan pedas.

Saking banyaknya fans keripik nan dibanderol sekitar Rp 500-Rp 3000 an ini, pabriknya bisa memproduksi keripik kaca sebanyak 30 – 40 kg dalam sehari.

Proses pembuatan keripik kaca di pabrik tak jauh berbeda dengan pembuatan di rumah. Hal nan membedakan adalah pada proses penggilingan sudah dibantu perangkat seperti nan digunakan untuk menyablon baju. Jika adukan sudah tipis, maka proses selanjutnya adalah dijemur sebelum digoreng dan diberi ramuan penyedap.

Peluang Bisnis Keripik Kaca

Peluang upaya keripik kaca dapat sangat menjanjikan lantaran camilan ini mempunyai ketenaran nan tinggi di Indonesia. Berikut adalah beberapa argumen kenapa keripik kaca bisa menjadi kesempatan upaya nan menarik:

  • Keripik kaca adalah camilan nan disukai oleh banyak orang di Indonesia, terutama bagi penyuka makanan pedas. Permintaan terhadap camilan ini terus meningkat, baik untuk dinikmati sendiri maupun sebagai oleh-oleh alias hantaran untuk acara-acara tertentu.
  • Grameds dapat menciptakan ragam rasa keripik kaca untuk memenuhi beragam preferensi konsumen, seperti rasa pedas, asin, manis, alias rasa lain nan sedang digemari.
  • Produksi keripik kaca tidak memerlukan modal besar dan biaya produksi relatif terjangkau. Bahan baku utamanya, ialah tepung tapioka, juga tersedia secara luas dan murah di pasaran.
  • Pasar untuk keripik kaca tidak hanya terbatas pada satu daerah, melainkan dapat menjangkau pasar nan lebih luas di seluruh Indonesia. Grameds dapat menjual produk secara langsung melalui toko kelontong, warung, alias pasar tradisional, serta melalui saluran online seperti marketplace alias media sosial.
  • Kemasan nan menarik dan eye-catching dapat membantu menarik perhatian konsumen dan membikin produk Anda lebih berbeda dibandingkan dengan produk sejenis di pasaran.
  • Dengan manajemen nan baik dan strategi pemasaran nan tepat, upaya keripik kaca mempunyai potensi untuk menghasilkan untung nan menjanjikan. Terlebih lagi di era digital ini, cakupan market bisa lebih luas dan potensi untung nan jauh lebih besar.

Cara Memulai Usaha Keripik Kaca

Setelah mengetahui langkah membikin keripik kaca dan potensi dari upaya camilan ini, tidak ada salahnya untuk memulai upaya keripik kaca. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai upaya keripik:

1. Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk memahami potensi pasar, pesaing, dan preferensi konsumen mengenai keripik kaca di wilayah Grameds. Identifikasi kebutuhan pasar dan kesempatan nan ada untuk menentukan strategi upaya nan tepat sebelum memulai.

2. Buat Rencana Bisnis

Buatlah rencana upaya nan mencakup segala aspek, termasuk sasaran pasar, strategi pemasaran, perencanaan keuangan, dan rencana operasional. Rencana upaya nan baik bakal membantu Grameds mengarahkan upaya dengan resiko rendah. Perencanaan nan matang sangat krusial walaupun Anda membikin produk nan sederhana. Hal ini juga meminimalisir potensi kerugian lantaran Anda sudah melakukan riset dan kalkulasi nan mendetil.

3. Persiapan Modal

Tentukan modal nan diperlukan untuk memulai upaya keripik kaca, termasuk untuk pembelian bahan baku, peralatan produksi, biaya operasional, dan pemasaran. Pastikan Anda mempunyai modal nan cukup dan pisahkan dari anggaran untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Bahan Baku dan Peralatan

Belilah bahan baku berbobot seperti tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya sesuai resep nan Grameds gunakan. Siapkan juga peralatan produksi seperti loyang, panci, kompor, dan perangkat penggorengan. Jika Anda sudah mempunyai semua peralatan tersebut di rumah, tentunya modal awal tidak terlalu besar.

5. Produksi Keripik Kaca

Mulailah produksi keripik kaca sesuai dengan resep nan telah Grameds siapkan. Pastikan untuk mengikuti prosedur produksi dengan teliti dan menjaga kualitas produk. Tak perlu sedih jika produkmu tak langsung sempurna di awal produksi, pastikan keripik kaca nan Anda buat sudah sesuai SOP dan hasilnya sesuai nan diharapkan.

6. Uji Pasar

Sebelum meluncurkan produk ke pasaran, Grameds bisa melakukan tes pasar terlebih dulu dengan menawarkan sampel kepada keluarga, teman, alias tetangga. Kamu bisa mendapatkan masukan dari mereka mengenai rasa, tekstur, dan nilai produk.

7. Kemasan dan Branding

Desain bungkusan nan menarik dan branding nan kuat dapat membantu produk Anda menonjol di pasaran. Buatlah bungkusan nan menarik dan sesuai dengan gambaran merek nan Grameds bangun.

8. Distribusi dan Penjualan

Tentukan saluran pengedaran penjualanmu, apakah melalui warung, pasar tradisional, kafe, restoran, alias melalui penjualan online. Pastikan produkmu mudah diakses oleh konsumen.

9. Pemasaran dan Promosi

Gunakan beragam strategi pemasaran dan promosi untuk memperkenalkan keripik kaca buatanmu kepada konsumen potensial. Gunakan media sosial, situs web, brosur, dan promosi langsung untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap produkmu.

10. Evaluasi dan Penyesuaian

Lakukan pertimbangan terhadap upaya Anda secara berkala dan sesuaikan strategi jika diperlukan. Dengarkan umpan kembali dari pengguna dan terus tingkatkan kualitas produk dan jasa dari bisnismu.

Camilan Jajanan Kekinian untuk Jualan

Macam-macam Keripik nan Laris di Pasaran

(Sumber foto: kompas.com)

Terdapat beragam macam keripik di pasar Indonesia lantaran mempunyai cita rasa nan unik dan menarik. Berikut adalah 10 contoh keripik nan laku di Indonesia:

1. Keripik Pisang

Keripik pisang adalah camilan nan terbuat dari potongan tipis pisang nan kemudian digoreng hingga kering. Rasanya manis dan gurih, dan keripik pisang sering dijadikan oleh-oleh unik dari wilayah tertentu di Indonesia.

2. Keripik Jamur

Keripik jamur adalah camilan nan terbuat dari irisan jamur nan kemudian digoreng hingga kering. Biasanya diberi ramuan untuk meningkatkan cita rasanya, seperti bawang putih, cabai, alias keju.

3. Keripik Tempe

Keripik tempe adalah camilan nan terbuat dari irisan tempe nan kemudian digoreng hingga kering. Tempe mempunyai cita rasa nan gurih dan kaya bakal protein, sehingga keripik tempe sering menjadi pilihan camilan nan sehat.

4. Keripik Tahu

Mirip dengan keripik tempe, keripik tahu juga terbuat dari irisan tahu nan kemudian digoreng hingga kering. Tahu mempunyai tekstur nan renyah dan dapat disajikan dengan beragam jenis rasa, seperti pedas, asin, alias manis.

5. Keripik Singkong

Keripik singkong adalah camilan nan terbuat dari irisan singkong nan kemudian digoreng hingga kering. Singkong mempunyai cita rasa nan manis dan gurih, dan keripik singkong sering dijadikan camilan ringan nan terkenal di beragam wilayah di Indonesia.

6. Keripik Rumput Laut

Keripik rumput laut adalah camilan nan terbuat dari rumput laut nan dipanggang alias digoreng hingga kering. Camilan ini mempunyai cita rasa nan gurih dan renyah, serta kaya bakal nutrisi.

7. Keripik Udang

Keripik udang adalah camilan nan terbuat dari udang nan diolah dan kemudian digoreng hingga kering. Camilan ini mempunyai cita rasa nan gurih dan renyah, serta sering dijadikan oleh-oleh unik dari wilayah tertentu di Indonesia.

8. Keripik Ikan

Keripik ikan adalah camilan nan terbuat dari irisan ikan nan kemudian digoreng hingga kering. Biasanya diberi ramuan untuk meningkatkan cita rasanya, seperti bawang putih, cabai, alias keju.

9. Keripik Talas

Keripik talas adalah camilan nan terbuat dari irisan talas nan kemudian digoreng hingga kering. Talas mempunyai tekstur nan renyah dan rasa nan manis, sehingga keripik talas sering menjadi pilihan camilan nan lezat.

10. Keripik Jagung

Keripik jagung adalah camilan nan terbuat dari irisan jagung nan kemudian digoreng hingga kering. Jagung mempunyai cita rasa nan manis dan gurih, dan keripik jagung sering dijadikan camilan ringan nan terkenal di beragam wilayah di Indonesia.

Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM

Kesimpulan

Keripik kaca merupakan camilan nan tengah terkenal dan mempunyai asal muasal nan beragam. Awalnya, keripik kaca dibuat dari singkong alias ubi nan dipotong tipis kemudian dikeringkan dan digoreng. Namun, seiring dengan perkembangan era dan demi efisiensi produksi, keripik kaca modern lebih sering terbuat dari tepung tapioka saja.

Proses pembuatannya nan sederhana dan bahan baku nan mudah didapat membikin keripik kaca menjadi pilihan upaya nan menarik. Dengan investasi modal nan relatif terjangkau, orang dapat memulai upaya keripik kaca dengan cepat.

Dalam situasi pasar nan terus berkembang dan permintaan konsumen nan stabil terhadap camilan nan lezat dan renyah, kesempatan upaya keripik kaca saat ini sangat menggembirakan. Dengan ragam rasa nan beragam dan strategi pemasaran nan tepat, upaya keripik kaca mempunyai potensi untuk berkembang dan memberikan untung nan besar bagi para pengusaha khususnya UMKM. Bagi Grameds nan mau membikin keripik kaca dan tertarik membuka kesempatan usaha, bisa mempelajari melalui buku-buku upaya dan wirausaha di Gramedia.com.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog